fbpx

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
aplikasi presentasi

PowerPoint merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat presentasi. Namun, ternyata masih ada aplikasi presentasi lain di luar sana yang bisa diandalkan loh. Yuk kita lihat sama-sama daftar aplikasinya!

Membuat presentasi sudah menjadi tugas mutlak ketika kamu kuliah atau masuk dunia kerja. Menyajikan informasi lewat slide presentasi akan mempermudah pekerjaan kamu, GenK. 

Tantangannya adalah kamu tidak tidak hanya dituntut untuk menyampaikan informasi dengan jelas, tetapi juga harus bisa membuat presentasi yang visualnya menarik. Nah, akan lebih baik lagi jika keduanya digabungkan, GenK.

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

aplikasi presentasi 1

Ilustrasi sedang presentasi (sumber: pexels.com)

Microsoft PowerPoint menjadi software yang paling umum digunakan untuk menyajikan slide. Tapi tahukah kamu kalau di luar sana ada banyak aplikasi untuk presentasi yang tak kalah andal darinya?

Di zaman yang serba cepat ini, kamu bakal membutuhkan aplikasi presentasi gratis dan bisa diakses secara online. Makanya beberapa aplikasi ini akan sangat membantu banget buat kamu yang punya rutinitas hectic setiap harinya.

Berikut adalah 5 aplikasi presentasi selain PowerPoint yang bisa menjadi alternatif untuk kamu pakai. Ayo disimak, GenK!

Baca Juga   Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

1. Prezi, Aplikasi Presentasi Non-Linear

Bosan dengan tampilan slide yang itu-itu saja?

Mungkin kamu harus mencoba Prezi

Prezi adalah aplikasi untuk menyajikan informasi yang menawarkan desain seperti mind map yang bersifat non-linear. Ini akan sangat berguna, karena membuat mind map untuk mengembangkan ide memang pilihan yang tepat. Tidak ada batas yang mengekangmu ketika melakukan brainstorming ide.

Jika kamu lebih nyaman menyampaikan informasi ala peta pikiran, gunakanlah aplikasi Prezi. 

Layaknya sebuah kanvas, aplikasi ini memungkinakan kamu untuk mengatur dan melihat presentasi secara keseluruhan. 

aplikasi presentasi 2

Contoh mengedit di Prezi (sumber: crackedable.com)

Di aplikasi ini sudah tersedia template gratis beserta teks, simbol, grafik, foto, video, dll. Kemudian kamu juga bisa mengatur alur slide layaknya storytelling. Misalnya dari cabang peta pikiran satu ke cabang lainnya. 

Namun, Prezi akan sulit digunakan jika kamu tidak terbiasa mengerjakan tugas dengan pola mind map, karena di setiap percabangan ide akan ada detail yang agak rumit.

Selain itu tidak semua presentasi cocok dibuat dengan aplikasi ini. Misalnya presentasi yang sifatnya formal yang lebih cocok jika disampaikan dalam bentuk statis dan tidak terlalu banyak efek transisi.

2. Google Slides, Proyek Kelompok Jadi Lebih Mudah

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Google Slides yang merupakan rangkaian aplikasi Google Apps. 

Google Slides adalah aplikasi untuk presentasi yang bisa dilakukan secara online dapat dikerjakan dalam sistem kolaborasi bersama orang lain dengan cara log in lewat akun Google masing-masing.

Aplikasi ini akan sangat berguna jika kamu sedang mengerjakan proyek kelompok secara online. Tidak perlu pindah-pindah laptop, karena semua orang bisa mengaksesnya hanya dari link yang dibagikan.

aplikasi presentasi 3

Contoh desain presentasi menggunakan Google Slides (sumber: graphicmama.com)

Di aplikasi ini sudah tersedia template yang bisa kamu edit lagi warna dan semua komponen yang ada di dalamnya.

Mau memasukkan teks dengan jenis-jenis font yang kece, foto, animasi, video, grafik, efek transisi slide dan catatan tambahan seperti di Google Documents? Semua bisa kamu lakukan di sini, GenK. 

Yakin masih mau mengabaikan kecanggihan Google Slides?

Baca Juga   7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

3. Canva, Membuat Slide dengan Puluhan Grafik dan Font Menarik

Canva adalah aplikasi presentasi online yang akan kami bahas berikutnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan template, font, simbol, dan chart yang bisa kamu gunakan secara gratis. Jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat grafik sendiri, GenK.

