Zao, Aplikasi Face Swap dari China yang Menggemparkan Netizen

Dibaca Normal: 4 menit aja
aplikasi zao

Setelah FaceApp, baru-baru ini ada lagi aplikasi face swap yang viral di media sosial. Zao App, merupakan aplikasi face swapping buatan China yang bisa digunakan untuk mengubah wajah pengguna menjadi wajah aktor, penyanyi, pesepak bola, atau pesohor lainnya. Kalau kamu pengguna Twitter pasti sering banget melihat hasil editan video ini berseliweran di timeline-mu.

Namun kecanggihan fitur yang ditawarkan oleh Zao App ternyata membawa pro dan kontra netizen, karena sebagian orang meyakini bahwa aplikasi ini dapat mengancam privasi penggunanya. Eits, sebelum menilai sesuatu, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa pengertian deepfake dan bagaimana sih cara kerja aplikasi Zao. Simak informasi selengkapnya, yuk!

Apa Itu Deepfake?

Aplikasi edit video saat ini sudah canggih banget, karena kamu bisa memanipulasi wajah jadi terlihat tirus, menghilangkan kerutan, mengubah warna rambut, menjenjangkan kaki, dan lain sebagainya. Menariknya, semua hasil manipulasi gambar tersebut terlihat asli. Banyaknya perusahaan teknologi yang menyediakan fitur ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya, padahal konten semacam ini termasuk konten deepfake.

Deepfake adalah video rekayasa atau materi digital yang dibuat oleh kecerdasan buatan/AI super canggih sehingga mampu merekayasa gambar dan suara agar terlihat dan terdengar asli dengan menggunakan referensi material yang sudah ada. Lalu bagaimana cara membuat konten deepfake? Asalkan punya gadget canggih dan akses internet kamu bisa membuat konten deepfake kapan saja dan di mana saja.

Zao, Aplikasi Deepfake yang Viral di Media Sosial

Apa itu Zao App? Zao adalah aplikasi face swapping buatan China yang dikembangkan dengan teknologi AI. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Momo Inc, yang sebelumnya lebih dikenal dengan aplikasi untuk kencan online. Sekadar informasi nih, perusahaan ini sudah menjual sahamnya di bursa saham New York pada tahun 2014.

aplikasi zao

Tampilan aplikasi Zao (sumber: onyolo.co)

Aplikasi yang dirilis pada 30 Agustus 2019 ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna iOS pada 1 September 2019 kemarin. Banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi ini sampai membuat server mereka sempat down loh. Kejadian ini membuktikan tingginya antusiasme masyarakat yang penasaran dengan fitur face swap yang ditawarkan. Menariknya lagi, Zao App berhasil menduduki peringkat pertama di Chinese iOS App Store dan menjadi trending di Twitter dengan hastag #Zao dan #Deepfake.

Viralnya aplikasi deepfake ini membuat banyak orang penasaran, sebenarnya apa saja fitur Zao App? Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat emoticon pack menggunakan wajahmu secara online dan mengubah wajah tokoh di adegan film menjadi wajahmu, teman, atau idola. Sayangnya aplikasi ini belum bisa diunduh, karena Indonesia berada di luar zona negara yang diberlakukan pihak Zao App.

Baca Juga
Mengenal Teknologi Deepfake, Si AI Canggih Pengubah Wajah

Cara Menggunakan Zao App

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menggunakan Zao App sebenarnya mudah banget loh. Jika kamu pernah melihat hasil editan video di Zao, mereka menggunakan film-film lama yang kemudian wajah aktornya diubah menjadi wajah pengguna. Yap, di Zao App terdapat banyak cuplikan film yang kemudian dibagi lagi ke dalam beberapa jenis film. Ada film kolosal, drama, dan masih banyak lagi.

