fbpx

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
bahasa pemrograman

Kemampuan coding adalah salah satu skill yang paling dibutuhkan saat ini. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mulai belajar hal-hal dasar terkait dengan coding, dimulai dari bahasa pemrograman. Nah, di artikel ini kami sudah merangkum beberapa bahasa programming yang paling mudah dipelajari buatmu. Cekidot

Belajar coding bisa menjadi momok bagi kebanyakan orang yang baru mulai. Rumitnya sistem dan banyak karakter yang harus dihafalkan sudah menjadi bayang-bayang yang menghantui sebelum kamu bahkan mulai mencobanya.

Padahal, belajar coding akan menjadi lebih mudah kalau kamu tahu bahasa pemrograman yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu, GenK. Berikut ini kami sajikan pilihan bahasa programming yang cocok untuk pemula. 

1. Python 

bahasa pemrograman 1

Python (sumber: valuecodes.com)

Menduduki puncak teratas daftar programming language untuk pemula, kami merekomendasikan  Python. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu jenis yang paling sering direkomendasikan bagi para pemula yang baru saja memasuki dunia pemrograman. 

Jika program lain bisa membuatmu pusing tujuh keliling saat melihat kumpulan kodenya, maka berbeda dengan programming language ini. Python memiliki sintaks sederhana yang hanya terdiri dari beberapa baris kode serta dapat dibaca layaknya Bahasa Inggris biasa, bahkan oleh orang awam sekalipun. 

Python memiliki kekuatan pada fleksibilitas penggunaannya dalam berbagai fungsi. Sebut saja data mining, scientific computing, machine learning dan web development. Gak salah sepertinya jika Python dipilih menjadi bahasa pemrograman paling populer karena berbagai kelebihannya ini. 

Baca Juga   Mengenal 5 Startup Kecerdasan Buatan di Indonesia

2. JavaScript

bahasa pemrograman 2

JavaScript (sumber: boostlog.io)

Jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang software developer, maka JavaScript adalah hal pertama yang wajib kamu kuasai nih. Pesaing utama Python dalam urutan bahasa pemrograman paling mudah dipelajari ini kerap digunakan untuk memberikan efek interaktif pada web

Untuk urusan front-end development, serahkan saja pada JavaScript. Banyak website yang kamu gunakan sehari-hari seperti Instagram, Gmail, Spotify, Twitter, dan Facebook bergantung pada JavaScript untuk tampilan halamannya loh

Fitur utama yang menjadi keunggulan JavaScript adalah pada sintaksnya yang cukup sederhana. Kamu tidak perlu repot-repot mengkompilasi ulang kode jika ada perubahan pada set kode yang ingin kamu buat. Hasil efeknya pun juga bisa dijalankan saat itu juga, GenK. 

3. Ruby

bahasa pemrograman 3

Ruby (sumber: valid-computing.com)

Dikembangkan pertama kali oleh seorang programmer asal Jepang, Yukihiro Matsumoto, di pertengahan tahun 1990-an, Ruby membawa sistem bahasa programming yang super sederhana dan dapat digunakan serta dibaca dengan mudah oleh siapa saja. 

Ruby termasuk dalam kategori high-level language dan layaknya Python, bisa dipahami dengan sangat mudah karena kemiripan sintaksnya yang seperti Bahasa Inggris sehari-hari. Kamu tidak perlu menghafalkan banyak command atau kamus istilah programming khusus, GenK. 

Alasan utama yang membuat orang banyak jatuh cinta dengan programming language ini adalah full-stack framework, Ruby on Rails (RoR), yang turut dibawahinya. Banyak perusahaan raksasa seperti Airbnb, Shopify, dan Bloomberg yang membangun halaman web mereka menggunakan RoR.  

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

4. PHP 

bahasa pemrograman 4

WordPress (sumber: wordpress.org)

Bahasa  pemrograman lain yang juga terkenal user-friendly untuk para pemula adalah PHP atau disebut juga Hypertext Preprocessor. Buat yang tertarik untuk  menggeluti bidang web developing, PHP wajib hukumnya untuk kamu pelajari. 

Bahasa scripting ini secara khusus dibuat untuk kebutuhan web yang menjadikannya basis di banyak situs yang kamu kenal sekarang. Mulai dari Wikipedia, Facebook, Yahoo, serta web Content Management System terkemuka, WordPress, semuanya dibuat menggunakan PHP loh

PHP dapat berfungsi penuh dalam pembuatan web yang ditulis menggunakan HTML, manajemen server-side scripting, membuat template dan grafis, mengembangkan operasi desktop, serta masih banyak lagi. Kamu dapat memanfaatkan PHP untuk berbagai proses programming yang kompleks, GenK. 

5. Java 

bahasa pemrograman 5

Java (sumber: unixmen.com)

Ketika ditanya tentang bahasa pemrograman, tidak akan lengkap rasanya tanpa turut memasukan Java ke dalam diskusi topik. Eits, kamu jangan sampai salah kaprah, Java dan JavaScript adalah dua programming language yang berbeda yah. Namanya saja yang mirip. 

Bahasa pemrograman Java telah dikenal secara luas dan sudah menjadi standar umum dalam urusan pembuatan aplikasi. Termasuk semua aplikasi yang kamu gunakan di ponselmu, GenK, mau itu Android atau iOS sekalipun. 

Java memiliki kelebihan pada kemampuannya yang dapat digunakan di lintas platform. Kamu dapat melakukan coding menggunakan perangkat apa pun, kapan pun, dan dari mana saja. Kemudian tinggal di-compile menjadi low-level machine code dan siap untuk kamu jajal di berbagai platform menggunakan Java Virtual Machine (JVM). 

Baca Juga   Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

6. C Programming 

bahasa pemrograman 6

C programming (sumber: nareshit.com)

Buat kamu yang bermimpi menjadi seorang ahli di dunia programming, maka kamu mesti menguasai sang “Ibu” dari semua bahasa pemrograman, C. Hampir seluruh programming language yang ada saat ini memiliki elemen atau karakteristik yang diambil dari C programming.  

Meskipun bahasa yang satu ini sudah termasuk ke dalam kategori sulit untuk dipelajari, kamu bisa mendapat banyak manfaat setelah menguasai C programming. Belajar bahasa pemrograman lain seperti Java, C#, dan JavaScript akan terasa lebih ringan setelah kamu menguasai program ini.   

C programming sendiri memiliki versi upgraded yaitu C++ yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai aplikasi, sistem operasi, teknologi grafis, dan game development. Karena sudah termasuk dalam kategori low-level machine code, C programming memiliki sintaks yang jauh lebih kompleks dibanding bahasa pemrograman lain di daftar ini.  


Setelah sudah tahu macam-macam bahasa programming, sekarang kamu bisa langsung mencoba melatihnya melalui rekomendasi situs belajar coding yang pernah kami muat di artikel sebelumnya, GenK. 

Polling 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game dan Teknologi

10 Rekomendasi Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

Game dan Teknologi

4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Game dan Teknologi

8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Game dan Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game dan Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Game dan Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Game dan Teknologi

Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link