Tutorial Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10 dan Mac

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara merekam layar laptop

 

Angkat tangan kalau kamu hobi menyaksikan tayangan tutorial cara menggunakan software tertentu atau live gaming dari para YouTuber favoritmu! Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara merekam layar PC, simak panduan lengkapnya untuk sistem operasi Windows dan macOS berikut, GenK. 

Kebutuhan untuk merekam layar desktop sudah menjadi lumrah dan banyak digunakan saat ini. Tidak hanya untuk keperluan hiburan saja seperti bermain game atau live streaming saja loh, kamu juga dapat memanfaatkan screen recording untuk keperluan persiapan presentasi kantor, GenK. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Setelah sebelumnya kami telah memberikan beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC, kali ini kamu bisa menyimak tutorial cara merekam layar PC hanya dengan memakai software bawaan yang ada pada laptop bersistem operasi Windows dan macOS. 

Cara Merekam Layar Laptop Mac

Buat kamu para pengguna setia perangkat berlogo apel ini, laptop kamu sudah diberkati dengan adanya aplikasi bawaan bernama QuickTime Player, yang bisa kamu pakai untuk merekam, mengedit, memutar, dan berbagi audio beserta file video ke berbagai perangkat Mac. Simak cara merekam layar laptop Mac berikut: 

1. Buka QuickTime Player dengan mencari pada bagian Launchpad. Cara merekam layar laptop 1 2. Saat QuickTime telah berhasil terbuka, klik File dan pilih New Screen Recording.  Cara merekam layar laptop 2 3. Klik ikon tanda panah yang menghadap ke bawah di samping tombol Record untuk memilih beberapa opsi berikut: 

  • Microphone: Pilih None, untuk merekam layar tanpa suara. Sementara kalau kamu ingin merekam menggunakan suara, pilihnya yang Built-in Microphone yah.
  • Options: Pilih Show Mouse Clicks in Recording jika kamu kepengen klik yang muncul dalam bentuk lingkaran saat proses rekaman. 

Cara merekam layar laptop 3

Baca Juga
Cobain Coffee Talk, Game Chill dari Developer Lokal di Steam

4. Klik tombol Record dan pilih salah satu dari beberapa pilihan rekaman berikut:

  • Klik layar untuk merekam seluruh area desktop.  
  • Tarik bagian tertentu pada layar yang ingin kamu rekam.

Cara merekam layar laptop 4 5. Untuk menyelesaikan rekamanmu, tinggal klik aja tombol Stop pada menu bar, tepat di samping kiri tombol Wi-Fi 6. Untuk menyimpan hasil rekamanmu, klik File, lalu tekan tombol Save dan berikan nama yang kamu mau. 

Baca Juga
5 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik di Bawah 300 Ribu

Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10 

Sekarang waktunya lanjut ke sistem operasi kebanggaan sejuta umat, yaitu Windows 10. Kamu dapat menemukan Xbox App, yang berfungsi sebagai aplikasi perekam layar PC bawaan yang dapat kamu gunakan untuk menangkap momen-momen terbaik di desktop-mu, GenK.  

Sesuai namanya, perangkat ini memang khusus didesain untuk kebutuhan screen recording para pecinta game komputer. Tapi tenang saja, Xbox App juga bisa dipakai merekam layar untuk keperluan lainnya. Berikut panduan cara merekam layar laptop di Windows  10: 

1. Ketik Xbox pada kolom pencarian Windows untuk dapat mengakses aplikasi. 

2. Next, buka Game Bar untuk mengakses fitur screen recording dengan cara menekan tombol Windows dan G pada keyboard. Lalu klik Yes, this is a game

(sumber: lifewire.com)

3. Untuk mengatur kualitas hasil rekaman layar, penggunaan audio, sampai panjang durasi maksimum klip, buka opsi Game DVR pada Xbox App.

(sumber: lifewire.com)

4.  Klik tombol Record, kemudian tekan, lalu tahan tombol Windows, Alt, dan R secara bersamaan pada keyboard untuk memulai proses merekam layar. 

(sumber: lifewire.com)

5. Klik tombol Stop jika kamu ingin menghentikan rekaman. File hasil rekamanmu akan disimpan di folder Video/Capture

Jadi, gimana GenK? Cara merekam layar laptop ternyata sangat mudah kan. Praktis dan simpel tanpa repot download dan install aplikasi sana-sini, yang penting tahu trik dan cara yang tepat, kamu sudah mulai mengabadikan apa pun aktivitas desktop yang kamu mau. 

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

6 Ciri-Ciri Hode di Game Online yang Wajib Kamu Waspadai

Game & Teknologi

5 Aplikasi Parenting yang Cocok Bagi Kamu Orang Tua Milenial

Game & Teknologi

4 Rekomendasi Website Builder Terbaik dan Gratis

Game & Teknologi

7 Speaker Aktif Termurah, Suara Nendang dan Gak Bikin Dompet Menjerit

Game & Teknologi

Apple Lovers, Kamu Wajib Cobain 4 Fitur Rahasia iPhone Berikut

Game & Teknologi

Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>