Namun untuk mengoperasikan fitur di Zao cukup merepotkan bila kamu tidak pandai berbahasa mandarin. Semua tombol di aplikasi tersebut menggunakan bahasa mandarin. Intinya sih, kamu hanya perlu memilih cuplikan film sesuai genre yang kamu sukai, kemudian tinggal ganti wajah aktor dengan wajah kamu sendiri. Berikut ini cara menggunakan Zao App yang sudah kami ringkas ke dalam poin-poin:

  1. Pertama-tama download Zao App
  2. Daftarkan email dan nomor teleponmu
  3. Kemudian kamu akan menerima OTP (one-time password) sebagai kode verifikasi ke nomor telepon yang kamu masukkan sebelumnya
  4. Masukkan OTP sesuai yang kamu terima, jangan sampai salah ketik yah
  5. Setelah kamu berhasil terdaftar sebagai pengguna, upload foto yang ingin kamu gunakan
  6. Pilih cuplikan video apapun yang ada di galeri ponselnya atau kamu dapat memilih template video yang tersedia di Zao App
  7. Setelah wajah di video berhasil diubah, sekarang kamu bisa share hasilnya kepada teman-temanmu di media sosial
Baca Juga
Tutorial Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

Pro dan Kontra Zao App

Download aplikasi Zao memang mudah, cara menggunakannya pun juga mudah, tapi tahukah kamu bahwa di balik aplikasi deepfake yang tengah viral diperbincangkan netizen ini ternyata menimbulkan pro dan kontra? Belakangan ini banyak pengguna yang sadar adanya bahaya yang mengintai di balik Zao App.

aplikasi zao

Contoh face swapping di aplikasi Zao (sumber: techzim.co.zw)

Apabila kita tinjau ulang dari cara kerja deepfake, teknologi ini bisa membuat konten tiruan hanya dengan mempelajari materi foto dan video dari berbagai sudut pandang untuk kemudian meniru dari gerak-gerik tubuh sampai gerak bibirnya. Tentu hal ini akan menjadi berbahaya jika disalahgunakan. Belum lagi saat meng-install aplikasi Zao, pihak pengembang aplikasi meminta pengguna untuk setuju menyerahkan seluruh hak kekayaan intelektual atas wajah pengguna kepada perusahaan pengembang aplikasi dan mengizinkan Zao bebas menggunakan foto pengguna untuk tujuan pemasaran.

Menanggapi hal itu, pihak Zao pun langsung memberikan konfirmasi dan klarifikasi di Weibo bahwa mereka akan mengatasi masalah tersebut. Mereka benar-benar memahami kecemasan yang dirasakan masyarakat tentang masalah privasi. Terhitung sejak 3 September 2019 pihak Zao resmi mengubah kebijakan yang sebelumnya dinilai membahayakan privasi pengguna. Setelah diperbaharui, syarat untuk memberikan seluruh kekayaan intelektual kepada pengembang aplikasi ditiadakan. Pihak Zao berjanji bahwa data-data wajah pengguna tidak akan disimpan dalam aplikasinya. Semua informasi pengguna yang tersimpan di aplikasi tersebut akan ikut hilang jika pengguna menghapus aplikasi Zao dari ponsel mereka.

Baca Juga
Tutorial Cara Mengedit Video untuk Membuat Efek Clone

Meski begitu kamu harus tetap waspada dengan hal-hal yang tidak diinginkan, karena sewaktu-waktu konten deepfake dapat menjadi alat bagi siapa pun yang ingin menyebarkan informasi palsu. Hal inilah yang membuat para peneliti semakin fokus untuk dapat mendeteksi konten deepfake dan membedakannya dengan yang asli.

Bagaimana tanggapanmu tentang aplikasi deepfake yang satu ini? Bermain edit video di aplikasi Zao memang seru, kapan lagi bisa mengganti wajah aktor menjadi wajahmu. Hasil editannya pun dibagikan kepada teman. Namun bijaklah dalam menyebarkan konten deepfake ini, jangan sampai disalahgunakan dan malah berujung merugikan orang lain atau dirimu sendiri.

Artikel Terkait
Game & Teknologi

6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Game & Teknologi

7 Fitur Teranyar Android 10, Bisa Bikin Caption Otomatis Loh!

Game & Teknologi

6 Mobile Game Paling Ditunggu Tahun 2020

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link