Fotografi

Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

tutorial vsco

Kamu mau punya foto makanan menarik yang hits ala Instagram? Cukup berbekal aplikasi edit foto di ponsel, kami akan memberikan tutorial VSCO untuk food photography yang ciamik. Kuy, lanjut!

Melihat foto makanan yang menggiurkan dengan visual super kece bisa membuatmu lapar seketika.  Ingin rasanya segera mencicipi nikmatnya makanan yang baru saja kamu lihat di layar HP. Tampilan memukau dari ragam kuliner yang dikemas melalui food photography memang punya sihir ajaib sehingga dapat membuat siapapun menelan ludah. 

Nah, dalam artikel sebelumnya tentang tips food photography, kami telah membahas mengenai komponen dan komposisi fotografi untuk membuat foto makanan yang memukau. Bukan hanya soal pemakaian kamera mahal, penggunaan teknik fotografi yang tepat juga menjadi perhatian dalam foto food photography

Penyusunan komposisi fotografi juga harus dipertimbangkan, meliputi pengaturan cahaya, pemilihan angle, exposure, rule of third, framing, dan elemen lainnya. Selain komposisi yang oke, proses editing juga menjadi salah satu tahap yang banyak digemari oleh para pecinta Instagram.

Dari banyak aplikasi edit foto yang ada, VSCO menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan oleh orang dari seluruh dunia, dengan lebih dari 50 juta download di Android Play Store hingga Agustus 2019. Berikut ini kami sajikan tutorial VSCO khusus untuk food photography.    

Foto Paripurna dengan Aplikasi VSCO 

Tutorial VSCO 1

VSCO (sumber: play.google.com)

Menyempurnakan gambar dengan aplikasi editing foto sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari generasi muda saat ini. Tampil sempurna di media sosial seakan menjadi kewajiban yang harus diikuti oleh para penggunanya. 

Maka dari itu, tidak heran jika aplikasi edit foto menjadi salah satu yang paling banyak dicari di Android Play Store dan Apple App Store. Kamu bisa menemukan ratusan aplikasi yang tersedia, mulai dari yang gratis, hingga berbayar. Semuanya untuk membantumu menciptakan foto paripurna yang siap pajang di media sosial.

Setiap aplikasi edit foto punya keunggulannya masing-masing. Mulai dari fungsi-fungsi dasar seperti mengatur HSL (Hue, Saturation, Luminance), contrast, brightness, hingga ke penambahan efek-efek khusus seperti icon, frame, dan berbagai jenis filter. 

Di antara ratusan aplikasi edit foto yang ada, VSCO selalu menjadi rujukan utama buat kamu yang ingin memberikan polesan pada setiap hasil potret kamera. Baik itu foto selfie, landscape, fashion, atau makanan, VSCO bisa membantumu menjadikan setiap foto tampil lebih menarik. 

Kekuatan utama yang ditonjolkan dari VSCO adalah pada penggunaannya yang sederhana dengan metode pemilihan filter foto yang dapat diatur sesuai keinginan. Cukup download aplikasi di Android Play Store atau Apple App Store, masukan gambar yang ingin diedit, lalu pilih filter yang kamu inginkan. 

VSCO bisa kamu dapatkan secara gratis dengan ratusan filter yang siap pakai. Kalau masih kurang, kamu juga dapat membeli versi penuh aplikasinya yang bernama VSCO X untuk mengakses berbagai filter premium yang hanya tersedia di versi berbayar ini. 

 

Tutorial VSCO untuk Foto Makanan 

Tutorial VSCO 2

Contoh presets VSCO untuk makanan (sumber: vscofilterhacks.com)

Oke, waktunya mulai untuk proses editing dengan menggunakan VSCO. Sebelumnya pastikan kamu sudah punya foto makanan yang akan diedit yah. Foto makanan yang kamu gunakan juga harus tampil menarik dong, supaya proses editing jadi lebih mantap. 

Salah satu tips mendapatkan visual terbaik dari food photography adalah dengan penataan piring yang baik. Elemen ini penting banget buat menonjolkan setiap detail kuliner yang tersaji dengan semaksimal mungkin, agar hasilnya bisa terlihat se-menggiurkan makanan aslinya. 

