Ciptakan Board Game-mu Sendiri dengan 5 Langkah Super Mudah!

Dibaca Normal: 3 menit aja
board game

Di tengah gempuran game digital, board game masih mampu mempertahankan eksistensinya. Saat ini bahkan sudah banyak restoran atau café yang mempererat pengunjungnya dengan board game. Beragam board game sudah disediakan seperti yang diantaranya cukup populer yaitu catur dan monopoli. Akan tetapi, board game tidak terbatas pada permainan tersebut. Kamu bisa mengembangkan board game sendiri untuk tujuan yang lebih bervariasi. Ada board game yang ditujukan untuk program edukasi, story telling, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat board game biar makin seru.

1. Tentukan Tema

Tentukan Tema board game

sumber : amazon.com

Tema adalah hal yang perlu kamu tentukan sebelum membuat board game lebih jauh. Memiliki tema yang tepat akan meminimalisir kamu untuk melenceng dari konsep yang dibuat. Kamu bisa memilih tema bebas seperti sains, hero, fantasi, lingkungan, dan lain-lain. Tema ini bisa kamu hadirkan sesuai kebutuhan. Misal jika kamu ingin membuat board game edukasi untuk anak-anak tentang lingkungan maka tentukan lingkungan apa yang ingin kamu angkat. Kamu bisa mengangkat tema lingkungan laut dan kampanye hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian laut.

2. Susun Mekanisme Permainan

Susun Mekanisme Permainan

sumber : emilykatherineevents.com

Jenis permainan board game memiliki mekanisme yang cukup berbeda dengan jenis permainan lain seperti card game dan yang lainnya. Board game memiliki mekanisme seperti press your luck, worker placement, roll and write, dice drafting, dan hand management. Mekanisme ini harus ditempatkan dengan tepat agar permainan jadi lebih seru dan tepat sasaran sesuai tujuan pembuatan board game. Kamu bisa menempatkan efek kejutan untuk peserta dalam beberapa tempat pada board game.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

3. Buat Alur Cerita Permainan

alur cerita

sumber : boardgamegeek.com

Setelah tema dan mekanisme sudah ditentukan, buat alur cerita permainan yang sesuai dengan tema. Misal dalam board game bertema lingkungan laut yang ingin dibuat, maka buat alur cerita tentang laut dalam setiap komponen board game. Kamu bisa menempatkan setiap pemain memerankan tokoh tertentu seperti pelaut, pebisnis, aktivis dan lain-lain. alur cerita yang menarik dan beragam akan membuat pemain betah untuk memainkannya.

Artikel Terkait
Game & Teknologi

5 Aplikasi Traveling Terbaik Untuk Solo Traveler, Kamu Harus Punya!

Game & Teknologi

8 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik untuk Android dan iPhone

Game & Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game & Teknologi

Ingin Punya Kalender Unik? Bikin Lewat 5 Aplikasi Ini Gratis Loh

Game & Teknologi

Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Game & Teknologi

Cuma Lima Langkah! Yuk, Cobain Cara Membuat Stiker WA Berikut Ini

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>