5 Rekomendasi Aplikasi Time Lapse Android dan iPhone

Dibaca Normal: 4 menit aja
time lapse adalah

Time lapse adalah jenis video yang masih sering digunakan sampai sekarang, misalnya untuk transisi film dan konten video dokumenter alam. Kamu bisa membuatnya di ponsel lewat 5 aplikasi time lapse di Android dan iPhone. Yuk simak apa saja aplikasinya, GenK.

Apa Itu Time Lapse?

Time lapse adalah sebuah teknik fotografi yang mengambil gambar atau video menggunakan interval waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk menampilkan beberapa frame foto dalam satu momentum dan sudut pandang.

Misalnya kamu merekam satu adegan yang ditangkap dengan kecepatan 1 fps (frame per second). Kemudian kamu merekam sekuens dari adegan tersebut sebanyak 30 buah. Nantinya semua itu akan menjadi 30fps jika disusun menjadi time lapse.

Contohnya seperti video matahari terbit sampai terbenam, jalanan perkotaan di malam hari, bunga yang tumbuh sampai mekar, dan lain sebagainya.

Aplikasi Time Lapse Android dan iPhone

Gak hanya dengan kamera DSLR, membuat time lapse juga bisa dilakukan dengan menggunakan kamera ponsel loh. Ini termasuk ke salah satu mobile photography, GenK. Gunakan 5 aplikasi time lapse berikut yang bisa langsung kamu unduh di PlayStore dan AppStore. Yuk kita simak satu per satu, GenK!

1. Time Lapse Camera

Aplikasi Time Lapse 1

Time Lapse Camera

Aplikasi time lapse Android yang pertama kami bahas adalah Time Lapse Camera yang dirilis pada 17 November 2016 dan dikembangkan oleh TimeLapse Studio. Hingga sekarang, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1.000.000 pengguna loh.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video yang memukau dan mempublikasikannya di YouTube dengan cara yang super praktis. Apalagi dengan desain UI-nya yang simpel dan mudah dioperasikan oleh pemula tanpa menghilangkan tombol-tombol penting.

Supaya tidak garing, tambahkan musik ke dalam foto atau video, karena di dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk menambahkan musik favoritmu ke dalam time lapse secara gratis.

Mulai sekarang, abadikan momen matahari terbenam dengan aplikasi ini, GenK. Mau bikin video pun jadi gak perlu terganggu dengan munculnya pop-up iklan. Cobain, GenK!

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

2. Framelapse Pro

Aplikasi Time Lapse 2

Framelapse Pro

Berikutnya kami merekomendasikan aplikasi time lapse Framelapse Pro yang punya fitur menakjubkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Neximo Labs ini memungkinkan kamu untuk merekam video time lapse dengan mudah dan mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi.

Kalau dari segi interface, desain UI-nya juga sederhana dan mudah dioperasikan. Benar-benar gak ngebosenin meskipun kamu menggunakannya berjam-jam. 予

Nah, kalau masalah fitur sih tidak perlu ditanya. Ada beragam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, seperti frame interval untuk mengatur kecepatan gambar, pengaturan durasi video untuk berhenti merekam secara otomatis (self timer), bisa melakukan gambar, menentukan titik fokus, white balance, efek warna, merotasi video, dan lain sebagainya.

Wah sudah seperti paket lengkap buat kamu yang baru mulai belajar mobile photography nih.

3. Lapse It

Aplikasi Time Lapse 3

Lapse It

Time lapse adalah teknik fotografi yang memungkinkan kamu untuk mempercepat video. Misalnya seperti pergerakan awan, kehidupan hewan di hutan belantara, dan lain-lain, semuanya bisa kamu lakukan dengan aplikasi Lapse It.

Lapse It merupakan aplikasi time lapse yang dikembangkan oleh Interactive Universe dengan keunikan dan kekuatannya tersendiri yang memungkinkan kamu membuat video spektakuler dengan cepat.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa kamu unduh di Android, padahal fitur yang ditawarkan sangatlah beragam, seperti memotret dengan full sensor, kecepatan render video meski yang Full HD sekalipun, bisa mengedit foto dari DSLR atau GoPro, membuat versi slow motion atau fast motion, menambahkan musik, dan mempercepat time lapse sampai 240x. Pokoknya kamu gak bakal rugi, GenK.

Baca Juga
Praktisnya Membuat Opening Video Online lewat 5 Situs Web Berikut!

4. Hyperlapse from Instagram

Aplikasi Time Lapse 4

Hyperlapse from Instagram

Sekarang saatnya kami membagikan aplikasi time lapse buat pengguna iOS nih, namanya Hyperlapse from Instagram. Kalau kamu ingin membuat time lapse dengan aplikasi yang sederhana, gunakanlah Hyperlapse.

Sekadar informasi, di sini kamu bisa merekam video tanpa memerlukan tripod. Kok bisa? Yap, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang membuat gambar jadi stabil secara otomatis, bahkan tanpa menggunakan stabilizer sekalipun.

Mau merekam sambil naik motor pun gak bakal shaky, GenK. Kamu jadi lebih bebas saat proses syuting dan tidak perlu repot-repot membawa peralatan mahal lainnya. Ini sangat cocok buat kamu yang ingin mendapatkan tampilan cinematic dalam waktu singkat.

Adapun fitur lain yang ditawarkan, seperti mempercepat time lapse hingga 12x dan membagikan videomu ke Instagram dan Facebook kapan saja dan di mana saja tanpa perlu log in di Instagram.

5. iMotion

Aplikasi Time Lapse 5

iMotion

Aplikasi time lapse iPhone yang berikutnya adalah iMotion yang cocok untuk membuat video 4K UHD, 1080p, dan 720p dari ponselmu yang bisa langsung diunggah ke YouTube. Bisa digunakan pada iPhone, iPad, dan iPodTouch.

Di sini kamu dapat melakukan pengambilan gambar lewat kamera depan dan kamera belakang. Kemudian kecepatan videonya juga bisa diatur hingga 10fps dengan panjang video yang tidak terbatas.

Nah, untuk mempercantik tampilan video, cobalah untuk mengatur dari sisi pencahayaan seperti exposure, white balance, dan manual fokus. Tak lupa masukkan juga soundtrack audio ke dalam video yang bisa langsung import dari iPod.

Kalau sudah beres tinggal export saja hasil time lapse-mu ke dalam bentuk video, foto, atau GIF. Kemudian bagikan karyamu tersebut lewat iTunes, Facebook, dan YouTube.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Game & Teknologi

7 Fitur Teranyar Android 10, Bisa Bikin Caption Otomatis Loh!

Game & Teknologi

6 Mobile Game Paling Ditunggu Tahun 2020

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link