7 Alat untuk Membuat Podcast yang Mesti Kamu Siapkan

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID 4

Kalau tahun 2019 kemarin adalah tahunnya orang gemar membuat video YouTube, maka di tahun 2020 ini, podcast akan jadi konten yang diprediksi bakal banyak digandrungi oleh masyarakat. Jangan sampai ketinggalan dan hanya jadi pendengar saja, kamu bisa mulai mencoba untuk membuat podcast sendiri dengan cara yang mudah dan gratis.  

Eits, tapi tahan dulu dong! Sebelum mulai membuat podcast, ada beberapa alat yang harus kamu siapkan terlebih dahulu nih. Alat-alat ini akan menjadi senjatamu untuk membuat podcast yang berkualitas. Apa aja tuh? Mari langsung disimak aja! 

1. Mikrofon

Alat untuk membuat podcast 1

Perangkat mikrofon eksternal (sumber: blossomszone.com)

Senjata utama kamu untuk membuat podcast tak lain dan tak bukan adalah mikrofon. Sebagai salah satu jenis konten audio, kamu memerlukan alat perekam berupa mikrofon untuk merekam suara podcast-mu. Kamu bisa memilih untuk menggunakan mikrofon analog (XLR) atau mikrofon USB. Keduanya sama-sama bagus untuk merekam suara kamu. Pastikan aja mikrofonnya sudah nyala dong yah sebelum mulai rekaman. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Komputer

Alat untuk membuat podcast 2

Komputer untuk mengolah hasil rekaman podcast (sumber: bestbuy.com)

Habis rekaman, terus diapain dong hasilnya? Tentu saja diolah dulu menggunakan bantuan aplikasi lewat komputer. Jika kamu menggunakan mikrofon digital, kamu langsung bisa menyimpan dan memproses hasil rekaman suaramu di komputer, lalu bisa langsung di-upload deh. Kalau gak ada komputer atau laptop, kamu juga bisa menggunakan tablet dengan spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi editing audio. 

Baca Juga
Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

3. Mixer

Alat untuk membuat podcast 2

Audio mixer (sumber: banggood.com)

Jangan salah sangka dulu, mixer yang satu ini nama alat masak yang sering kamu lihat di dapur. Melainkan sebuah perangkat pengolah data audio. Jika kamu menggunakan beberapa mikrofon dalam proses rekamanmu, atau jika kamu menggunakan mikrofon dengan koneksi XLR, kamu dapat menggunakan mixer untuk menggabungkan suara rekaman podcast-mu nih. Tapi kalau kamu merasa kerepotan, fitur mixer digital sudah tersedia dalam beberapa aplikasi pengedit suara.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Game & Teknologi

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Game & Teknologi

4 Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game & Teknologi

7 Game Horor PC Terbaik 2020, Bikin Bulu Kudukmu Merinding

Game & Teknologi

5 Video Games yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link