Kamu tidak perlu repot-repot belajar memasak dan mengikuti kelas khusus untuk bisa menata piring. Cukup simak pembahasan food plating dari artikel kami sebelumnya. Penataan piring yang tepat akan membantumu menyulap setiap hidangan menjadi sajian restoran bintang lima dengan visual menawan yang bikin lidah gak tahan untuk mulai mencicip.

Berikut ini beberapa ramuan editing food photography untuk berbagai setting berbeda yang bisa kamu coba:

1. Outdoor dengan background/pattern latar kayu 

Setting food photography pertama pada tutorial kali ini adalah makanan dengan latar belakang kayu. Skenario yang satu ini bisa sedikit rumit jika kamu memilih presets yang salah. Jika kamu ingin mengambil makanan dengan background kayu, usahakan untuk memilih jenis kayu yang bertekstur halus dan plain agar mudah diedit dengan berbagai presets.

Tutorial VSCO 3

Foto makanan dengan latar kayu (sumber: eatandtreats.blogspot.com)

Untuk foto makanan bernuansa pastel seperti gambar di atas, kamu bisa memakai presets

Filter E5 +12
Shadow Save +3
Sharpen  +3
Shadow Blue +3
Contrast +1
Saturation -1
Vignette +3

2. Indoor night light

Jika kamu senang menikmati makan malam romantis di restoran dengan suasana romantis, kamu bisa menyontek ramuan VSCO ini, GenK.

Penggunaan lampu kuning di banyak restoran akan menghasilkan aksen kuning dan hangat pada visual foto. Alhasil, tone warna makanan dapat berubah dan menjadikan potret yang kurang sedap dipandang. 

Tutorial VSCO 4

Foto makanan di indoor night light (sumber: eatandtreats.blogspot.com)

Solusinya bisa dengan presets VSCO berikut: 

Filter E8 +8
Temperature  +2
Shadow Save  +1
Shadow Purple  +5
Sharpen  +3
Saturation -2
Vignette +2

Baca Juga :   10 Situs Stock Photo Gratis dengan Koleksi Gambar-Gambar Keren

3. Outdoor lighting

Setting food photography berikutnya bisa dibilang yang paling mudah nih, yaitu di luar ruangan dengan banyak cahaya. Sinar matahari merupakan sumber pencahayaan terbaik untuk mendapatkan efek visual yang mempesona tanpa perlu banyak penyesuaian yang harus dilakukan sana-sini. 

filter food photography 1

Foto makanan di outdoor lighting (sumber: eatandtreats.blogspot.com)

Jadikan tampilan foto kamu semakin ciamik dengan resep VSCO sederhana ini, GenK:

Filter S3 +5
Shadow Save +1

4. Outdoor top shot

Pemilihan tipe shot yang tepat dapat menentukan tampilan visual yang menarik atau tidak. Dari sekian banyak tipe shot yang ada, top shot merupakan jenis yang sering digunakan untuk food photography di Instagram. Tergantung dari latar belakangnya, kali kamu bisa mencoba variasi presets yang cocok dengan mood yang ingin kamu bangun. 

Filter food photography 2

Foto makanan dengan top shot (sumber: eatandtreats.blogspot.com)

Untuk foto makanan berlatar gelap seperti di atas, formula yang bisa kamu terapkan adalah: 

Filter T3 +3
Shadow Save +1
Sharpen  +2
Shadow Red +3
Skin Tone +1
Temperature +1
Vignette +3

Itu dia tadi beberapa tutorial VSCO kece yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan makananmu jadi lebih memukau, GenK. Selamat mencoba!

Polling

About author

Related posts
Fotografi

Kreasi Fotografi yang Jadi Tren di Masa Pandemi, Buruan Praktekin!

Fotografi

4 Aplikasi Edit Foto Polaroid di Android dan iPhone Gratis

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Fotografi

Edit Foto ala Ulzzang Pakai 6 Aplikasi Ini Bikin Kamu Makin Hits!

Leave a Reply

Your email address will not be published.