Game & Teknologi

Zao, Aplikasi Face Swap dari China yang Menggemparkan Netizen

aplikasi zao

Setelah FaceApp, baru-baru ini ada lagi aplikasi face swap yang viral di media sosial. Zao App, merupakan aplikasi face swapping buatan China yang bisa digunakan untuk mengubah wajah pengguna menjadi wajah aktor, penyanyi, pesepak bola, atau pesohor lainnya. Kalau kamu pengguna Twitter pasti sering banget melihat hasil editan video ini berseliweran di timeline-mu. 

Namun kecanggihan fitur yang ditawarkan oleh Zao App ternyata membawa pro dan kontra netizen, karena sebagian orang meyakini bahwa aplikasi ini dapat mengancam privasi penggunanya. Eits, sebelum menilai sesuatu, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa pengertian deepfake dan bagaimana sih cara kerja aplikasi Zao. Simak informasi selengkapnya, yuk!

Apa Itu Deepfake?

Aplikasi edit video saat ini sudah canggih banget, karena kamu bisa memanipulasi wajah jadi terlihat tirus, menghilangkan kerutan, mengubah warna rambut, menjenjangkan kaki, dan lain sebagainya. Menariknya, semua hasil manipulasi gambar tersebut terlihat asli. Banyaknya perusahaan teknologi yang menyediakan fitur ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya, padahal konten semacam ini termasuk konten deepfake.

Deepfake adalah video rekayasa atau materi digital yang dibuat oleh kecerdasan buatan/AI super canggih sehingga mampu merekayasa gambar dan suara agar terlihat dan terdengar asli dengan menggunakan referensi material yang sudah ada. Lalu bagaimana cara membuat konten deepfake? Asalkan punya gadget canggih dan akses internet kamu bisa membuat konten deepfake kapan saja dan di mana saja.

Zao, Aplikasi Deepfake yang Viral di Media Sosial

Apa itu Zao App? Zao adalah aplikasi face swapping buatan China yang dikembangkan dengan teknologi AI. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Momo Inc, yang sebelumnya lebih dikenal dengan aplikasi untuk kencan online. Sekadar informasi nih, perusahaan ini sudah menjual sahamnya di bursa saham New York pada tahun 2014. 

aplikasi zao

Tampilan aplikasi Zao (sumber: onyolo.co)

Aplikasi yang dirilis pada 30 Agustus 2019 ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna iOS pada 1 September 2019 kemarin. Banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi ini sampai membuat server mereka sempat down loh. Kejadian ini membuktikan tingginya antusiasme masyarakat yang penasaran dengan fitur face swap yang ditawarkan. Menariknya lagi, Zao App berhasil menduduki peringkat pertama di Chinese iOS App Store dan menjadi trending di Twitter dengan hastag #Zao dan #Deepfake. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

7 Rekomendasi Situs Penyedia Ilustrasi Gratis untuk Proyek Desainmu

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Instagram Story Ini Bisa Bikin Kamu Hits

Game & Teknologi

Game Android dengan Grafik Terbaik 2021, Kerennya Nggak Ada Lawan!

Game & Teknologi

7 Fakta Menarik tentang Facebook yang Jarang Diketahui, Kamu Wajib Tahu