5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

Dibaca Normal: 5 menit aja
aplikasi-untuk-meningkatkan-produktivitas-nih

Banyak yang percaya kalau ponsel beserta aplikasinya merupakan pengganggu utama ketika seseorang tengah fokus belajar atau bekerja. Nyatanya pendapat itu tidak selalu benar, karena ada beberapa aplikasi ponsel yang bisa membantu kamu menjalani hari dengan lebih produktif. Dari beberapa aplikasi produktivitas yang ada, kami akan menampilkan lima aplikasi unik yang mungkin bisa kamu coba. Berikut daftarnya! 

Slider
Slider
Slider

aplikasiproduktivitas5Sumber: medium.com

1.The Most Dangerous Writing App

Apa kamu pernah membuka aplikasi Ms.Word dan menghabiskan waktu puluhan menit atau bahkan berjam-jam untuk menuliskan kalimat pertama? Apa yang kamu rasakan biasa disebut dengan writer’s block. Ada banyak cara mengatasi writer’s block, mulai dari membaca, membuat teh atau kopi, hingga melakukan olahraga ringan. Namun jika cara-cara tersebut tidak juga berhasil, mungkin kamu harus mencoba cara ekstrem dengan The Most Dangerous Writing App.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Aplikasi ini akan memaksa kamu menulis tanpa henti dalam beberapa pilihan waktu menulis yang tersedia. Jika kamu berhenti untuk berpikir lebih dari 30 detik dalam waktu penulisan, seluruh tulisan yang menjadi kerja keras kamu akan menghilang. Aplikasi produktivitas ini cocok untuk kamu yang terus meragukan diri sendiri ketika tengah menulis. Tentu kamu tidak perlu takut hasil tulisan kamu benar-benar menghilang, karena kamu bisa mengirimkan tulisan yang belum selesai tadi ke email kamu. Tapi alangkah baiknya jika kamu mampu terus menulis tanpa henti dan membuat hari kamu lebih produktif. 

Baca Juga
Tetap Produktif dan Kreatif dengan Mengubah Galau Jadi Karya

2.Habitica

aplikasiproduktivitas
Sumber: habitica.com

Rasanya hampir mustahil menggabungkan kata “game” dan “produktivitas” dalam sebuah kalimat yang sama karena game selama ini terkenal selalu menghalangi produktivitas seseorang. Menggunakan jargon “Gamify Your Life”, Habitica berusaha mengubah persepsi ini. Habitica adalah sebuah website dan juga aplikasi ponsel yang mencatat daftar tugas harian kamu. Namun berbeda dengan aplikasi task manager lainnya, Habitica mengolah tugas harian kamu layaknya sebuah quest dalam game.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengubah kebiasaan kamu, seperti mengurangi minuman bersoda dan juga lebih rajin berolahraga. Ya, namanya juga aplikasi produktivitas, Ketika kamu menyelesaikan sebuah tugas harian kamu akan mendapatkan uang yang bisa dibelanjakan untuk atribut karakter game kamu dan juga experience untuk menaikan level karakter game kamu.

Ketika mencapai level tertentu, kamu bisa memilih job untuk karaktermu. Tentunya setiap job memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk melawan berbagai monster. Habitica menjadi lebih menyenangkan ketika kamu memutuskan untuk bergabung ke dalam sebuah guild. Di dalam guild kamu bisa menyelesaikan misi-misi yang tidak bisa kamu kerjakan ketika bermain solo dan membuat guild kamu menjadi nomor satu di Habitica. Ketika kamu tidak menyelesaikan target harianmu, tentunya kamu bisa membuat guild kamu menjadi lebih lemah. Nah, gimana, membuat kamu berpikir dua kali sebelum menunda target kerja harian kamu ‘kan? 

Baca Juga
5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

3.Stickk

aplikaisproduktivitas2
Sumber: billybeck.com

Membuat rencana dan berjanji pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu adalah langkah awal yang mudah, tetapi memulai dan melakukan sesuatu dengan konsisten adalah tantangan yang sebenarnya. Misal, bayangkan kamu punya rencana “pergi ke gym setiap minggu” atau “setiap hari, sepuluh lembar skripsi”. Seringnya sih, rencana-rencananya gagal di tengah jalan karena tidak ada konsekuensi langsung ketika kamu melanggarnya. Tapi bagaimana jika uang jadi taruhannya? 

Stickk adalah aplikasi yang menyediakan “kontrak komitmen” bagi kamu untuk mencapai tujuan tertentu. Setelah menyetujui kontrak tersebut kamu akan diminta untuk mengirimkan uang sebesar 5$ (sekitar Rp. 70.000) atau kelipatannya untuk dijadikan jaminan. Untuk memastikan kamu benar-benar menjalakan komitmenmu, Stickk akan meminta kamu menunjuk seseorang menjadi “wasit” untuk memverifikasi apakah benar kamu sudah menjaga komitmen kamu.

