5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

Dibaca Normal: 4 menit aja

Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk membuat resolusi baru selama satu tahun ke depan demi kehidupan yang lebih baik. Misalnya kamu ingin menabung sejumlah uang, membeli rumah, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya. Untuk dapat mewujudkannya tidaklah mudah, dibutuhkan konsistensi agar goals semakan mudah tercapai. Di sini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi untuk mewujudkan resolusi di tahun 2020. Siapa tahu dengan bantuan aplikasi akan tercipta kebiasaan baru yang lebih positif. Penasaran apa saja aplikasinya? Mari kita simak daftarnya dari yang pertama.

1. Habitica: Gamify Your Tasks

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Tampilan aplikasi Habitica (sumber: Apple)

Apakah kamu seorang gamer? Kalau iya, berarti aplikasi Habitica sangat cocok untuk tracking kebiasaanmu saat beraktivitas sehari-hari. Habitica adalah aplikasi untuk meningkatkan produktivitas di Android dan iOS yang dikembangkan oleh HabitRPG Inc. Aplikasi yang dirilis sejak 10 Desember 2015 ini memungkinkan kamu untuk membuat daftar kegiatan dengan mengubahnya menjadi model RPG klasik 8-bit dengan visual yang tentunya lebih menarik. 

Cara menggunakannya cukup simpel. Pertama-tama buka aplikasi produktif Habitica, pilih model karakter RPG favoritmu, kemudian tambahkan tugas atau kebiasaan-kebiasaan yang dikelompokkan menjadi kebiasaan positif dan kebiasaan negatif. Daftar tugas dan kebiasaan ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga kategori, yakni: Habits, Dailies, dan To-Dos. Nah, untuk meningkatkan kekuatan karaktermu, kamu harus menyelesaikan beberapa daftar kebiasaan positif dan menghindari kebiasaan negatif. Kumpulkan poin, gold, dan mana apabila kamu melakukan kegiatan positif.

UPDATES

Slider

2. Strides: Habit Tracker

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Tampilan aplikasi Strides (sumber: Apple)

Strides adalah aplikasi dikembangkan dan dirilis oleh Goals LLC di iOS untuk mendata kebiasaan sehari-harimu. Aplikasi untuk mewujudkan resolusi ini lebih dari sekadar tracker yang ada pada umumnya loh. Strides membagi kegiatanmu ke dalam empat kategori, yaitu: Habis, Target, Average, dan Project. Masing-masing kategori memiliki cara kerja yang berbeda dan dapat dipilih tergantung kebutuhanmu. Kira-kira apa perbedaan dari tiap kategori tersebut yah? 

Habit termasuk yang paling sederhana, karena kamu hanya perlu memberi tanda “Yes” atau “No” pada kebiasaan positif dan negatif. Target melibatkan nilai-nilai dari goals kamu tahun ini yang kemudian ditunjukkan hasil tracking-nya. Kemudian ada kategori Average yang memberikan informasi seberapa lama waktu yang kamu gunakan untuk melakukan suatu aktivitas, misalnya untuk belajar atau tidur. Sedangkan kategori Project menunjukkan sudah berapa persen kemajuanmu untuk mewujudkan resolusi di tahun ini.

Baca Juga
Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

3. Done: A Simple Habit Tracker

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Desain UI aplikasi Done (sumber: Apple)

Sesederhana nama aplikasinya, kamu pasti menginginkan semua tugasmu Done atau terselesaikan. Done adalah aplikasi di iOS yang berguna untuk membuat daftar tugas atau kebiasaan yang kamu lakukan setiap harinya. Aplikasi yang dikembangkan oleh treebetty LLC ini memiliki fitur utama yang memukau, yaitu grafik horizontal yang digunakan untuk tracking aktivitas beserta perkembangannya. Kamu dapat membagi kebiasaan menjadi dua kategori, yakni kebiasaan positif dan kebiasaan negatif. 

Untungnya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat beberapa daftar tujuan dan kebiasaan dalam satu hari sehingga kamu tidak perlu terpaku pada satu tujuan atau kebiasaan saja yang harus dipenuhi. Ada pun fitur lain yang tak kalah kece, yaitu menulis jurnal agar kamu dapat menambahkan beberapa catatan.

Baca Juga
5 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

4. Google Calendar

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Desain UI aplikasi Google Calendar (sumber: idntimes.com)

Aplikasi untuk mewujudkan resolusi yang berikutnya adalah Google Calendar. Tidak seperti kalender yang otomatis terpasang di perangkat ponselmu, Google Calendar harus kamu download dan install dulu di Play Store. Aplikasi Android yang dikembangkan oleh Google LLC ini sudah diunduh lebih dari 1.000.000.000+ pengguna loh. Apakah kamu tertarik menjadi salah satunya?

Selain berguna sebagai kalender, Google Calendar juga memiliki fitur lain yang berguna untuk membentuk kebiasaan baru. Terdapat banyak pilihan kebiasaan, seperti olahraga, manajemen waktu, sampai jadwal kumpul-kumpul dengan keluarga dan sahabat. Dengan mencantumkannya di Google Calendar, kamu jadi tahu seberapa sering kamu melakukan kegiatan tersebut. Semuanya bisa kamu dapatkan secara gratis loh, sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk hidup yang lebih baik di tahun ini.

Baca Juga
5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

5. New Habit: Good Habit Maker & Bad Habit Breaker

Tampilan aplikasi New Habit (sumber: idntimes.com)

Apakah kamu ingin hidup sehat dan menyingkirkan kebiasaan buruk? Gunakan bantuan New Habit deh. New Habit adalah aplikasi untuk mewujudkan resolusi yang dapat kamu download dan install di Android. Perubahan dapat terjadi dari kebiasaan, kamu perlu membuat daftar kegiatan positif yang dilakukan sehari-hari. Apabila kegiatan ini dilakukan terus-menerus akan berubah menjadi kebiasaan baik.

New Habit menawarkan berbagai fitur yang berguna untuk menunjang kebiasaan baik guna tercapainya resolusimu. Seperti data statistik kebiasaan positif yang berhasil kamu kerjakan dalam jangka waktu tertentu. Supaya makin semangat, kamu bisa melihat contoh statistik kebiasaan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh terkenal. Dapatkan inspirasi dari orang-orang terkenal dunia seperti Stephen King, Lionel Messi, Albert Einstein, dan masih banyak lagi.

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk mewujudkan resolusi di atas bisa menjadi alat yang sangat membantu loh. Ubah hidupmu menjadi lebih baik dengan bantuan aplikasi di atas, maka goals kamu di tahun ini sangat mungkin tercapai. 

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Game & Teknologi

Samsung Z Flip, Nostalgia Ponsel Lipat dengan Tampilan Kekinian

Game & Teknologi

7 Cara Merawat Baterai HP Biar Awet dan Tahan Seharian

Game & Teknologi

Berani Uji Nyali? Cobain 7 Game Horor Android Terbaru Ini

Game & Teknologi

Xbox Series X: Si Konsol Gaming Teranyar dengan Spesifikasi Gahar

Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link