Arsitektur & Interior

Furnitur Modular Untuk Gerai Toko yang Dinamis

Furnitur Modular

Sejak pandemi Corona berlangsung mulai tahun 2020, keadaan berubah total, termasuk gerai pertokoan, baik yang berdiri sendiri, maupun berada di dalam pusat perbelanjaan. Berdasarkan realita yang ada ini, konfigurasi ulang dan styling secara berkala perlu dilakukan. Hal ini memiliki peran yang signifikan mengingat kondisi yang sangat dinamis dan berubah secara tiba- tiba. Set furniture modular yang bisa diringkas dan dipindahkan dengan mudah akan menjadi poin plus untuk menunjang gerai toko yang memungkinkan berpindah ke berbagai lokasi, baik itu gerai utama, bazaar, maupun pameran.

Maka dari itu, set elemen interior yang modular bisa menjawab kebutuhan karena dapat menyediakan sebuah penataan interior yang bisa dengan mudah ditata ulang namun tetap menampilkan estetika.

Setelah mengetahui fakta tersebut, berikut beberapa alternatif furnitur modular yang bisa diaplikasikan ke retail pasca pandemi nantinya.

  1. Piping Rack

Sumber : dokumentasi penulis

Modul dari rak berupa elemen garis dari kayu panjang yang menempel ke dinding dikombinasi ambalan dengan beberapa kabinet kayu. Desain ini memberikan fleksibilitas dalam penataan barang yang akan ditampilkan.

Bidang yang dibuat dari stik yang berurutan bisa dijadikan sebagai kaki penyaangga display, sehingga rak cukup stabil untuk berdiri sendiri di tengah ruang. Jarak antar komponen ambalan dan kabinet bisa diatur sesuai kebutuhan, rapat ataupun renggang bisa menyesuaikan ukuran barang.

Luas bidang yang tidak terlalu besar cocok untuk menampilkan barang koleksi yang edisi khusus & memang ingin dijadikan pusat perhatian.

  1. Island Center Display

Sumber Gambar : Pinterest

Island display di toko secara langsung akan menjadi sebuah pusat perhatian dalam interior toko. Pemilihan warna yang cerah dan mencolok akan membuat perhatian pelanggan tertuju pada produk yang ditampilkan pada area ini.

Pemilihan bentuk untuk komponen island display umumnya cukup sederhana, dari geometris dasar yang akan terasa menarik setelah dilakukan pengulangan dengan susunan tertentu. Jumlah barang yang ditata bisa menyesuaikan keperluan, baik satu contoh saja maupun beberapa persediaan yang ditata dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Poke to Hole Display

Furnitur Modular

Sumber Gambar : Shoope.co.id

Display tipe ini cukup sederhana dan sudah banyak ditemukan di masyarakat umum. Ide dasar dari modul berupa lubang yang bisa ditusuk dengan sebuah tongkat yang akan dijadikan penyangga bidang alas diatasnya, maupun bidang 3D yang salah satu sisinya diberi area offset yang sesuai dengan ukuran lubang.

Baca Juga :   Tips Nyaman Bekerja Di Coworking Space Era New Normal!

Variasi dari tipe display ini bisa sangat beragam, mulai dari yang paling sederhana berupa papan ambalan, lingkaran, hingga bentuk geometris lainnya. Produk yang dipajang bisa satu benda saja, maupun beberapa persediaan sekaligus.

  1. Floating Acrylic Display

Furnitur Modular

Sumber Gambar : Alibaba.com

Kesan futuristic sangat terlihat dari display tipe ini, pemilihan material yang transparan menimbulkan kesan  melayang. Pembuatannya cukup simple dengan adanya laser cutting akrilik yang akan disatukan dengan teknik interlocking, maupun disekrup manual.

Adanya bidang akrilik yang diulang – ulang bisa dijadikan penyangga agar display bisa berdiri di tengah ruang dan tidak bertumpu pada tembok. Transparansi pada display juga membuat fokus pada item yang ditampilkan  akan meningkat, karena tidak ada distraksi dari warna yang mencolok.

  1. Bar Tray Display

Furnitur Modular

Sumber Gambar : aliexpres.com

Penggunaan material kayu pada rak display ini menampilkan kesan sederhana dan stabil. Adanya bar kayu pada rangka display membuat ketinggian rak pembagi bisa diubah – ubah sesuai kebutuhan. Pengaturan display ini cukup mudah dan tidak memerlukan sambungan khusus. Bidang – bidang kayu yang ada bisa diubah sesuai ketinggian produk yang akan ditampilkan.

Jumlah stok barang yang akan ditampilkan bisa cukup banyak dan memuat berbagai ukuran yang berbeda. Setelah melihat beberapa alternatif furnitur modular untuk pertokoan, tentunya kita semakin punya gambaran untuk outlet toko kedepannya.

Adanya rak pajang yang bisa dibongkar pasang dan ditata ulang akan sangat bermanfaat untuk gerai toko. Apalagi di pasca pandemi yang dituntut untuk bisa dinamis mengikuti perkembangan dan perubahan.

Jadi, untuk kalian para pemilik bisnis yang punya rencana membuat gerai toko, mungkin furnitur modular bisa menjadi komponen yang menarik dan bisa memberi solusi untuk penataan toko Anda nanti.

Ditulis Oleh : Christina Tedjosoejanto (Mahasiswi Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Mau Tau Apa Itu Gaya Rustic?

Arsitektur & Interior

Ini Dia Beberapa Desain Rumah Minimalis 1 Lantai!

Arsitektur & Interior

Intip Desain Rak TV Minimalis Unik Yang Bisa Kamu Terapkan di Rumah!

Arsitektur & Interior

Pengen Punya Rumah Yang Seperti Istana? Coba Terapkan Model Jendela Mewah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.