fbpx

8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
rekomendasi situs belajar coding

“Duh,pengen deh bisa tahu caranya coding, tapi aku kan bukan anak komputer.” Siapa yang pernah berniat untuk belajar coding? Atau mungkin sekadar ingin tahu?  Kamu ingin belajar coding, tapi takut dan bingung mau mulai dari mana. Tidak perlu gundah GenK, nih kami kasih rekomendasi situs belajar coding buat kamu! 

Belajar ilmu baru di zaman teknologi yang serba canggih ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Tidak perlu repot pergi keluar rumah, cukup duduk dengan santai di depan layar komputermu dan kamu sudah bisa langsung belajar berbagai macam skill dan bidang ilmu, salah satunya  adalah coding, GenK.

Setelah di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu coding, kali ini kami akan kasih kamu rekomendasi situs untuk kamu yang ingin belajar coding. Yuk langsung dicek!

1. Treehouse 

belajar coding 1

Treehouse (sumber: moneysaverblog.com)

Situs rekomendasi pertama dari kami buat belajar coding adalah Treehouse. Platform online ini menyediakan lebih dari 1,000 video yang dibuat oleh para ahli web design dan coding. Belajar coding dasar pastinya akan jadi lebih mudah untuk kamu yang baru akan memulai perjalanan di dunia coding

Setelah menyaksikan video yang tersedia, kamu bisa langsung menguji hasil belajarmu dengan mengambil kuis dan menyelesaikan tantangan coding interaktif. Tantangan yang dibuat sudah disusun sedemikian rupa agar para pelajar dapat menerapkan apa yang mereka pelajari untuk berbagai kebutuhan mereka nanti. 

Kalau sudah menyelesaikan kursus dan lulus ujian tes, kamu akan mendapatkan badge yang menandakan skill yang telah kamu kuasai dan bisa dipublikasikan secara luas untuk keperluan profesional. 

2. Khan Academy 

belajar coding 2

Khan Academy (sumber: dynomapper.com)

Lanjut ke situs berikutnya nih untuk belajar coding, Khan Academy. Kamu bisa langsung belajar dengan video instruksi praktis, personalized learning dashboard, dan tentunya modul untuk latihan. 

Para pelajar dapat menyesuaikan kecepatan pembelajaran yang tepat untuk mereka masing-masing tanpa terpaut pada waktu tertentu. Jadi tidak perlu khawatir akan tertinggal materi saat kamu memulai kursus online-mu di sini. 

Jutaan pelajar datang dari seluruh dunia untuk mengembangkan kemampuan coding mereka dengan materi yang bisa diterjemahkan ke dalam 36 bahasa. Siapa saja pasti bisa banget untuk menjajal platform ini. Termasuk kamu, GenK. 

Baca Juga   Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

3. Code School 

belajar coding 3

Code School (sumber: dynomapper.com)

Next, kami punya Code School buat kamu yang punya cita-cita jadi seorang developer berpengalaman. Kursus yang ditawarkan oleh Code School dibagi menjadi berbagai jalur yang berbasis teknologi. Kamu bisa mencoba jalur yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Beberapa pilihan bahasa programming yang ditawarkan di antaranya ada HTML/CSS, JavaScript, Ruby, Elixir, PHP, .NET, Python, iOS, Git, SQL, dan beberapa pilihan tambahan. Belajar bahasa programming tidak lagi jadi momok yang menakutkan karena instruktur berpengalaman akan membantu proses belajarmu. 

Sistem pembelajaran yang diterapkan adalah berbasis course challenge, di mana kamu akan ditantang untuk menyelesaikan tugas-tugas berbasis web yang nantinya akan langsung diberikan feedback oleh para instruktur. Setiap satu challenge yang terselesaikan, kamu akan mendapat insentif berupa poin dan juga badge sebagai tanda selesainya kursus. 

4. Coursera

belajar coding 4

Coursera (sumber: learntocodewithme.com)

Kalau platform berikut mungkin sudah cukup familiar bagi beberapa orang nih, yaitu Coursera. Sejak didirikan di tahun 2012, Coursera kini telah berkembang menjadi perusahaan pendidikan dan teknologi yang menawarkan lebih dari 1000 kursus dari 119 instansi. 

Kamu bisa memilih beberapa kursus pengenalan programming dari institusi terkemuka seperti Vanderbilt, University of Toronto, Stanford, dan University of Washington. Nanti kalau sudah lanjut ke tahapan yang lebih maju, kamu bisa memilih kursus advanced yang berbayar, GenK. 