Caranya sangat mudah. Pilih menu yang ingin kamu tambahkan ke dalam slide. Misalnya kamu ingin menambahkan tulisan. Cukup ketik jenis font yang kamu inginkan di kolom pencarian. Praktis banget!

aplikasi presentasi 4

Contoh desain chart di Canva (sumber: zapier.com)

Aplikasi presentasi ini menyediakan fasilitas untuk membuat CV yang menarik, cover buku, poster, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga membuat slide presentasi loh. Cukup save datanya di device kamu dan sudah bisa langsung pakai deh. Hasilnya bisa kamu publikasian secara langsung saat presentasi atau dibagikan lewat link.

Untuk membuat Power Point kreatif, tinggal kamu modifikasi saja jenis hurufnya, background, warna, dan komponen desain lainnya. Buat slide semenarik mungkin. Materi yang berat sekalipun akan terasa menyenangkan jika disampaikan dengan visual kreatif.

Akan tetapi ada beberapa fitur yang baru bisa kamu gunakan jika sudah  berlangganan. Jadi tidak semua fitur bisa kamu akses secara gratis, GenK.

4. Zoho Show, Aplikasi untuk Streaming Presentasi

Zoho Show adalah aplikasi untuk presentasi dengan model tradisional. Bahkan tampilan desain UI-nya tidak jauh berbeda dari PowerPoint loh

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu log in dulu, GenK. Bisa lewat Facebook dan Google. Kemudian baru deh kamu bisa mengakses fiturnya. 

aplikasi presentasi 5

Contoh mengedit presentasi di Zoho Show (sumber: zoho.com)

Di aplikasi ini, kamu bisa menambahkan slide baru, mengganti desain template, memasukkan foto, video, dan masih banyak lagi. Sama seperti Google Slides, di sini kamu bisa mengundang rekan kerjamu untuk edit dan review konten. Mereka juga bisa menyelipkan komentar loh, maka proyek kelompok jadi lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa menyiarkan tayangan slide kamu secara online dan ada live chat yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan audiens. Wah canggih banget!

Sayangnya, beberapa desain template gratis dari Zoho Show terkesan kaku. Namun semuanya bisa diakali dengan menyusun desain slide ala kamu sendiri, GenK.

Baca Juga   Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

5. Slidebean

Aplikasi untuk presentasi yang terakhir akan kami bahas adalah Slidebean.

Slidebean adalah software presentasi yang didukung oleh kecerdasan buatan. Cocok banget digunakan ketika kamu ingin membuat slide presentasi secara online. Bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Serba praktis!

Di dalamnya sudah tersedia sistem yang mampu menganalisis konten dan membuat keputusan yang kemudian dioptimalkan secara otomatis untuk merancang slide buatanmu, GenK. 

aplikasi presentasi 6

Contoh template di Slidebean (sumber: visme.co)

Ada banyak fitur mengejutkan yang ditawarkan oleh Slidebean. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakannya sebagai aplikasi presentasi alternatif selain PowerPoint.

Di dalamnya terdapat gambar dan GIF yang bisa kamu masukkan ke dalam slide presentasi, GenK. Sehingga slide-mu jadi jauh lebih menarik dibandingkan dengan slide yang statis. 

Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat marketing plan, company profile, business plan, dan masih banyak lagi kegunaannya, terutama untuk startups.


Itu dia 5 rekomendasi aplikasi presentasi selain PowerPoint yang bisa menjadi pilihan alternatif ketika kamu ingin menyajikan sebuah informasi kepada publik. Kira-kira kamu mau coba yang mana nih, GenK?

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

3 Tools Wajib untuk UI Design yang Bisa Kamu Akses Gratis

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Drone Murah Harga di Bawah 2 Juta

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Situs Cek Plagiat Online Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

6 Aplikasi Edit Foto di Android dan iPhone untuk Food Photography

Game dan Teknologi

5 Aplikasi 3D Modelling untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android dan iPhone

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Time Lapse Android dan iPhone

Game dan Teknologi

4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game dan Teknologi

10 Rekomendasi Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

Game dan Teknologi

4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

Game dan Teknologi

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Game dan Teknologi

8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Game dan Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game dan Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Game dan Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Game dan Teknologi

Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link