fbpx

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
aplikasi menggambar

Jika menggambar manual medianya menggunakan kertas, lain halnya dengan menggambar digital yang menggunakan software canggih. Ini dia beberapa rekomendasi aplikasi menggambar digital yang gak boleh kamu lewatkan, GenK!

Selain fitur yang lengkap, kamu juga membutuhkan software untuk menggambar yang nyaman saat digunakan. Maka dari itu gak ada salahnya kalau kamu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. 

Ada banyak tools di pasaran untuk menciptakan karya seni digital unik layaknya seni lukis tradisional (manual). Perkembangan yang super cepat ini terus terjadi seiring meningkatnya persaingan. Manya mereka berlomba-lomba menambahkan fitur dan kemampuan baru.

Banyaknya variasi aplikasi menggambar pasti membuatmu bingung bukan?

Sebenarnya jika kamu sudah punya laptop untuk desain grafis akan lebih mudah untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan pastinya dari segi grafik lebih memadai, GenK.

Pentingnya Memilih Aplikasi Menggambar

aplikasi menggambar 1

Ilustrasi menggambar digital (sumber: pexels.com)

Kalau menggambar manual pakai kertas, lain halnya dengan menggambar dan melukis digital. Kamu memerlukan aplikasi tertentu sebagai media menggambar. Makanya penting banget untuk memilih aplikasi mana yang cocok untuk kamu, GenK.

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu apa saja fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut, apa saja kelebihan dan kekurangannya, dan masih banyak lagi.

Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi menggambar di laptop dan iPad yang bisa banget kamu gunakan saat membuat karya. Beberapa nama software yang bakal kami sebutkan pasti ada yang sudah tidak asing lagi di telingamu. 

Yuk kita intip apa saja nama software-nya, GenK!

Adobe Photoshop

Aplikasi pertama yang akan kami bahas adalah Adobe Photoshop. Kamu pasti pernah menggunakannya kan?

Untuk kurun waktu yang cukup lama, Photoshop berhasil digadang-gadang sebagai The King of The Digital Art Tools. Akan tetapi banyak perusahaan lain yang mencoba bersaing untuk merebut gelar tersebut.

Menurut Wikipedia, Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk melakukan edit foto atau gambar, serta pembuatan efek visual. 

Makanya aplikasi ini kerap digunakan oleh fotografer digital dan juga perusahaan advertising sehingga dianggap sebagai market leader untuk kategori software pengolah foto atau gambar.

Aplikasi yang satu ini benar-benar serbaguna, karena juga dapat digunakan untuk membuat desain dan merekayasa gambar. Salah satunya adalah membuat digital painting.

Pokoknya paket lengkap deh, GenK! 

Bisa kamu install di Windows ataupun mac OS. Dengan versi terbaru yang dikeluarkan bernama Adobe Photoshop CC. Yuk cari tahu lebih lanjut ulasan Photoshop berikut ini!

Kelebihan Photoshop

Berikut adalah kelebihan yang akan kamu dapatkan saat menggambar di Photoshop:

  1. Hasil gambar sangat memuaskan, karena di dalamnya terdapat fitur lengkap untuk menggambar.
  2. Bisa install berbagai macam model brush dari internet, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat variasi goresan kuas.
  3. Pengaturan brush sangat simpel.
  4. Dapat merubah opacity dan mengatur tingkat goresan. Apakah kamu ingin soft atau hard.
  5. Kelengkapan warna RGB dan CMYK yang sangat bagus.
  6. Bisa melakukan color correction, seperti brightness, hue, dan saturation. Jadi kalau ada warna yang kurang pas bisa langsung kamu ubah tanpa perlu menghapus gambar terlebih dahulu.
  7. Pengoperasian layer tidak membingungkan, sehingga kamu dapat dengan mudah memindah antara layer sketsa dengan layer lainnya.
  8. Mudah banget buat memasukkan overlay sebagai efek visual gambar.
  9. Hasil akhir gambar bisa disimpan dalam format JPEG maupun PNG.

Kekurangan Photoshop

Kalau yang ini adalah kekurangan dari Photoshop, GenK:

  1. Harus berlangganan untuk menikmati fitur yang ada.
  2. Tidak disarankan untuk membuat vector art di sini.
  3. Setiap file hanya bisa digunakan untuk membuat 1 lembar artwork. Jadi akan sangat sulit jika kamu ingin membuat berlembar-lembar artworks, karena kamu harus membuka semua file secara bersamaan
Baca Juga   Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Adobe Illustrator

Masih dari keluarga Adobe Creative Cloud, Adobe Illustrator adalah sebuah program editor grafis yang terkemuka untuk membuat vektor. Aplikasi ini dikembangkan sekaligus dipasarkan oleh Adobe Systems.

Sama seperti Adobe Photoshop, Illustrator juga dapat dioperasikan di Microsoft Windows dan mac OS. Dengan versi terkini dari generasi ke-20 yang diberi nama Illustrator CC.

