Fotografi

Mengenal Urban Photography Beserta Tekniknya Agar Fotomu Makin Keren

urban-photography

Perkotaan menjadi latar yang pas banget buat fotografi karena memiliki energi dan kehidupan yang penuh gairah. Nah, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para kreator visual. Dari sinilah kemudian lahir urban photography, salah satu teknik fotografi modern yang paling sering digunakan. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa menerapkan teknik foto ini dengan tepat. Yuk, kita pelajari pengertiannya dan teknik yang tepat untuk menerapkannya!

Kenalan Yuk, Sama Urban Photography!

megenal-urban-photography

Ilustrasi fotografi urban (Sumber: static.wixstatic.com)

Fotografi urban adalah representasi visual dari wilayah urban dan segala sesuatu yang membentuk lingkungan tersebut. Mulai dari struktur geometri dan arsitektur, hingga manusia dan makhluk hidup lainnya. Jenis fotografi ini bisa digabungkan dengan genre lainnya, seperti fotografi arsitektur, dokumenter, portrait dan fine art. Bisa dibilang, tampilan fotografi urban tergantung pada siapa yang melihat dan menilainya.

Sedikit informasi, fotografi urban berbeda dengan street photography atau fotografi jalanan, yah. Bedanya yang paling jelas adalah tujuan dari fotonya. Fotografi urban menunjukkan kehidupan kontemporer di daerah kota. Sementara, fotografi jalanan adalah dokumentasi visual orang-orang di berbagai tempat umum.

Teknik, Tips dan Trik Motret Urban

Sekarang, mari kita simak tips untuk menghasilkan foto urban photography yang bagus. Berikut tipsnya!

1. Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar

mengeksplorasi-lingkungan-sekitar

Ilustrasi fotografi urban dengan objek bangunan sekitar (Sumber: static.wixstatic.com)

Sekitar 55% populasi dunia tinggal di perkotaan. Makanya, fotografi urban merupakan salah satu genre yang paling cocok buat pengambilan foto. Jadi, kamu bisa jalan-jalan keliling kota, sambil mencari spot-spot yang asyik buat difoto. Biarkan inspirasimu mengalir seiring kamu berjalan. Apalagi, kalau kamu memang tinggal di daerah perkotaan atau paling nggak di dekat kota.

2. Belajar Mengamati Cahaya

mengamati-cahaya-urban-photography

Ilustrasi urban photography dengan memperhatikan cahaya (Sumber: static.wixstatic.com)

Tanpa cahaya, nggak akan ada fotografi. Begitu pula dengan urban photography, kamu harus pandai-pandai mengamati kondisi cahaya di tempat fotomu. Minimal kamu tahu teknik foto saat golden hour yaitu waktu matahari terbit dan terbenam. Terus, kamu juga bisa pakai aplikasi fotografi, untuk membantumu mengetahui kapan pencahayaan alami di kota kelihatan paling bagus.

Baca Juga :   Cara Membuat Foto Polaroid
About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio