5 Tips Travel Photography untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
travel photography

Kamu ingin mengabadikan momen-momen terbaik di setiap tempat yang kamu kunjungi? Mulai dari indahnya pemandangan alam, tingginya bangunan pencakar langit di perkotaan, sampai meriahnya festival kesenian di desa. Yuk intip caranya lewat tips travel photography untuk pemula. 

Menghabiskan waktu liburan mengunjungi tempat-tempat idaman belum lengkap rasanya kalau tidak membawa serta hasil foto-foto yang menawan pula. Lewat gambar yang ditangkap kamera, kamu dapat terus mengingat waktu-waktu yang menyenangkan untuk dibagikan ke banyak orang. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ada satu bidang khusus menangani hal ini, GenK, namanya travel photography. Jenis fotografi yang satu ini memang fokus pada pengambilan gambar dalam perjalanan yang dapat mencakup berbagai bidang fotografi lain, seperti street photography, human interest photography, sampai landscape photography

Kalau kamu punya rencana travelling yang akan datang dan ingin mengabadikan momen-momen terbaik dari setiap bagian perjalanan, berikut ini beberapa tips travel photography yang bisa dicoba supaya foto kamu jadi lebih paripurna dan perjalanan pun jadi lebih seru. 

1. Bangun Awal, Tidur Paling Akhir 

Travel photography 1

Foto ciamik saat golden hour (sumber: pexels.com)

Ada pepatah yang mengatakan, “Bangun Pagi Supaya Rezeki Tidak Dipatok Ayam”. 😁 Pernah dengar gak, GenK? Pepatah yang berarti kalau kamu tidak bangun pagi, rezekimu akan diambil oleh orang. Kurang lebih serupa nih dengan urusan travel photography.

Kalau kamu ingin mendapatkan gambar terbaik untuk fotomu, kamu pasti tahu dong elemen penting apa yang wajib selalu ada? Yap, apa lagi kalau bukan pencahayaan. Aspek pencahayaan wajib menjadi pertimbangan saat akan mengambil foto, GenK. Terlebih untuk travelling photography yang banyak mengambil tempat di luar ruangan. 

Untuk mendapatkan foto pemandangan alam yang memukau, atau berbagai background objek wisata yang cantik, waktu di awal pagi hari dan sore hari merupakan saat yang tepat untuk mengambil foto dengan bantuan cahaya keemasan yang dikenal dengan istilah golden hour.

2. Riset Lokasi 

Travel photography 2

Cari tahu lokasi unik di destinasimu (sumber: pexels.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai travelling adalah dengan mencari tahu lokasi yang akan kamu kunjungi. Tahapan ini berguna untuk membantumu dalam menentukan waktu, tempat, serta keperluan yang mesti kamu penuhi untuk perjalanan tersebut. 

Apalagi di zaman yang serba canggih sekarang, GenK, mbah Google dan mbak Instagram sudah siap sedia untuk membantumu mencari inspirasi tempat terbaik yang akan kamu explore. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu pertimbangan dalam melakukan riset lokasi diantaranya: 

  • Apa objek wisata atau hal menarik yang ada di… (nama tempat yang akan kamu kunjungi, misalnya di Seoul).
  • Acara, perayaan, atau kegiatan khusus di Seoul.
  • Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Seoul 
  • Bagaimana cuaca di Seoul pada bulan September. 

Dengan membuat rencana yang matang, kamu bisa meningkatkan kesempatanmu mendapatkan pengalaman travel photography terbaik di spot-spot favorit dengan foto yang ciamik. 😊

Baca Juga
5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Simak Tren Fotografi 2020 Biar Fotomu Dapat Banyak Like

Fotografi

Tips Atau Cara Rawat Kamera Mirrorless Milikmu Agar Awet

Fotografi

Teknik Fotografi Ini Ciptakan Hasil Jepretan yang Makin Ciamik

Fotografi

4 Tips Foto Produk untuk Hasil Profesional yang Pasti Menjual

Fotografi

5 Akun Instagram Toy Photography Ini Punya Karya yang Menginspirasi

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>