Fotografi

Ingin Memotret Urban Decay Photography? Yuk Simak Tipsnya!

urban decay photography

Bangunan-bangunan tua yang tampak berhantu dari luar, ternyata punya penggemarnya sendiri loh. Kalau orang lain merasa ngeri saat melihat bangunan tersebut, lain halnya dengan penyuka urban decay photography. Mereka menganggap bangunan tersebut adalah harta karun. Dari pagi sampai malam mengeksplorasi bangunan tua tanpa kenal lelah sampai akhirnya berhasil menemukan objek fotografi yang menakjubkan.

Urban decay photography adalah teknik memotret bangunan yang sudah tidak berpenghuni selama beberapa tahun lamanya. Apakah kamu salah satu penyuka teknik fotografi yang satu ini? Yuk simak tips dan trik urban decay photography berikut ini dan buatlah foto yang spektakuler!

Membawa Atribut Keselamatan

urban decay photography

Contoh foto urban decay (sumber: learn.corel.com)

Beberapa orang beranggapan bahwa foto urban decay termasuk ilegal, karena kamu akan masuk ke sebuah bangunan tanpa perizinan. Selain itu, bangunan yang sudah tua sangat rawan roboh sehingga sangat berbahaya, bisa saja ada reruntuhan yang melukaimu ketika datang ke sana untuk memotret. Maka dari itu kamu perlu menyiapkan beberapa atribut keselamatan, seperti helm, senter, sepatu dan jaket yang tebal, serta masker. Jangan lupa meminta izin ke penjaga untuk masuk ke dalam banguan pilihanmu yah. 

Jangan Naik Tangga!

urban decay photography

Tangga di bangunan tua (sumber: photography.tutsplus.com)

Meski kamu memang gemar mengeksplorasi bangunan tua, tapi jangan coba-coba naik tangga yah. Kamu tidak tahu sudah berapa lama bangunan tersebut ditinggal oleh penghuninya, mungkin 10 tahun atau 30 tahun lamanya. Meski tangga terlihat kokoh tapi sangat rawan ambruk, terutama tangga yang terbuat dari besi. Kalau dari tampilan luarnya saja sudah terlihat berkarat kamu harus menghindar. Sebaiknya cari tempat lain yang lebih aman supaya pengalaman memotret urban decay pun lebih nyaman.

Baca Juga :   Memanfaatkan Cahaya Minim dengan Low Light Photography

Gunakan Tripod Kamera

Menggunakan tripod kamera (sumber: upgradedpoints.com)

Keadaan ruangan yang gelap gulita membuatmu mau tidak mau menyalakan flash kamera saat membidik objek. Kami menyarankan kamu untuk menggunakan tripod agar ketika memotret hasil gambarnya tidak goyang alias ngeblur. Tripod adalah alat yang digunakan untuk membuat body kamera bisa berdiri tegak. Penggunaan tripod sangat membantu fotografer saat mengambil gambar dan mengurangi noise akibat guncangan pada kamera. Di artikel sebelumnya kami pernah memberikan rekomendasi tripod murah.

About author

Related posts
Fotografi

Edit Foto ala Ulzzang Pakai 6 Aplikasi Ini Bikin Kamu Makin Hits!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi 

Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Fotografi

Tips Ink Photography dan Trik Eksperimen Lewat Tinta