6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Dibaca Normal: 6 menit aja
aplikasi menggambar

Jika menggambar manual medianya menggunakan kertas, lain halnya dengan menggambar digital yang menggunakan software canggih. Ini dia beberapa rekomendasi aplikasi menggambar digital yang gak boleh kamu lewatkan, GenK!

Selain fitur yang lengkap, kamu juga membutuhkan software untuk menggambar yang nyaman saat digunakan. Maka dari itu gak ada salahnya kalau kamu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Ada banyak tools di pasaran untuk menciptakan karya seni digital unik layaknya seni lukis tradisional (manual). Perkembangan yang super cepat ini terus terjadi seiring meningkatnya persaingan. Manya mereka berlomba-lomba menambahkan fitur dan kemampuan baru.

Banyaknya variasi aplikasi menggambar pasti membuatmu bingung bukan?

Sebenarnya jika kamu sudah punya laptop untuk desain grafis akan lebih mudah untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan pastinya dari segi grafik lebih memadai, GenK.

Pentingnya Memilih Aplikasi Menggambar

aplikasi menggambar 1

Ilustrasi menggambar digital (sumber: pexels.com)

Kalau menggambar manual pakai kertas, lain halnya dengan menggambar dan melukis digital. Kamu memerlukan aplikasi tertentu sebagai media menggambar. Makanya penting banget untuk memilih aplikasi mana yang cocok untuk kamu, GenK.

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu apa saja fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut, apa saja kelebihan dan kekurangannya, dan masih banyak lagi.

Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi menggambar di laptop dan iPad yang bisa banget kamu gunakan saat membuat karya. Beberapa nama software yang bakal kami sebutkan pasti ada yang sudah tidak asing lagi di telingamu.

Yuk kita intip apa saja nama software-nya, GenK! 儭

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

1. Adobe Photoshop

Aplikasi pertama yang akan kami bahas adalah Adobe Photoshop. Kamu pasti pernah menggunakannya kan?

Untuk kurun waktu yang cukup lama, Photoshop berhasil digadang-gadang sebagai The King of The Digital Art Tools. Akan tetapi banyak perusahaan lain yang mencoba bersaing untuk merebut gelar tersebut.

Menurut Wikipedia, Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk melakukan edit foto atau gambar, serta pembuatan efek visual.Makanya aplikasi ini kerap digunakan oleh fotografer digital dan juga perusahaan advertising sehingga dianggap sebagai market leader untuk kategori software pengolah foto atau gambar.

Aplikasi yang satu ini benar-benar serbaguna, karena juga dapat digunakan untuk membuat desain dan merekayasa gambar. Salah satunya adalah membuat digital painting. Pokoknya paket lengkap deh, GenK!Bisa kamu install di Windows ataupun macOS. Dengan versi terbaru yang dikeluarkan bernama Adobe Photoshop CC. Yuk cari tahu lebih lanjut ulasan Photoshop berikut ini!

Kelebihan Photoshop

Berikut adalah kelebihan yang akan kamu dapatkan saat menggambar di Photoshop:

  1. Hasil gambar sangat memuaskan, karena di dalamnya terdapat fitur lengkap untuk menggambar.
  2. Bisa install berbagai macam model brush dari internet, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat variasi goresan kuas.
  3. Pengaturan brush sangat simpel.
  4. Dapat merubah opacity dan mengatur tingkat goresan.
  5. Kelengkapan warna RGB dan CMYK yang sangat bagus.
  6. Bisa melakukan color correction, seperti brightness, hue, dan saturation. Jadi kalau ada warna yang kurang pas bisa langsung kamu ubah tanpa perlu menghapus gambar terlebih dahulu.
  7. Pengoperasian layer tidak membingungkan, sehingga kamu dapat dengan mudah memindah antara layer sketsa dengan layer lainnya.
  8. Mudah banget buat memasukkan overlay sebagai efek visual gambar.
  9. Hasil akhir gambar bisa disimpan dalam format JPEG maupun PNG.

Kekurangan Photoshop

Kalau yang ini adalah kekurangan dari Photoshop, GenK:

  1. Harus berlangganan untuk menikmati fitur yang ada.
  2. Tidak disarankan untuk membuat vector art di sini.
  3. Setiap file hanya bisa digunakan untuk membuat 1 lembar artwork. Jadi akan sangat sulit jika kamu ingin membuat berlembar-lembar artworks, karena kamu harus membuka semua file secara bersamaan
Baca Juga
5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

4 Game PC Terbaru 2020 yang Wajib Kamu Coba

Game & Teknologi

7 Rekomendasi Game Android Indonesia yang Wajib Kamu Mainkan

Game & Teknologi

6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Game & Teknologi

7 Fitur Teranyar Android 10, Bisa Bikin Caption Otomatis Loh!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link