Kursus di Coursera tersedia dalam Bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis, dengan subtitle Bahasa Inggris, Spanyol, dan Mandarin. Kursus lain terkait dengan bidang data science, bisnis, dan komputer juga ada loh di sini. Lengkap banget buat kamu yang ingin belajar banyak hal dari satu platform yang sama. 

Baca Juga   5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

5. Udacity 

belajar coding 5

Udacity (sumber: dynomapper.com)

Masih ada lagi nih situs rekomendasi belajar coding yang bisa kamu coba, GenK, Udacity. Keunikan yang ditawarkan oleh situs ini adalah program khusus yang disebut dengan nanodegree yang bekerja sama dengan perusahan teknologi raksasa seperti IBM, Google, Facebook, AT&T, dan IBM. 

Udacity memiliki misi untuk menyediakan pendidikan berkualitas untuk semua orang dengan akses yang mudah dan terjangkau tapi tetap berkualitas. Kamu dapat belajar dasar-dasar coding dimulai dari bahasa programming, Java, yang bisa diakses dengan gratis, GenK. Mantap kan! 

6. Code Avengers

rekomendasi platform 6

Code Avengers (sumber: dynomapper.com)

Fans The Avengers mana nih suaranya? Sekarang kamu bisa jadi superhero dengan kekuatan coding lewat situs Code Avengers, GenK. Kuasai kemampuan teknologi terkini dengan belajar layaknya seorang coder profesional. 

Code Avengers menyediakan lebih dari 1,000 coding challenge, kuis, dan video yang didukung oleh komunitas pembelajar dan tutor ahli. Kamu akan mulai dengan belajar membuat website dan aplikasi sederhana yang nantinya bisa berlanjut ke aplikasi siap pakai yang dapat kamu tunjukan ke sanak saudara, teman, dan bahkan ke perusahaan idamanmu. . 

Baca Juga   Mengenal Teknologi Wireless Charging

7. Codecademy 

rekomendasi platform 7

Codecademy (sumber: dynomapper.com)

Situs rekomendasi berikutnya yang populer buat belajar coding adalah Codecademy. Lebih dari 24 juta orang sudah belajar cara koding melalui platform ini, GenK. Ada lebih dari 300 jam konten coding gratis tersedia untukmu belajar mulai dari tingkat dasar ke level mahir. 

Kursus yang tersedia juga cukup beragam mulai dari pengenalan tentang programming sampai ke jenis bahasa pemrograman yang lebih maju. Belajar coding bisa dengan mudah kamu lakukan berkat pendekatan interaktif yang dipakai oleh para instruktur Codecademy, GenK. 

8. Udemy 

rekomendasi platform  8

Udemy (sumber: dynomapper.com)

Platform belajar online yang didirikan pada tahun ini 2010 ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar atau meningkatkan job skill. Kursus intensif bisa kamu dapatkan di Udemy dengan ragam pilihan paket, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. 

Jadi buat yang baru ingin mencoba belajar coding, kamu bisa memilih kursus beragam opsi kursus gratis yang tersedia sebelum memutuskan untuk mengambil paket kursus yang berbayar. Kamu juga bisa melihat rating kursus dari 1-5 bintang dan testimoni dari pembelajar lain yang telah mencobanya.   


Siapa bilang belajar coding itu sulit dan repot? Coba dulu beberapa situs rekomendasi kami di atas, GenK. Rasakan pengalaman yang berbeda untuk menjadi seorang coder handal! Selamat belajar! 

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

3 Tools Wajib untuk UI Design yang Bisa Kamu Akses Gratis

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Drone Murah Harga di Bawah 2 Juta

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Situs Cek Plagiat Online Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

6 Aplikasi Edit Foto di Android dan iPhone untuk Food Photography

Game dan Teknologi

5 Aplikasi 3D Modelling untuk Pemula Sampai Pro

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android dan iPhone

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Time Lapse Android dan iPhone

Game dan Teknologi

4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC

Game dan Teknologi

10 Rekomendasi Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

Game dan Teknologi

4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

Game dan Teknologi

Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Game dan Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Game dan Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Infografis Kece Gratis dan Berbayar

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game dan Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Game dan Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Game dan Teknologi

Mendesain Logo Lebih Mudah lewat 5 Aplikasi di Android Ini

Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link