Jika tadi Photoshop cocok untuk membuat digital painting, lain halnya dengan Adobe Illustrator. Di sini kamu dapat membuat vector art seperti para ilustrator andal loh

Fitur dan kemudahan yang akan kamu dapatkan jika berlangganan aplikasi ini memang sangat berguna buat kamu yang berkecimpung di dalam dunia desain. Di sini sangat memungkinkan kamu untuk membuat beraneka ragam seni yang berhubungan dengan garis, seperti line art dan membuat logo.

Sekarang saatnya mencari tahu ulasan tentang Adobe Illustrator. Ini dia poin-poinnya!

Kelebihan Illustrator

Ini dia beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Adobe Illustrator:

  1. Cocok banget untuk membuat vector art.
  2. Sangat mudah untuk proses duplikasi layer.
  3. Dapat membuat berbagai pola, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit sekalipun.
  4. Di sinilah tempatnya jika kamu ingin membuat gambar WPAP.
  5. Memungkinkan kamu untuk membuat banyak artboard di dalam satu file
  6. Cocok untuk membuat PDF dengan cara menggabungkan banyak artboard.
  7. Dapat menyimpan gambar sesuai artboard.

Kekurangan Illustrator

Berikut beberapa kekurangan dari Illustrator:

  1. Untuk memotong gambar atau shape tidak sepraktis Photoshop.
  2. Tidak disarankan untuk membuat digital painting di sini, terutama gaya realis.
  3. Beberapa kombinasi tools terbilang rumit. Kamu perlu eksplorasi aplikasi ini beberapa waktu sebelum akhirnya mahir menggunakan setiap tools-nya.

Paint Tool SAI

Buat kamu yang gemar menggambar gaya manga, pasti tahu dong aplikasi menggambar yang satu ini?

Paint Tool SAI adalah aplikasi melukis digital yang sangat ringan. Cocok buat kamu yang baru terjun ke dunia digital painting. Saking ringannya, di sini UI-nya memungkinkan kamu membuka beberapa file secara bersamaan dan tidak nge-lag, GenK.

Beberapa fitur yang umumnya ada pada software untuk menggambar tentu memiliki fitur teks, gradien, dan lain-lain. Ini berbeda dengan fitur yang disediakan SAI, karena aplikasi ini hanya berfokus pada proses menggambar dan melukis digital. Makanya pada proses finalisasi, beberapa ilustrator lebih memilih untuk mengkombinasikannya dengan aplikasi lain.

Kelebihan SAI

Berikut adalah kelebihan dari aplikasi SAI:

  1. Aplikasinya ringan, sehingga anti lag.
  2. Cocok banget membuat digital painting untuk pemula, karena pengaturan brush dan warna yang disediakan sangat simpel.
  3. Desain UI yang tidak membingungkan.
  4. Bisa membuat pengaturan opacity garis. 
  5. Bisa membuat tingkat kelenturan garis. Misalnya kamu ingin membuat garis lurus tanpa bantuan kombinasi keyboard. Kamu tidak perlu takut jika garis yang kamu buat tidak lurus, karena sudah ada pengaturannya, GenK. Mau gambar manga pun gak jadi masalah.

Kekurangan SAI

Ini dia beberapa kekurangan aplikasi SAI:

  1. Desain UI yang membosankan.
  2. Harga yang diberikan terlalu mahal jika dibandingkan dengan fitur menggambar yang disediakan.
  3. Tidak cocok untuk membuat vector art.
Baca Juga   10 Perkembangan Teknologi di Indonesia dari Dulu hingga Kini

Clip Studio Paint

Software para seniman untuk menggambar dan melukis.

Itulah slogan dari Clip Studio Paint

Aplikasi menggambar yang satu ini memiliki kemampuan yang tinggi jika berhubungan dengan dunia digital painting. Aplikasi ini disenangi banyak kreator andal yang berkecimpung di bidang komik, ilustrasi, animasi, dan game. 

Karena di dalam aplikasi ini terdapat brush alami yang bisa kamu modifikasi tanpa batas. Pada pena brush ada pendeteksi tekanan untuk menghasilkan goresan yang alami dan tampak realistis. Sehingga kamu dapat membuat apapun yang kamu inginkan dan dengan cara yang kamu suka.

Software untuk menggambar ini hadir dalam versi Pro dan EX yang lebih canggih. Jika kamu tertarik, kamu dapat mencoba masa percobaan selama 30 hari, GenK. Dapat kamu install di Windows maupun mac OS hanya dalam satu kali pembayaran.

