fbpx

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
apa itu cgi

Toy Story, Avatar, Avengers, The Lord of the Rings, WALL-E, ada yang tahu apa persamaan dari kelima film tersebut? Sama-sama produksi Hollywood? Yap, benar! Eits, tapi bukan cuma tempat produksinya, film-film tersebut juga menggunakan teknologi yang sama, yaitu CGI. Apa itu CGI? Ini dia penjelasannya. 

Menghabiskan waktu di bioskop menonton film favorit memang paling menyenangkan. Gambar yang memukau serta efek yang kece membuatmu betah berlama-lama duduk di kursi empuk bioskop selama berjam-jam. Adegan-adegan favoritmu ditampilkan dalam visual menakjubkan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Tapi pernahkah kamu bertanya akan rahasia di balik efek memukau adegan-adegan dalam film tersebut? Semua itu berkat yang namanya teknologi CGI, GenK. Pasti sering dengar dong istilah yang satu ini. Tapi, apa itu CGI sebenarnya? Bagaimana cara kerjanya? Cari jawaban lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu CGI? 

cgi adalah 1

Film Jungle Book (sumber: artofvfx.com)

Computer Graphic Images atau CGI adalah teknologi grafis komputer yang digunakan untuk membuat efek visual pada video, baik untuk film, siaran televisi, video games, iklan, media cetak, hingga perangkat simulator. CGI adalah salah satu jenis special effect (SFX) yang banyak dijumpai di industri perfilman. 

Efek yang diciptakan dari pengaplikasian CGI dapat berupa gambar dinamis atau statis, hingga ke bentuk 2 dimensi (2D). Tapi efek CGI yang sekarang banyak dikenal adalah grafis komputer yang digunakan untuk membuat suatu adegan atau menambahkan special effect pada film dan televisi.

Teknologi inilah yang sekarang banyak dipakai di industri film untuk membuat berbagai karya blockbuster dengan efek visual yang bisa membuat para penonton terpanah. Kamu pasti pernah dong menyaksikan film dengan adegan yang menyajikan visual fantastis bak dari fantasi. 

Misalnya adegan di mana ada hewan yang bisa bergerak dan berbicara layaknya manusia, munculnya monster-monster dengan tampilan super nyata, hingga ke latar belakang adegan yang membuatmu bertanya, “Kok bisa yah, itu shooting di mana?”. 

Semua itu bisa tercapai berkat kekuatan visual yang disajikan dengan memanfaatkan CGI tadi, GenK. Apa yang kamu lihat di layar bioskop atau komputer, tidaklah seperti apa yang sebenarnya terjadi di dunia nyata, melainkan hanya tipu daya visual semata. 

Baca Juga   5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Cara Kerja CGI 

cgi adalah 2

Gambar permodelan CGI (sumber: digitalsynopsis.com)

Efek CGI yang banyak mengundang decak kagum para penonton dibuat melalui tahap yang sangat kompleks dan tidak semudah menonton dari layar lebar di bioskop. Untuk membuat efek CGI pada suatu video, terdapat banyak tahapan yang harus dilalui supaya sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

Proses pembuatan CGI adalah salah satu hal menarik dari keseluruhan produksi sebuah film yang sayang jika dilewatkan. Kamu dapat melihat rahasia di balik layar film favoritmu dan menyaksikan bagaimana proses pembuatan karakter, background lingkungan, efek khusus, dan berbagai elemen pendukung film lainnya. 

Kunci utama dari teknologi CGI sehingga dapat menghasilkan visual ciamik adalah pada integrasi gambar komputer dengan lokasi dan objek dari dunia nyata. Pencampuran kedua elemen inilah yang kemudian menghasilkan gambar estetis yang kamu lihat di layar kaca. 

Produksi CGI dilakukan melalui beberapa tahapan yang diawali dengan membuat bentuk-bentuk grafis dasar di komputer yang nantinya akan dipakai sebagai bahan visual utama. Setelah itu, gambar-gambar yang telah dibuat akan diberikan efek khusus supaya terlihat lebih nyata. 

Elemen-elemen pada gambar seperti lighting, tekstur, dan warna dikerjakan satu persatu untuk menambahkan detail yang diperlukan. Detail inilah yang membuat tampilan CGI terlihat lebih realistis dan tidak tampak seperti kartun. Kerennya lagi, semuanya dikerjakan secara frame-by-frame loh, GenK. 

Baca Juga   5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Visual Realistis yang Terlihat Fantastis 

cgi adalah 3

Film Jurassic World (sumber: thedeailybeast.com)

Proses pembuatan CGI sendiri bisa bervariasi antara satu film dan lainnya, tergantung pada kompleksitas dan jenis efek yang diinginkan. Semakin detail dan nyata visual yang ingin ditampilkan, maka semakin rumit pula proses pembuatannya. 

Untuk membuat sebuah film yang benar-benar memanfaatkan kekuatan CGI, tim produksi film biasanya memiliki departemen yang khusus menangani bagian efek visual dari CGI. Departemen ini terdiri dari para desainer dan animator andal yang masing-masing mengerjakan bagian spesifik dari special effect film.

Tidak sampai di situ saja, orang-orang yang bekerja di departemen ini biasanya dibagi lagi menjadi tim-tim kecil dengan fungsi yang lebih spesifik lagi. Misalnya dalam pembuatan film Jurassic World, ada tim yang secara khusus menangani proses gerak dinosaurus, tampilan kulit serta respon alaminya. 

Hasilnya? FIlm hewan purba super realistis yang membuat para penonton seakan merasa  kalau dinosaurus yang ada di Jurassic World adalah dinosaurus sungguhan dari dunia nyata. Padahal semua dinosaurus tersebut cuma rekayasa komputer aja, GenK.

Bukan hanya itu, film lain yang menjadi sangat fenomenal karena efek CGI adalah Avatar yang dirilis pada tahun 2009. Siapa sih yang tidak kenal dengan film populer yang bercerita tentang alien berwarna biru, Na’vi dan dunia mereka yang menakjubkan. 

Avatar merupakan produk film yang mengedepankan penggunaan CGI secara menyeluruh di hampir setiap bagian film. Dengan memanfaatkan teknologi model 3D terkini pada waktu itu, Avatar sukses menyihir setiap mata yang melihat dengan visual cemerlang nan reallistis yang sempat membawanya di urutan pertama sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. 


Itu dia tadi sekilas mengenai apa itu CGI yang sering kamu saksikan di film. Eits, buat yang ingin belajar membuat CGI, kamu bisa mulai dengan membuat animasi terlebih dahulu. Kami punya rekomendasi software pembuat animasi yang bisa kamu coba, GenK.  

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game dan Teknologi

10 Rekomendasi Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

Game dan Teknologi

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Game dan Teknologi

8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Game dan Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game dan Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Game dan Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Game dan Teknologi

Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link