Fotografi

Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

vignette adalah

Light fall-of atau yang disebut juga dengan vignette adalah hal umum di dalam dunia fotografi. Jika diartikan secara sederhana, efek vignette dicirikan dengan adanya penggelapan di sudut-sudut foto. Tapi gak hanya itu, GenK. Tahukah kamu apa itu vignette yang sesungguhya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Buat kamu yang tertarik dengan efek foto yang satu ini jangan sampai ketinggalan informasinya deh. Sekadar bocoran nih, kami gak cuma membahas dari segi pengertian secara istilah saja, GenK. Tapi kami juga akan membahas tentang apa saja manfaat vignette dan kondisi seperti apa yang menyebabkan terjadinya vignetting

Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Vignette?

vignette adalah 1

Foto dengan efek vignette (sumber: adrarmedia.com)

Hal apa yang muncul di benakmu setelah melihat contoh foto di atas? 

Jika dipikir-pikir, seorang anak kecil yang tengah bermain di tengah kebun ilalang seharusnya terlihat lucu dan menggemaskan. Namun pengaplikasian efek vignette camera mampu memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi mood foto. Emosi jadi lebih menonjol dan gambar mampu mengisahkan sesuatu. 

Apa itu vignette?

Vignette adalah penggelapan di bagian sudut gambar sehingga bagian tengah terlihat lebih terang. Penggelapan ini bisa terjadi karena banyak hal, entah itu disebabkan oleh optik atau sengaja dibuat dengan aplikasi. 

Beberapa orang menganggap adanya warna hitam di tepian foto merupakan sebuah kesalahan atau ketidaksempurnaan saat memotret. Yap, itu memang gak salah kok, karena ada juga konsep foto yang mengutamakan kejernihan gambar. Akan tetapi, kemunculan efek vignette pada foto juga dapat dianggap memiliki nilai seni yang membuat gambar jadi memiliki makna yang lebih dalam.

About author

Related posts
Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Leave a Reply

Your email address will not be published.