Arsitektur & Interior

Ini Dia Beberapa Produk Galvalum Untuk Furniture Interior

Galvalum sangat potensial untuk dikembangkan sebagai furniture yang menghadirkan ragam desain produk yang memiliki nilai tambah yang sangat tinggi, dibandingkan dengan sekedar mengolah menjadi rangka atap, genteng metal, dan rangka plafon. Galvalum memiliki keunggulan daya tahan terhadap korosi dan dapat berkilau serta tidak cepat kusam. Deposit galvalum yang besar belum dimanfaatkan optimal, karena banyak diproduksi hanya dalam bentuk rangka atap, genteng metal, dan rangka plafon. Inilah beberapa aneka jenis produk berbahan dasar galvalum dengan pemanfaatan potensi galvalum untuk furniture interior.

  1. Bingkai Lampu Galvalum

Galvalum Jadi Furniture

Sumber Gambar : Unsplash

Bentuk bingkai lampu galvalum yang unik memberi nilai estetika untuk mempercantik ruangan. Selain biaya yang murah, namun tetap berkelas. Lampu gantung yang menghasilkan cahaya memberi pencahayaan yang cukup. Cahaya yang dihasilkan dari bola lampu dapat menembus melewati selah-selah pada bingkai sehingga menghasilkan bayangan yang akan memberikan kesan bagus. Galvalum juga sangat cocok digunakan untuk bingkai lampu seperti pada gambar karena materialnya yang bersifat sangat tahan terhadap panas jadi tidak perlu takut untuk memasang lampu dengan ukuran cahaya yang sangat terang namun menghasilkan radiasi panas ke bingkai karena bingkai galvalum tidak akan meleleh. Penggunaannya dapat dilakukan pada cafe-cafe ataupun tempat tinggal.

2. Kitchen Set Galvalum

Galvalum Jadi Furniture

Sumber Gambar : pexels.com

Kitchen set galvalum mampu memberikan kenyamanan dan tampilan yang indah. Dengan furniture yang lebih simple dan modern menjadikan dapur mampu memenuhi fungsi dapur dengan ekstra penyimpanan yang cukup. Material galvalum ini juga memiliki kelebihan dalam segi pemasangan dimana biasanya material kitchen set menggunakan particle board/multiplek harus dilapisi dengan HPL, pada galvalum finishing telah dilakukan pada masa produksi material. Galvalum juga memiliki tingkat ketahanan terhadap suhu yang sangat tinggi dan cocok digunakan untuk kitchen set sehingga tidak dapat mengelupas sewaktu-waktu setelah aktivitas memasak, karena pastinya akan terkena panas dan dingin yang secara drastis. Warnanya juga bisa beragam sehingga tidak monoton.

Baca Juga :   8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

3. Oven Gas Galvalum

Sumber Gambar : Kaskus

Oven gas galvalum kebanyakan berwarna putih tulang agar terlihat lebih menarik. Kualitas oven gas galvalum bagus, anti karat, dan plat tahan panas. Penggunaan material galvalum sebagai pembuatan oven gas aman sekali. Biaya untuk pembuatan oven ini dengan material galvalum juga akan sangat terjangkau jika dibandingkan dengan oven yang kebanyakan menggunakan stainless.

4. Lemari Galvalum

Sumber Gambar : Bukalapak

Produk interior lemari pakaian dari galvalum digunakan untuk ruang penyimpanan pakaian dan barang-barang yang lainnya. Karena menggunakan material galvalum, bagian dalam lemari terlihat tulangannya, namun sangat kuat. Desain seminimal mungkin tetapi terlihat modern karena clean look. Lemari-lemari galvalum yang ada biasanya menggunakan sistem modular, dimana nantinya dapat dirakit sendiri oleh pembeli di rumahnya namun tidak susah karena hanya dipasang menggunakan mur dan baut. Kekokohan lemari akan sangat kuat seperti layaknya lemari dari kayu, dan kelebihannya juga bebas dari rayap karena terbuat dari galvalum. Oleh karena itu, galvalum ini mulai banyak digunakan untuk lemari karena dapat menggantikan kayu dan dari segi berat juga lebih ringan.

 

Itulah beberapa aneka jenis produk berbahan dasar galvalum dalam desain interior yang bisa diaplikasikan pada cafe, rumah, ataupun apartemen. Sesungguhnya potensi Galvalum jadi furniturer, namun jarang orang tahu karena galvalum tidak terpikirkan sebelumnya, melainkan sifatnya yang sangat kuat dan tahan lama. Manfaatkan sampah galvalum dengan tujuan mempercantik ruangan dan mengurangi sampah galvalum yang tidak terpakai. Ide kreatif akan selalu ada, selamat berkreasi!

 

Teks oleh : Josiah Christian

Desain Interior, Universitas Kristen Petra

Related posts
Arsitektur & Interior

Mau Rumahmu Terlihat Lebih Minimalist dan Bersih? Simak Tips Ini!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenali Apa Saja Perbedaan Antara Interior Modern dan Kontemporer!

Arsitektur & Interior

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Apa Sih Desain Futuristik Itu?

Arsitektur & Interior

Kamu Punya Hobi Mengoleksi Barang? Ini Tips Untuk Menata Barang Koleksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.