Mengenal Seni Menghidupkan Mainan Lewat Toy Photography

Dibaca Normal: 4 menit aja
toy photography

Kamu punya koleksi action figures atau boneka yang berlimpah di rumah? Daripada hanya menjadi pajangan di lemari, mending kamu coba belajar memotret mainan lewat toy photography. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut!

Dunia fotografi memang tidak ada matinya, GenK. Kamu bisa menemukan banyak hal yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi untuk karya fotomu. Mulai dari pemandangan alam, makanan, fashion, manusia, bangunan, hingga mainan.

Objek fotografi berupa mainan telah mendapatkan banyak perhatian yang pada akhirnya menghasilkan genre terbaru bernama toy photography. Jenis fotografi ini bukan sekadar mengambil foto mainan aja loh. Ada banyak trik dan komponen khusus yang hanya ada pada genre fotografi ini.

Langsung aja kenalan dengan toy photography melalui artikel berikut.

Mengenal Apa Itu Toy Photography

Toy photography 1

Foto mainan Star Wars (sumber: slrlounge.com)

Toy photography atau fotografi mainan merupakan sebuah bidang baru dalam dunia fotografi yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Seperti namanya, toy photography berfokus pada pengambilan gambar dengan memakai objek utama berupa berbagai jenis mainan.

Eits, toy photography bukan hanya berbicara seputar memotret mainan yang kamu miliki yah, tapi juga bagaimana cara menyajikan sebuah cerita dari mainan tersebut. Cerita yang dibuat di toys photography bisa diangkat dari kisah asli mainan tersebut, atau cerita yang dibuat sendiri oleh sang fotografer.

Melalui toys photography, kamu bisa menguji imajinasimu untuk berkreasi sebebas mungkin dengan mainan yang ada. Hidupkan karakter-karakter dari film, seri, atau cerita favoritmu ke dunia nyata.

Ingin membuat Jeda dari Star Wars bertemu dengan Annabelle di warung soto? Atau foto Woody dari Toy Story yang sedang bertamasya di Candi Borobudur bersama Deadpool? Pasti bisa dengan toys photography.

Apa pun imajinasimu, semua bisa diwujudkan dengan toys photography. Pertemukan karakter superhero dari DC dan Marvel di tempat-tempat wisata lokal atau saat sedang menikmati makanan tradisional. Mantap kan!

Baca Juga
Buat Fotomu Jadi Istimewa lewat Fotografi Golden Hour

Alat-Alat untuk Toy Photography

Sebelum memulai mengambil gambar mainan kesayanganmu, ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan untuk menghasilkan gambar yang paripurna. Jenis fotografi yang satu ini punya aksesoris dan alat pendukung khusus yang wajib kamu miliki agar mempermudah proses pengambilan foto, GenK.

Ini dia peralatan yang mesti kamu persiapkan untuk toys photography:

1. Tripod

Toy photography 2

Gambar tripod (sumber: pinterest.com)

Aksesoris kamera yang satu ini memang selalu dapat diandalkan untuk membantumu mengambil gambar terbaik. Layaknya still photography, tripod akan mempermudah proses pemotretan yang lebih konsisten saat kamu perlu mengganti posisi mainan.

2. Shutter Release Cable

Toy photography 3

Shutter release cable (sumber: instructables.com)

Selain tripod, shutter release cable turut menjadi alat pendukung toy photography yang juga banyak dipakai. Tujuannya adalah agar sang fotografer tidak perlu kerepotan dalam saat pengambilan gambar mainan. Cukup tekan tombol, tanpa harus membungkuk mengintip ke viewfinder.

Tips: Jika kamu menggunakan ponsel, kamu bisa menggunakan mobile shutter controller yang dapat terhubung dengan Bluetooth.

3. Meja untuk Setting

Toy photography 4

Meja untuk fotografi mainan (sumber: expertphotography.com)

Untuk toy photography, kamu membutuhkan bantuan meja yang berfungsi layaknya studio mini untuk meletakan mainan-mainanmu sekaligus sebagai setting tempat untuk background fotomu. Jadi kamu tidak perlu merangkak di lantai untuk proses pemotretan.

Tips: Sesuaikanlah tinggi meja supaya kamu dapat mengambil foto dengan angle eye-level. Bisa disesuaikan dengan tinggi tripod yang kamu miliki.

4. Backdrop

Toy photography 5

Backdrop foto netral (sumber: gundamph.com)

Alat esensial lainnya yang sering digunakan untuk toy photography adalah backdrop berwarna netral atau putih. Kamu bisa memilih berbagai bahan yang dapat dipakai untuk menjadi backdrop seperti kain, kertas, karton, hingga papan furnitur.

Tips: Art paper bisa menjadi opsi paling praktis karena mudah didapatkan di toko ATK. Kertas jenis ini juga lebih fleksibel dan tidak memantulkan cahaya. Kain merupakan opsi yang cocok jika kamu berniat membuat kontur atau efek tertentu pada foto.

Baca Juga
Mengabadikan Cantiknya Lintasan Cahaya lewat Bulb Photography

5. Cahaya

Toy photography 6

Pengaturan cahaya pada foto (sumber: pipho.org)

Elemen dasar yang selalu ada di setiap jenis fotografi, apa lagi kalau bukan cahaya. Yap, permainan cahaya memegang peranan penting dalam toy fotografi yang dapat membantumu untuk mendapatkan detail gambar terbaik dari mainan serta memberikan efek tertentu.

Tips: Kamu dapat menggunakan senter atau flash dari ponsel sebagai sumber cahaya. Untuk efek yang lebih memukau, sinar alami di siang hari bisa menjadi pilihan yang oke. Untuk mengatur intensitas sinar matahari, gunakanlah cahaya yang masuk lewat jendela atau dibiaskan dengan tirai.

6. Tools

Toy photography 7

Plastisin untuk mainan (sumber: sciencefocus.com)

Mengambil foto mainan bisa menjadi tantangan tersendiri yang berbeda dengan jenis fotografi lain. Detail-detail kecil pada mainan membutuhkan perlakuan khusus agar hasil gambar yang kamu ambil bisa terlihat paripurna. Untuk itu, beberapa alat berikut perlu dipersiapkan di kotak gear-mu:

  • Tusuk gigi
  • Gunting kecil
  • Plastisin
  • Kuas
  • Kain lap
  • Semprotan pembersih kecil

Tips: Kamu bisa membuat toolbox khusus untuk menyimpan alat-alat di atas menggunakan benda-benda yang dapat kamu temukan di rumah, seperti box HP yang sudah tidak terpakai atau kotak mainan dari kayu yang banyak tersedia di toko mainan.


Seni menghidupkan mainan lewat toy photography bisa menjadi hobi baru yang menarik untuk kamu geluti. Tidak perlu repot-repot menggunakan kamera profesional, cukup pakai kamera HP dengan tips mobile photography dari kami, GenK.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

            Thank u, next!