6 Perusahaan Developer Game Indonesia yang Mendunia

Dibaca Normal: 5 menit aja
developer game indonesia

Bermain game di waktu senggang memang paling seru. Berjam-jam duduk di depan gadget tidak bakalan terasa deh. Tapi tahukah kamu kalau keseruan game yang kamu mainkan ini tercipta oleh sekelompok orang yang bekerja siang dan malam demi mampu menghasilkan karya game yang apik? Mereka disebut dengan developer game.

Slider
Slider
Slider

Developer adalah seorang atau kelompok berjumlah satu sampai ratusan orang yang bertugas dalam hal pengembangan video game atau software terkait, seperti desain, pemrograman, pengujian dan lain-lain dengan sokongan dari publisher. Contoh developer game dunia yakni Bandai Namco, Com2us, Sega, Ubisoft, Moonton, dan masih banyak lagi. Selain nama-nama tadi, ternyata di Indonesia banyak juga loh developer game yang mendulang kesuksesan, pastinya tidak kalah hebat. Berikut kami rangkum enam perusahaan developer game Indonesia yang mendunia.

1. Own Games 

developer game indonesia

Tahu Bulat oleh Own Game (sumber: cheatgame4u.com)

Tahu bulat digoreng dadakan. Siapa yang tidak tahu game Tahu Bulat yang sempat viral beberapa tahun lalu? Hebatnya, game tersebut berhasil menembus top chart Google Play dengan mengalahkan game sekelas Clash of Clans. Padahal game ini lahir dari keisengan developer-nya, yaitu Own Games. Own Games adalah developer game asal Bandung yang didirikan oleh dua bersaudara, Eldwin Viriya dan Jefvin Viriya. Mereka bukanlah pemain baru di industri game Indonesia, karena telah aktif mengembangkan game lokal sejak tahun 2011. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Hingga saat ini Own Games sudah mengembangkan banyak judul game loh, seperti Own Super Squad, Own Pet Dragon, Own Kingdom, Eyes On Dragon, dan masih banyak lagi. Kita patut berbangga, karena Own Games pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti penghargaan di Mobile Game Developer War 5 dan penghargaan dari INAICTA (Indonesia ICT Award) tahun 2013 dalam kategori game.

2. Agate Studio

developer game indonesia

Valthirian Arc oleh Agate Studio (sumber: gameprime.org)

Selanjutnya ada Agate Studio yang merupakan developer game Indonesia yang berbasis di Bandung. Perusahaan ini didirikan pada 1 April 2009 oleh 17 orang, di antaranya yaitu Arief Widhiyasa, Andrew Pratomo Budianto, Aditia Dwiperdana, Aswin Juari, dan kawan-kawan yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa yang memang gemar bermain game

Melihat kondisi industri game saat itu, Agate lebih fokus mengembangkan flash game sebelum akhirnya membuat advergames dan services games pada tahun 2010. Kemudian pada tahun 2011, mereka meluncurkan game bernama Football Saga, Near Field Communication, dan Smash Mania yang menjadi augmented reality pertama di dunia. 

Perusahaan ini berkembang setiap tahunnya dengan terus menggarap proyek-proyek baru. Salah satunya yaitu membuat Oolean bersama Telkomsel Indonesia pada tahun 2019 dalam rangka mengembangkan industri game lokal supaya mampu bersaing di negeri sendiri sekaligus sebagai bentuk manuver perseroan untuk terus maju di industri digital. Beberapa judul game yang mereka kembangkan yaitu Valthirian Arc, Teka Teki Santai, Upin & Ipin, Football Saga 2, dan Game Anak Sholeh.

Baca Juga
6 Mobile Game Paling Ditunggu Tahun 2020

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Game & Teknologi

4 Aplikasi Perekam Layar PC untuk Windows dan macOS

Game & Teknologi

5 Bot Game Seru di Telegram Ini Udah Kamu Coba?

Game & Teknologi

Cara Menghapus Akun Instagram Agar Hilang Secara Permanen

Game & Teknologi

Capcom Studio: Naik Turun Pengembang Game Resident Evil

Game & Teknologi

Cara Mengganti Background Foto Online Biar Sesuai dengan Mood Kamu

Game & Teknologi

Gak Cuma PUBG, Ini 4 Game Battle Royale Seru yang Layak Kamu Coba

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link