Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Dibaca Normal: 4 menit aja
apa itu coding

Apa yang terlintas di otakmu saat mendengar kata coding? Kode-kodean? Bahasa komputer? Film The Matrix? Daripada bingung, mending kamu cari tahu sendiri apa itu coding lewat artikel berikut, GenK!

Di era modern yang serba canggih ini, hidup jadi terasa lebih mudah dengan bantuan teknologi. Dalam bidang apa pun, teknologi telah masuk dan menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan kita. Tapi pernahkah kamu penasaran, bagaimana sih cara kerja teknologi-teknologi tersebut?

Berbagai perangkat teknologi seperti komputer, HP, game, dan alat-alat elektronik lain yang sering kamu gunakan, menjalankan sistem operasi kompleks yang telah diprogramkan sebelumnya. Sistem operasi tersebut dapat berjalan karena adanya perintah yang dimasukkan melalui proses coding.

Coding inilah yang menjadi kunci utama berfungsinya suatu teknologi. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu coding dan berbagai manfaatnya untuk kehidupanmu. Yuk disimak selengkapnya!

Mengenal Apa Itu Code

apa itu coding 1

Gambar binary code (sumber: flickr.com)

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta.

Demikianlah perumpamaan tentang coding yang mungkin merupakan hal baru bagi sebagian orang. Namun ada juga beberapa orang yang sudah cukup familiar atau setidaknya pernah mendengar mengenai apa itu coding.

Tapi… Sebelum tahu apa itu coding, kamu harus mengetahui intinya terlebih dahulu dong, yaitu tentang code. Jika manusia berkomunikasi menggunakan bahasa secara verbal, tulisan, maupun gerak, komputer juga mempunyai cara berkomunikasi yang sama dengan bahasa mereka sendiri, GenK.

Jadi bukan cuma manusia saja yang punya bahasa dan dapat berkomunikasi, komputer pun juga punya loh. Bahasa yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi disebut dengan binary code atau machine code. Ini dia salah satu rahasia Kecerdasan Buatan yang serba tahu.

Berbeda dengan manusia, komputer hanya mampu memahami perintah Ya atau Tidak yang dibaca melalui binary code berupa susunan angka 1 dan 0. Bahasa inilah yang kemudian digunakan komputer untuk dapat melakukan banyak hal sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Baca Juga
5 Tips Ampuh Belajar Coding Dasar untuk Pemula

Bahasa Programming

apa itu coding 2

Gambar programming language (sumber: medium.com)

Binary code yang dipakai sebagai bahasa komputer memiliki tingkat kerumitan yang tinggi untuk dipelajari, serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar, GenK. Untuk itulah, digunakan media yang lebih mudah untuk dapat berkomunikasi dengan komputer, yaitu dengan melalui bahasa programming.

Bahasa programming itu sendiri merupakan susunan beragam karakter mulai dari angka, huruf, dan karakter khusus yang dapat memberikan perintah pada komputer. Nah, bahasa programming inilah yang dipakai sebagai translator bahasa manusia menjadi bahasa komputer.

Ada banyak sekali variasi bahasa programming yang tersedia di luar sana, hingga mencapai jumlah ratusan loh. Semua bahasa programming tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja aplikasinya yang berbeda. Beberapa programming language yang paling sering digunakan di antaranya:

  • Python
  • JavaScript
  • Ruby
  • HTML
  • C++
  • PHP
  • SQL

Baca Juga
8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Apa Itu Coding?

apa itu coding 3

Ilustrasi coding (sumber: bgosoftware.com)

Coding adalah upaya penulisan kode-kode dari bahasa programming untuk memberikan efek atau fungsi khusus pada komputer. Kode yang telah dibuat tersebut nantinya akan diubah oleh compiler menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk nantinya diproses sesuai apa yang kamu inginkan.

Coding dapat diibaratkan sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan antara manusia dan teknologi melalui penggunaan bahasa yang kompleks. Jembatan inilah yang kita gunakan untuk dapat memanfaatkan komputer dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kode komputer biasanya dibuat secara berbaris dengan masing-masing bagiannya yang membawa fungsi spesifik terhadap tampilan maupun program komputer. Nah, dokumen yang berisi kumpulan baris coding inilah yang disebut dengan script.

Cara Kerja Coding

apa itu coding 4

Ilustrasi music player di HP (sumber: pinterest.com)

Setiap script dibuat untuk dapat melakukan tugas dan fungsi khusus pada sistem komputer. Misalnya fungsi mengambil foto dan merubah ukurannya, memainkan lagu secara acak, atau ketika kamu mengeklik tombol Like di media sosial. Semua itu bisa terjadi berkat script, GenK.

Namun, script yang telah dibuat hanya dapat menjalankan fungsinya setelah melalui proses compilation dan execution. Kedua proses ini bertujuan untuk menerjemahkan hasil coding dalam bentuk script menjadi program yang dapat dipakai oleh para pengguna.

Program sendiri pada dasarnya merupakan text file yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Kode yang berada di dalam file program disebut dengan source code.

Setiap bahasa programming memiliki file extension yang berbeda-beda sebagai identifikasi kode files yang ditulis dalam bahasa tersebut. Contohnya file extension .py untuk Python.

Untuk membuat sebuah program, kamu bisa menuliskan kode di plain text editor seperti Notepad lalu simpan file tersebut ke laptopmu. Sudah deh. Simpel banget bukan? Contohnya, baris kode di bawah bisa menjadi sebuah program Python super pendek yang disebut hello.py:

apa itu coding 5

Baris kode (sumber: codeconquest.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

4 Game PC Terbaru 2020 yang Wajib Kamu Coba

Game & Teknologi

7 Rekomendasi Game Android Indonesia yang Wajib Kamu Mainkan

Game & Teknologi

6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Game & Teknologi

7 Fitur Teranyar Android 10, Bisa Bikin Caption Otomatis Loh!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link