Game & Teknologi

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

apa itu cgi

Toy Story, Avatar, Avengers, The Lord of the Rings, WALL-E, ada yang tahu apa persamaan dari kelima film tersebut? Sama-sama produksi Hollywood? Yap, benar! Eits, tapi bukan cuma tempat produksinya, film-film tersebut juga menggunakan teknologi yang sama, yaitu CGI. Apa itu CGI? Ini dia penjelasannya. 

Menghabiskan waktu di bioskop menonton film favorit memang paling menyenangkan. Gambar yang memukau serta efek yang kece membuatmu betah berlama-lama duduk di kursi empuk bioskop selama berjam-jam. Adegan-adegan favoritmu ditampilkan dalam visual menakjubkan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Tapi pernahkah kamu bertanya akan rahasia di balik efek memukau adegan-adegan dalam film tersebut? Semua itu berkat yang namanya teknologi CGI. Pasti sering dengar dong istilah yang satu ini. Tapi, apa itu CGI sebenarnya? Bagaimana cara kerjanya? Cari jawaban lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu CGI? 

cgi adalah 1

Film Jungle Book (sumber: artofvfx.com)

Computer Graphic Images atau CGI adalah teknologi grafis komputer yang digunakan untuk membuat efek visual pada video, baik untuk film, siaran televisi, video games, iklan, media cetak, hingga perangkat simulator. CGI adalah salah satu jenis special effect (SFX) yang banyak dijumpai di industri perfilman. 

Efek yang diciptakan dari pengaplikasian CGI dapat berupa gambar dinamis atau statis, hingga ke bentuk 2 dimensi (2D). Tapi efek CGI yang sekarang banyak dikenal adalah grafis komputer yang digunakan untuk membuat suatu adegan atau menambahkan special effect pada film dan televisi.

Teknologi inilah yang sekarang banyak dipakai di industri film untuk membuat berbagai karya blockbuster dengan efek visual yang bisa membuat para penonton terpanah. Kamu pasti pernah dong menyaksikan film dengan adegan yang menyajikan visual fantastis bak dari fantasi. 

Misalnya adegan di mana ada hewan yang bisa bergerak dan berbicara layaknya manusia, munculnya monster-monster dengan tampilan super nyata, hingga ke latar belakang adegan yang membuatmu bertanya, “Kok bisa yah, itu shooting di mana?”. 

Semua itu bisa tercapai berkat kekuatan visual yang disajikan dengan memanfaatkan CGI tadi. Apa yang kamu lihat di layar bioskop atau komputer, tidaklah seperti apa yang sebenarnya terjadi di dunia nyata, melainkan hanya tipu daya visual semata. 

Baca Juga :   Teknologi Wireless Charging, Cara Isi Daya Paling Kekinian
About author

Related posts
Game & Teknologi

Catat! Rumus Microsoft Excel Untuk Mudahkan Pekerjaanmu

Game & Teknologi

7 Rekomendasi Situs Penyedia Ilustrasi Gratis untuk Proyek Desainmu

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Instagram Story Ini Bisa Bikin Kamu Hits

Game & Teknologi

Game Android dengan Grafik Terbaik 2021, Kerennya Nggak Ada Lawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.