Tutorial Snapseed untuk Foto Instagram Lebih Estetik

Dibaca Normal: 3 menit aja
tutorial snapseed

Edit foto kekinian ala Photoshop sekarang jadi lebih mudah dan praktis, cukup dengan aplikasi HP loh, GenK. Jadikan foto kamu tampil lebih memukau dengan beragam efek seru dan tools super keren yang tersedia di Snapseed. Yuk simak tutorial Snapseed supaya foto kamu jadi makin estetik.

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto yang sedang banyak digandrungi oleh para milenial belakangan ini. Aplikasi yang sekarang berada di bawah naungan perusahaan teknologi raksasa asal Negeri Paman Sam, Google, ini punya banyak fitur unggulan dan efek seru buat bikin foto kamu tampil lebih kece.

Aplikasi yang hadir dengan logo khas berbentuk daun ini tersedia secara gratis untuk pengguna sistem operasi iOS dan Android. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 silam, Snapseed terus mengalami upgrade fitur terbaru untuk mengikuti permintaan pasar dan tren edit foto.

Buat kamu yang ingin tampil paripurna dengan foto yang sempurna, kamu bisa menyimak tutorial Snapseed yang sudah kami siapkan khusus, beserta trik dan tips memakai aplikasi edit foto yang satu ini. Sebelum kamu lanjut, pastikan untuk download dulu aplikasinya di Apple App Store atau Google Play Store yah!

1. Brightness

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yahoo Labs pada 7.6 juta foto Instagram dan Flickr, hasilnya menunjukan kalau kebanyak orang menyukai foto yang terlihat cerah, ceria, dan bahagia.

Untuk meningkatkan tingkat kecerahan foto kamu di Snapseed, pilih Tune Image di dalam panel Tools pada bagian bawah layar, lalu arahkan jarimu ke fungsi Brightness.

Setelah memilih fungsi Brightness, geser jari kamu ke kanan untuk mencerahkan foto dan ke kiri untuk menggelapkan. Contohnya pada foto di bawah ini adalah sebelum dan sesudah menambah 60+ brightness di Snapseed.

Tutorial snapseed 1

Sebelum dan sesudah ditambahkan brightness

Baca Juga
Still Life Photography: Sihir Penghidup Benda Mati

2. Saturation

Mem-posting gambar tak berwarna di Instagram bisa jadi kurang menarik perhatian dan hanya akan tenggelam di feed kamu, GenK. Tapi, kalau warnanya terlalu mencolok dengan saturasi yang tinggi juga gak oke.

Triknya adalah dengan menambahkan warna ke gambar secukupnya tanpa bikin terlihat seperti palsu bak hasil editan. Jadi pastikan takaran kamu pas saat menggunakan fitur yang satu ini yah.

Nih intip contoh foto kapal yang sedang lewat ini, GenK. Dengan memanfaatkan fungsi Saturation ke arah kanan pada panel yang sama dengan Brightness, hasil fotomu akan tampak super kece dengan visual colorful yang digemari oleh rakyat dunia maya.

Tutorial snapseed 2

Sebelum dan sesudah ditambahkan saturation

3. Contrast

Tutorial edit Snapseed ajib berikutnya adalah dengan menggunakan fungsi Contrast untuk membuat fotomu tampil dengan dimensi yang lebih dalam atau tampak washed out.

Untuk menambahkan kontras, caranya masih sama dengan dua trik sebelumnya, GenK. Pilih Tune Image di bawah layar Tools lalu cari Contrast.

Swipe jari kamu ke kanan untuk menambah kontras dan kiri untuk sebaliknya. Di foto berikut, kami memberikan efek kontras hingga -100 untuk menghasilkan visual vintage yang keren abis, GenK.

Tutorial snapseed 3

Sebelum dan sesudah ditambahkan contrast

Baca Juga
5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright

4. Healing

Salah satu fitur aplikasi Snapseed yang paling ajib dan sudah tersohor seantero jagat alat edit foto adalah fungsi Healing. Fitur yang satu ini akan membantumu untuk menyingkirkan bagian yang tidak kamu inginkan dari sebuah foto. Mulai dari orang, bangunan, kendaraan, atau apa pun yang kamu mau, GenK.

Misalnya pada foto di bawah ini, kamu ingin menghilangkan objek bangunan pada bagian pojok kanan bawah. Buka layar Tools lalu pilih Healing, dan zoom ke area yang ingin kamu samarkan. Pakainya harus ekstra hati-hati dan sabar yah, GenK. Hasil editan dengan alat ini bisa cukup menyita waktu dan butuh trik yang tepat.

Tutorial snapseed 4

Penggunaan tool Healing untuk menghilangkan objek

Kalau hasilnya belum oke, tinggal undo bagian yang tadi dipilih lalu coba angle berbeda dan zoom sampai kamu dapat penampilan paripurna. Sabar berbuah manis, hasilnya akan terlihat fantastis, layaknya sebuah sulap. Kamu bisa jadi bingung bagian mana yang sebenarnya hilang dari foto tersebut.

Foto kece siap pajang di Instagram bisa kamu buat dalam waktu singkat, GenK dengan tutorial Snapseed di atas. Mau feed kamu tampil lebih unik dan jadi pusat perhatian? Yuk coba juga tutorial edit foto rainbow effect ala Ariana Grande di artikel kami sebelumnya.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link