Ketika kamu gagal menjaga komitmenmu, otomatis uang “kontrak komitmen” kamu akan dikirimkan ke teman, musuh atau bahkan organisasi yang kamu benci. Dalam websitenya, Stickk mengklaim sudah membantu menjalankan lebih dari 442.000 komitmen penggunanya. Stickk juga menyatakan ada 39 juta Dollar, atau setara dengan Rp. 551 Milyar, yang saat ini “dipertaruhkan” dalam program “kontrak komitmen” milik mereka.

Baca Juga
Meningkatkan Produktivitas dengan To Don’t List

4.Forest

aplikasiproduktivitas3
Sumber: darmawanaji.com

Apa kamu pernah mendengar tentang teknik Pomodoro? Jangan tertukar dengan salah satu perusahan kontraktor yang terkenal itu, ya. Pomodoro adalah sebuah teknik manajemen waktu yang membantu penggunanya menjadi lebih produktif. Dalam praktiknya, teknik Pomodoro menganjurkan penggunanya untuk fokus mengerjakan sesuatu nonstop selama 25 menit sebelum beristirahat sejenak dan kembali melanjutkan yang kamu kerjakan tadi.

Karena alat yang dibutuhkan untuk menggunakan teknik Pomodoro hanyalah sebuah penghitung waktu, ada banyak aplikasi Pomodoro yang bisa kamu gunakan. Namun salah satu yang paling menarik adalah Forest. Berbeda dengan aplikasi Pomodoro yang lain, Forest tidak hanya menghitung setiap sesi Pomodoro kamu selama 25 menit tapi juga menvisualisaikannya menjadi sebuah pohon.

Ketika kamu menyelesaikan satu sesi Pomodoro, kamu bisa melihat satu pohon tumbuh di aplikasi Forest kamu. Semakin banyak sesi Pomodoro yang kamu tuntaskan tentunya semakin banyak pohon yang tumbuh. Ketika kamu tergoda untuk membuka aplikasi media sosial atau game di ponsel kamu di tengah sesi Pomodoro, kamu akan melihat salah satu pohon yang tumbuh di aplikasi Forest kamu berubah layu. 

Aplikasi ini dipercaya mampu meningkatkan fokus dan juga produktivitas karena kamu mampu melihat secara langsung hasil kerja kerasmu dalam bentuk pohon yang tumbuh di Forest. Seperti di kehidupan nyata, kamu juga harus menjaga pohon yang sudah kamu tanam dengan susah payah agar tidak mati karena layu. 

Baca Juga
5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

5.RescueTime

aplikasiproduktivitas4
Sumber: topbestalternatives.com

Kadang kamu mungkin tidak sadar bahwa waktu yang kamu habiskan untuk membuka media sosial, menonton Youtube, dan bermain game (selain game Habitica tentunya) jauh lebih banyak dibandingkan waktu produktifmu. Apalagi kalau kerjaanmu menuntut kamu terus aktif menggunakan gadget dan browsing internet, pasti waktu produktif dan waktu bersantai kamu jadi sulit dibedakan. Tapi jangan khawatir lagi karena RescueTime akan menyelamatkan kamu. 

RescueTime adalah sebuah aplikasi time tracking yang mampu mencatat berapa banyak waktu yang kamu habiskan dalam sebuah website atau aplikasi lain. Tidak hanya mencatat waktu, RescueTime juga mampu membedakan apakah website atau aplikasi yang kamu buka membantu produktivitas kamu atau tidak. Aplikasi dan juga website yang membantu produktivitas kamu akan dikelompokan menjadi “Utilities”, “Communication & Scheduling”, “Business”, “Design”, dst yang diwakili dengan grafik berwarna biru.

Sementara aplikasi dan website yang tidak membantu produktivitas akan dikelompokan menjadi “Shopping”, “Social Networking” dan juga “Entertainment” yang diwakili dengan grafik berwarna merah. Tentunya kamu bisa menentukan sendiri aplikasi dan website mana yang membantu produktivitas kamu dan mana yang mengganggu pada pengaturan awal. Untuk hasil yang lebih lengkap kamu bisa mengkonfigurasi RescueTime di ponsel dan juga laptopmu. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas apakah kamu berhasil menghabiskan hari, bulan, atau bahkan tahun dengan produktif atau tidak.


Itulah kelima aplikasi produktivitas yang mungkin perlu kamu coba! Semangat ya, semoga kamu makin produktif! 

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

7 Game Horor PC Terbaik 2020, Bikin Bulu Kudukmu Merinding

Game & Teknologi

5 Aplikasi Parenting yang Cocok Bagi Kamu Orang Tua Milenial

Game & Teknologi

Jangan Beli Nintendo Switch Sebelum Kamu Baca Ini!

Game & Teknologi

Naruto X Boruto : Ninja Voltage, Game Seru Selami Kisah Baru Boruto

Game & Teknologi

Template dan Ukuran Story Instagram Paling Ideal untuk Postingan Kamu

Game & Teknologi

4 Aplikasi Video Conference Ini Bikin Work From Home Tetap Produktif

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link