Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

Dibaca Normal: 4 menit aja
vignette adalah

Light fall-of atau yang disebut juga dengan vignette adalah hal umum di dalam dunia fotografi. Jika diartikan secara sederhana, efek vignette dicirikan dengan adanya penggelapan di sudut-sudut foto. Tapi gak hanya itu, GenK. Tahukah kamu apa itu vignette yang sesungguhya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Buat kamu yang tertarik dengan efek foto yang satu ini jangan sampai ketinggalan informasinya deh. Sekadar bocoran nih, kami gak cuma membahas dari segi pengertian secara istilah saja, GenK. Tapi kami juga akan membahas tentang apa saja manfaat vignette dan kondisi seperti apa yang menyebabkan terjadinya vignetting.

Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Vignette?

vignette adalah 1

Foto dengan efek vignette (sumber: adrarmedia.com)

Hal apa yang muncul di benakmu setelah melihat contoh foto di atas?

Jika dipikir-pikir, seorang anak kecil yang tengah bermain di tengah kebun ilalang seharusnya terlihat lucu dan menggemaskan. Namun pengaplikasian efek vignette camera mampu memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi mood foto. Emosi jadi lebih menonjol dan gambar mampu mengisahkan sesuatu.

Apa itu vignette?

Vignette adalah penggelapan di bagian sudut gambar sehingga bagian tengah terlihat lebih terang. Penggelapan ini bisa terjadi karena banyak hal, entah itu disebabkan oleh optik atau sengaja dibuat dengan aplikasi.

Beberapa orang menganggap adanya warna hitam di tepian foto merupakan sebuah kesalahan atau ketidaksempurnaan saat memotret. Yap, itu memang gak salah kok, karena ada juga konsep foto yang mengutamakan kejernihan gambar. Akan tetapi, kemunculan efek vignette pada foto juga dapat dianggap memiliki nilai seni yang membuat gambar jadi memiliki makna yang lebih dalam.

Kenapa Bisa Terjadi Vignette?

Tidak semua foto memiliki efek vignette, ini berarti ada kondisi tertentu yang akhirnya mampu menyebabkan munculnya vignette di dalam foto. Buat kamu yang kepo kenapa efek ini bisa muncul, sekarang tidak perlu khawatir lagi, GenK. Kami punya beberapa alasan kenapa vignette bisa muncul di foto. Ini dia alasan yang pertama, cekidot!

1. Alami

vignette adalah 2

Vignette alami (sumber: featheredphotography.com)

Pemilihan angle pengambilan gambar dapat menyebabkan terjadinya vignette secara alami, yaitu ketika cahaya mengenai lensa kameramu. Kejadian seperti ini lebih cenderung dialami oleh pengguna kamera DSLR dan tergantung bagaimana coding bawaan kamera digital.

Tips: Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya vignette alami, kamu dapat menggunakan lensa telephoto untuk mengurangi kemunculan efek vignette pada foto.

2. Kesalahan mekanisme saat memotret

Alasan berikutnya kenapa bisa muncul efek vignette adalah terjadinya kesalahan mekanisme saat kamu sedang memotret. Salah satu penyebab vignette adalah adanya sesuatu yang memblokir antara jalan sumber cahaya dengan sensor kameramu.

Tips: Cara untuk menanggulanginya yaitu dengan menaikkan f-stop kamera.

3. Lensa terhalang objek lain

vignette adalah 3

Ilustrasi memegang lensa (sumber: a2hosting.com)

Sebelumnya kami sudah menjelaskan apa itu vignette yang merupakan penggelapan di tepian foto. Ternyata penggelapan ini dapat terjadi karena lensa kamera sedang terhalang objek lain. Tidak sadar ada objek lain yang menghalangi sudut lensa kamera mampu menyebabkan terjadinya penggelapan, GenK.

4. Optical vignetting

Gambar optical vignetting (sumber: photographylife.com)

Sebenarnya optical vignetting terjadi secara alami pada semua lensa. Eits, tapi balik lagi soal desain optik dan konstruksi lensa kamera. Vignetting dapat terjadi sangat kuat dan tebal lensa-lensa tertentu atau malah kebalikannya, GenK.

Pada sensor yang datar, pixels di tengah sensor menerima cahaya dengan sudut 90簞. Namun pixels di bagian samping hanya menerima sedikit cahaya sehingga terjadi penggelapan gambar di bagian sudut.

5. Artificial vignette

Last but not least, alasan kenapa bisa muncul vignette adalah karena disengaja. Kamu dapat menambahkan efek vignette dengan mudah di berbagai macam aplikasi edit foto saat pasca produksi, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Hasil yang sempurna memberikan efek yang besar kepada hasil jepretanmu, GenK. Terutama jika kamu ingin membuat foto bergaya antik dengan sepia tone.

Manfaat Menggunakan Vignette dalam Foto

Sebelum dan sesudah diberi efek vignette

Sebelumnya kami pernah membahas tentang apa itu Photostory yang merupakan jenis fotografi yang memungkinkan kamu untuk bercerita lewat foto. VIgnette adalah salah satu solusinya, GenK. Untuk lebih lengkapnya, di sini kami akan membagikan beberapa manfaat jika kamu menggunakan efek vignette di dalam foto. Yuk disimak sama-sama!

  1. Memperkuat emosi. Gambar yang tadinya terlihat flat bisa berubah jadi lebih menarik karena ada sesuatu. Sesuai dengan psikologi warna, warna hitam melambangkan kegelapan dan misteri, sehingga dianggap mampu mengikat emosi orang ketika melihat foto.
  2. Membangun sebuah cerita. Karena mampu mengikat emosi, segala komponen yang ada di dalam foto seakan-akan menyampaikan cerita kepada orang lain yang melihatnya. Entah itu tentang rasa bahagia, sedih, atau bimbang.
  3. Membuat point of interest. Apabila dilihat secara estetika, vignette adalah efek yang mampu mengarahkan perhatian orang ke satu titik. Gambar yang terlihat terang di bagian tengah dapat menjadi titik fokus atau disebut juga sebagai point of interest.
  4. Sebagai filter alami. Tidak semua vignette tercipta karena kesengajaan fotografer, tapi juga bisa tercipta secara alami. Kondisi foto seperti ini menyebabkan seakan-akan foto menggunakan filter, padahal adanya efek vignette di dalam foto bukan sebuah kesengajaan.


Vignette adalah salah satu efek yang tidak boleh kamu lewatkan, dengan catatan tergantung konsep foto yang kamu inginkan yah, GenK. Mau bikin foto aesthetic? Bisa. Kalau mau bikin foto antik juga bisa.

Masih soal fotografi gelap-gelapan, selain membahas apa itu vignette, kami juga pernah membahas tentang apa itu low light photography loh. Yuk cus baca informasinya!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link