Kelebihan Clip Studio Paint

Ini dia keuntungan yang bakal kamu dapat jika menggunakan Clip Studio Paint:

  1. Cocok untuk membuat digital painting.
  2. Memang dirancang untuk menggambar dan melukis digital. 
  3. Bagus untuk membuat detail gambar, karena brush-nya memungkinkan kamu untuk membuat goresan yang alami dan tampak nyata.
  4. Ribuan model brush dapat disesuaikan dengan gaya desain kamu sehingga lebih fleksibel.
  5. Memiliki fitur untuk membuat komik, ilustrasi, concept art, dan lain-lain.

Kekurangan Clip Studio Paint

Berikut adalah kelemahan dari Clip Studio Paint:

  1. Menyajikan desain UI yang rumit, sehingga membutuhkan waktu untuk mempelajari aplikasi ini.
  2. Tidak bisa digunakan untuk membuat jenis vector art.

Procreate

Procreate adalah perangkat lunak editor grafis untuk menggambar dan melukis digital. Memungkinkan kamu untuk menggambar di smartphone. Aplikasi ini dikembangkan dan dirilis oleh Savage Interactive. 

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk iOS, karena sengaja dirancang untuk memungkinkan para seniman merancang gambar di iPad. Sudah diluncurkan sejak tahun 2011 di App Store. Cocok untuk seniman pemula sampai profesional sekalipun, GenK.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk color correction, bekerja dengan ratusan layers, membuat masking, dan blend mode. Bahkan baru-baru ini mereka menambahkan fitur text tools yang canggih. Sehingga menjadi pilihan untuk banyak seniman digital.

Kelebihan Procreate

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Procreate:

  1. Bagus untuk membuat gambar dan lukisan digital yang realistis.
  2. Memiliki full support jika ingin dikombinasikan dengan format PSD.
  3. Dapat memilih lebih dari 130 jenis brush untuk membuat berbagai macam goresan. Bahkan kamu dapat membuat model brush sendiri loh.
  4. Terdapat pengaturan color correction, sehingga tidak perlu bingung jika ingin merubah warna gambar.
  5. Memungkinkan kamu bekerja dengan banyak layer tanpa perlu ribet, GenK.
  6. Ada fitur selection dan transform yang memudahkan kamu untuk memindah dan mengedit layer sesuka hati.
  7. Menyajikan desain interface yang stylish dan modern.

Kekurangan Procreate

Berikut adalah kekurangan dari aplikasi Procreate:

  1. Hanya bisa digunakan untuk iPad.
  2. Akan sulit digunakan jika kamu tidak terbiasa menggambar di iPad.
Baca Juga   5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

CorelDRAW

Perangkat lunak grafis CorelDRAW sudah ada sejak lama, maka dari itu pasti kamu sudah gak asing lagi, GenK. 

CorelDRAW adalah suatu perangkat lunak editor untuk grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel. Saat ini sudah ada CorelDraw X8 yang merupakan versi terbarunya. 

Sebenarnya aplikasi ini pernah dikembangkan untuk mac OS, tetapi proyeknya sempat berhenti di tengah jalan. Namun dengan rilisan terbarunya pada tahun 2019, Corel mengumumkan bahwa ada peluncuran aplikasi di Mac. Tentunya dengan dukungan touch bar, GenK.

Kelebihan CorelDRAW

Ini dia keuntungan yang bakal kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi CorelDRAW:

  1. Ada PowerTRACE yang mengubah bitmap menjadi vektor. Sehingga cocok untuk membuat vector art di sini. PowerTRACE adalah fitur yang dapat kamu gunakan untuk membuat vektor secara otomatis.
  2. Tools-nya sangat mudah dipahami untuk pengguna. Cocok buat kamu yang masih pemula dalam dunia menggambar dan melukis digital.
  3. Selain untuk membuat vektor, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit foto dan tulisan. Jadinya paket lengkap deh.

Kekurangan CorelDRAW

Ini dia kekurangan dari aplikasi CorelDRAW:

  1. Tidak cocok untuk membuat digital painting.
  2. Mahalnya harga untuk berlangganan.
  3. Desain UI yang membosankan.
  4. Ketidaksesuaian warna pada layar dengan hasil cetak.


Dari penjelasan seputar beberapa aplikasi menggambar yang sudah kami jelaskan di atas, manakah yang yang menarik perhatianmu, GenK? Sebenarnya gonta-ganti aplikasi itu bukan masalah. Karena yang terpenting adalah tingkat kenyamanan kamu saat menggunakan aplikasi tersebut.

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

3 Tools Wajib untuk UI Design yang Bisa Kamu Akses Gratis

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Drone Murah Harga di Bawah 2 Juta

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Situs Cek Plagiat Online Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

6 Aplikasi Edit Foto di Android dan iPhone untuk Food Photography

Game dan Teknologi

5 Aplikasi 3D Modelling untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android dan iPhone

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Time Lapse Android dan iPhone

Game dan Teknologi

4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game dan Teknologi

10 Rekomendasi Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

Game dan Teknologi

4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

Game dan Teknologi

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Game dan Teknologi

8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Game dan Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game dan Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Game dan Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Game dan Teknologi

Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link