Creativepreneur and Career

Fungsi Hangtag dalam Bisnis Fashion yang Wajib Kamu Ketahui

fungsi hangtag dalam bisnis fashion

Baik di toko berskala kecil ataupun di departemen store besar, produk garmen seperti celana, kemeja, kaos atau apapun itu pastinya dilengkapi dengan hangtag yang menggantung di salah satu sisinya. Dalam dunia fashion dan ritel, keberadaan hangtag adalah sesuatu yang cukup penting. Bagi kamu yang belum mengerti segala sesuatu dan betapa pentingnya hangtag, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi hangtag dalam bisnis fashion.

Sebagai Media Informasi

Sumber Gambar : freepik.com

Hangtag atau sering disebut pula dengan istilah ‘label’ ini merupakan sebuah lembar kecil yang berisikan informasi terkait produk yang sedang didisplay atau dijual. Informasi yang dimaksud mulai dari nama produk, nama perancang atau produsen, bahan yang digunakan sampai dengan instruksi perawatan. 

Tapi satu hal yang cukup unik adalah kebanyakan orang nggak menyadari betapa pentingnya keberadaan sebuah hangtag ini karena mereka rata-rata mengabaikannya yang berujung pada kerusakan produk yang digunakan karena salah dalam perawatan atau nggak sesuai dengan sudah ditetapkan oleh produsen.

Sebagai Media Pemasaran

Sumber Gambar : psdmockups.com

Memang terlihat sepele, tapi keberadaan hangtag nggak boleh dipandang remeh. Selain sebagai media informasi bagi pembeli produknya, fungsi hangtag lainnya adalah sebagai media pemasaran. Dianggap begitu karena hangtag dapat menyampaikan pesan dari produsen ke konsumen secara mudah dan cepat. 

Sebuah hangtag dapat sangat menguntungkan bisnis ritel dan fashion jika peletakannya sangat tepat dan strategis yang mana bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya. Bahkan hangtag juga dapat mendorong dan menarik minat pembeli lain ketika ada orang yang lebih dahulu membelinya.

Sebagai Media Paten

fungsi hangtag dalam bisnis fashion

Sumber Gambar : bizzprint.nl

Untuk masalah hak paten atau lisensi produk dan brand, hangtag ternyata juga memiliki peran yang cukup vital. Hal itu dikarenakan dengan keberadaan hangtag, maka secara nggak langsung, produsen akan memberitahukan kepada khalayak ramai bahwa produknya itu sudah mempunyai lisensi dan dipatenkan atas nama perusahaan atau brand mereka. Dengan begitu maka dapat meminimalisir pemalsuan.

Sebagai Media Branding

fungsi hangtag dalam bisnis fashion

Sumber Gambar : eelabels.com

Jika dibandingkan dengan produk-produk tanpa hangtag atau tag lainnya, maka produk dengan hangtag akan lebih terlihat eksklusif dan profesional. Dengan begitu, secara langsung dapat menjadi media branding untuk produsen, perusahaan atau brand yang memiliki produk tersebut. Selain itu, dengan keberadaan hangtag tersebut, maka konsumen akan mudah ingat dengan nama produsen atau brand yang bersangkutan.

Sebagai Tempat untuk Label Harga

fungsi hangtag dalam bisnis fashion

Sumber Gambar : sml.com

Produsen rata-rata menempatkan label harga untuk produk garmen mereka di lokasi di mana hangtag tersebut berada. Memang ada tujuannya kenapa mereka melakukan hal tersebut, yaitu agar konsumen dapat secara langsung juga membaca informasi tentang apapun terkait produk, produsen atau bahkan brand terkait.

Dalam desain hangtag pun dari berbagai produsen pastinya berbeda. Ada yang dibuat sederhana atau minimalis dengan menggunakan bentuk persegi panjang umum, tapi ada pula yang dibentuk sedemikian rupa. 

Memang sah-sah saja untuk mendesainnya dengan bentuk yang sederhana, tapi akan lebih terkesan eksklusif jika kamu mendesainnya dengan lebih menarik, seperti oval, bentuk badge atau model lainnya. Dengan begitu, konsumen akan lebih dapat membedakan mana produk asli dan bukan atau mana produk yang berkualitas dan enggak.

Selain desainnya, kamu juga wajib menggunakan bahan berkualitas untuk membuat sebuah hangtag. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan positif dari merek yang kamu miliki itu. Kemudian yang terakhir adalah konsistenlah dengan bentuk desain sampai dengan penggunaan logo dalam hangtag tersebut. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis EO atau Event Organizer Bagi Pemula

Creativepreneur and Career

Bisa Kok Karier Berkembang Tanpa Naik Jabatan, Namanya Lateral Career

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Arsitektur untuk Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Kontak Konsumen Buat Menjalin Hubungan Baik