Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Dibaca Normal: 4 menit aja
feature image

Baterai laptop yang cepat habis atau bocor memang menjadi masalah yang sering ditemui oleh banyak orang. Nah, maka dari itu, kali ini kami sudah menyiapkan tips dan trik cara merawat baterai laptop agar tahan lama dan tidak mudah bocor.

Selain spesifikasi seperti RAM, memori penyimpan, prosesor, serta kartu grafis yang tinggi, ada satu lagi komponen penting laptop yang tak boleh tertinggal. Apalagi kalau bukan baterai, GenK.

Percuma dong punya laptop dengan spesifikasi gahar, namun hanya bisa digunakan dalam waktu singkat hanya karena kualitas baterai yang buruk atau tidak tahan lama.

Meski bukan menjadi faktor utama penentu kualitas sebuah laptop, alat yang satu ini tetap harus diberikan perhatian khusus. Fungsinya sebagai sumber tenaga laptop pastinya harus dijaga agar tetap paripurna untuk mendukung sistem operasi agar berjalan dengan lancar.

Pasti gak mau dong, di saat sedang mengerjakan tugas penting, tiba-tiba laptopmu langsung mati seketika karena baterai yang habis. Parahnya lagi kalau sampai harus terikat dengan kabel charger setiap saat dikarenakan baterai laptop yang bocor.

Duh, daripada kalian pusing dan harus mengeluarkan biaya mahal untuk service, mending simak beberapa cara merawat baterai laptop berikut, GenK. Dijamin baterai laptop kamu bisa lebih awet, kerja dan gaming pun lanjut terus.

1. Gunakan Charger Asli

Cara merawat baterai laptop 1

Selalu gunakan charger asli atau bawaan dari laptop saat mengisi daya (sumber: flipkart.com)

Cara merawat baterai laptop pertama yang mesti kamu perhatikan adalah pada penggunaan charger. Pastikan kalau kamu hanya menggunakan charger orisinal bawaan dari laptop ketika sedang mengisi daya.

Hal tersebut dikarenakan besar daya dan kesesuaian power outlet sebuah produk elektronik, khususnya laptop, biasanya sudah dirancang agar pas dengan tipe charger tertentu.

Nah, kalau charger kamu sudah rusak atau mengalami gangguan, pastikan untuk selalu menggantinya dengan produk serupa dari toko penjual resmi. Jadi charger yang kamu beli dapat terjamin keasliannya, GenK.

2. Isi Daya Pada Waktunya

Cara merawat baterai laptop 2

Hubungkan charger sebelum baterai laptop benar-benar habis (sumber: techadvisor.co.uk)

Siapa nih yang hobi bermain laptop sampai baterai benar-benar habis terus shutdown sendiri? Hayo, kebiasaan yang satu ini memang salah satu faktor terbesar yang bisa memperpendek usia baterai loh.

Cara merawat baterai laptop yang baik salah satunya adalah dengan memperhatikan waktu pengisian daya, GenK. Aturan yang mesti kamu perhatikan adalah dengan tidak memaksakan penggunaan laptop pada kondisi kritis daya, bahkan sampai mati total. 儭

Sambungkanlah charger pada saat baterai tinggal sedikit, tanpa perlu menunggu hingga laptop mati. Pengisian daya yang ideal agar baterai laptop kamu bisa tetap awet adalah pada kisaran 40-60%.

Baca Juga
5 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis

3. Say No to Overcharging

Cara merawat baterai laptop 3

Lepaskan charger ketika baterai sudah penuh (sumber: reviewspapa.com)

Siapa yang suka meninggalkan laptop dalam kondisi charging bahkan saat baterainya sudah penuh? Kebiasaan ini memang kerap dilakukan oleh banyak orang, mungkin kamu juga salah satunya, GenK.

Overcharging merupakan penyebab lain yang dapat memperpendek usia baterai laptop selain membiarkannya hingga benar-benar kehabisan daya seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Pastikan untuk mencabut charger saat baterai telah terisi penuh untuk menghindari terjadinya kelebihan daya pada sistem yang juga bisa mempengaruhi kinerja laptop.

4. Hindari Panas Berlebih Pada Laptop

Cara merawat baterai laptop 4

Selalu jaga agar suhu laptop tetap sejuk (sumber: psafe.com)

Suhu tinggi merupakan musuh bebuyutan banyak perangkat elektronik, termasuk laptop. Panas yang berasal dari luar seperti sinar matahari dan panas dari dalam saat kamu sedang bermain game bisa merusak komponen-komponen yang ada di laptop. 扔

Hindarilah cahaya matahari langsung saat kamu sedang memakai laptop di luar ruangan. Sementara untuk penggunaan yang lebih berat seperti bermain game atau aplikasi besar misalnya, kamu bisa menggunakan alat pendingin tambahan agar laptop senantiasa terjaga suhunya, GenK.

Eits, tapi kalau kamu memang benar-benar butuh laptop khusus untuk desain grafis dengan kapasitas mumpuni yang bisa mendukung berbagai pekerjaanmu, simak aja beberapa rekomendasinya di artikel kami sebelumnya.

Baca Juga
6 Rekomendasi Mouse Gaming Murah Terbaik di Bawah 200 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Game & Teknologi

7 Fitur Teranyar Android 10, Bisa Bikin Caption Otomatis Loh!

Game & Teknologi

6 Mobile Game Paling Ditunggu Tahun 2020

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link