Game & Teknologi

Wajib Tahu! Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap 

whatsapp security

WhatsApp (WA) kini telah menjelma sebagai salah satu layanan pesan instan paling bergengsi dengan pengguna mencapai angka 1,5 miliar di seluruh dunia, setelah meraih kesuksesan sejak kali pertama diluncurkan pada tahun 2009 silam. Nggak cuma dipakai untuk menjalin komunikasi, WhatsApp juga sekarang ini dijadikan sebagai tempat para entrepreneur memasarkan produk-produk mereka. 

Nah, ngomongin tentang WhatsApp, ada satu hal yang kerap bikin penggunanya sedikit cemas yakni terkait keamanan datanya. Isu privasi ini memang sudah sejak lama membuat kita sebagai pengguna  was-was akan adanya kebocoran data dan informasi pribadi. Eits, Nggak usah takut dulu ya, yuk intip cara mengamankan akun Whatsapp-mu di bawah ini :

1. WhatsLock Jamin Keamanan Aplikasi di  Smartphone-mu

password-whatsapp

Aplikasi pertama yang bisa kamu unduh untuk keamanan WhatsApp-mu adalah WhatsLock yang ada di Google Store atau App Store. Salah satu keunggulan WhatsLock adalah fungsi yang ditawarkannya dalam mengamankan WhatsApp-mu, di mana mereka menggunakan sandi yang rumit untuk menjamin keamanan WhatsApp. Nah, setelah mengunduh aplikasi ini kamu akan diminta memasukkan sandi yang hanya diketahui oleh kamu seorang setiap akan membuka layanan pesan instan WhatsApp. Dan masih ada lagi fungsi yang ditawarkan WhatsLock, yakni mengunci aplikasi lain yang ada di smartphone-mu, seperti Kontak, Galeri atau pun media sosial lain.

2. Aktifkan Fitur Notifikasi Keamanan dengan Kode Khusus

kode whatsapp

Setiap kali kita chattingan dengan teman, WhatsApp punya kode khusus yang berupa barcode atau kode 60 digit. Nah, kalau fitur ini diaktifkan maka pemilik akun akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan kalau kode keamananmu bisa saja berubah lantaran kamu atau pun teman dalam kontak telah mengganti maupun menambahkan perangkat baru, meski yang mereka gunakan adalah nomor yang sama. Dengan begitu baik kamu atau temanmu bisa melacak hp seandainya ada orang yang mengaktifkan WhatsApp-mu melalui perangkat lain

3. Cek WhatsApp Web, Apakah Akunmu Di-Hack

whatsapp web

Cara mengamankan Whatsapp untuk mengetahui apakah akun WhatsApp telah di-hack atau tidak, coba buka akunmu pakai WhatsApp Web. Pasalnya, aplikasi sadap WhatsApp sama dengan cara kerja WhatsApp Web. Artinya, kalau kamu membuka WhatsApp Web dan ternyata bisa otomatis masuk tanpa diminta untuk melakukan scan barcode, wah, ada kemungkinan WhatsApp-mu sudah disadap. Untuk menghindari hal itu terjadi, pastikan kalau privasimu terjaga dengan sangat baik. Jangan sampai orang tak bertanggung jawab mengambil keuntungan melalui akunmu.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Program Software untuk Bisnis Kecil Biar Sistem Operasionalmu Lancar

Game & Teknologi

Buat Stiker Whatsapp Mudah Pakai 4 Aplikasi Android Ini

Game & Teknologi

5 Rekomendasi Website untuk Download GIF Gratis

Game & Teknologi

Rekomendasi Tools Marketing Gratis dari Google untuk Kembangkan Bisnis Kamu