Belajar Mendongeng lewat Game Alkisah

Dibaca Normal: 5 menit aja
game alkisah

Board game bisa menjadi pilihan saat kamu nongkrong bersama teman. Permainan yang melibatkan banyak orang ini bisa membikin suasana nongkrong semakin seru. Ada banyak jenis board game yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah game Alkisah.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang masih asing saat mendengarnya. Tidak masalah, GenK, kami akan jelaskan lebih detail di artikel ini. Sebelumnya, kami pernah membahas Werewolf Game. Nah, walaupun sama-sama menggunakan kartu, tetapi cara bermain Alkisah berbeda jauh dari game tersebut.

Cara bermain Alkisah sebenarnya lebih sederhana, karena jumlah pemain yang ikut berpartisipasi juga tidak terlalu banyak. Tapi sebelum membahas cara bermain, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu game Alkisah. Yuk simak!

Apa Itu Game Alkisah?

Game Alkisah 1

Game Alkisah (sumber: boardgame.id)

Alkisah adalah jenis board game di mana setiap pemain harus saling menyambung kata yang diawali dari huruf yang sudah tertera pada kartu Letter (kartu huruf) yang diambil, lalu pemain berikutnya harus melanjutkan cerita dari kartu huruf yang baru diambil lagi. Permainan akan terus berlanjut sampai kartu Tamat ditemukan oleh salah satu pemain.

Alkisah cocok dimainkan buat kamu yang suka membuat cerita dan bercerita ala dongeng. Karena cerita yang dibangun tidak perlu sama dengan kehidupan nyata, kamu bisa bebas berimajinasi saat melanjutkan narasi.

Berarti, memiliki cara berpikir yang kreatif sangat dibutuhkan, GenK, kalau kamu ingin memenangkan game ini. Selain itu, Alkisah dapat dimainkan oleh siapa saja, dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun.

Baca Juga
Nongkrong Jadi Seru dengan Werewolf Game

Kegunaan Komponen Kartu Game Alkisah

Saat bermain, tentu kamu akan terus berkutat dengan kartu-kartu selama permainan berlangsung. Agar permainan berjalan lancar, kamu perlu tahu apa saja kegunaan setiap kartu, GenK. Yuk kita bahas satu per satu!

Kartu Karakter

Game Alkisah 2

Kartu karakter Game Alkisah (sumber: boardgame.id)

Kartu ini berisikan nama karakter, gambar wajah karakter, dan narasi yang akan dilanjutkan oleh pemain berikutnya. Dalam satu set kotak kartu Alkisah, terdapat 16 kartu karakter dengan nama, gambar wajah, dan narasi yang berbeda-beda.

Kartu karakter hanya boleh dibuka pada awal permainan dan kemudian dibuka lagi. jika salah satu pemain sudah menemukan kartu tamat. Alur cerita akan berubah dalam setiap kartu karakter yang terpilih.

Kartu Huruf

Game Alkisah 3

Kartu huruf Game Alkisah (sumber: boardgame.id)

Selanjutnya adalah kartu huruf yang masing-masing berisikan satu huruf beserta narasi baru. Kartu ini digunakan pemain untuk melanjutkan narasi dari kartu yang sebelumnya. Terdapat 28 kartu karakter di dalam satu set kotak kartu Alkisah.

Kartu Tamat

Jika salah satu pemain sudah menemukan kartu tamat, maka 1 plot permainan dianggap selesai yang kemudian digantikan dengan plot baru. Kartu tamat disusun bersama dengan kartu huruf. Dalam satu set kotak kartu Alkisah, terdapat 6 kartu tamat.

Cara Bermain Game Alkisah

Ini merupakan game multiplayer, dimana pemain harus lebih dari satu. Ajak teman-teman kamu untuk ikut berpartisipasi di dalam game. Nah, sekarang kita akan membahas cara mainnya. Simak ya, GenK.

  1. Pertama-tama kamu harus memiliki kartu Alkisah, karena di dalam kartu sudah tertera nama, foto, dan narasi karakter. Saat ini kartu Alkisah bisa kamu beli di toko jual beli online loh. Di dalam satu set kotak Alkisah, kamu sudah mendapatkan 28 kartu huruf, 16 kartu karakter, 9 kartu efek, 6 kartu tamat, dan 1 buku yang berisikan aturan main. Apabila kartu sudah dibeli, barulah kamu bisa bermain.
  2. Ajak temanmu sebanyak 2-6 orang untuk berpartisipasi di dalam game.
  3. Kelompokan kartu sesuai jenisnya, yaitu kartu huruf dan kartu karakter. Kocok masing-masing kelompok kartu agar lebih adil.
  4. Setelah dikocok, letakkan kartu di atas meja. Bagi menjadi dua susunan sesuai kelompok kartu.
  5. Tentukan urutan pemain untuk mengambil kartu, misalnya disesuaikan dengan arah jarum jam atau diacak.
  6. Pemain nomor 1 akan mengambil kartu pertamanya, yaitu 1 lembar kartu karakter.
  7. Pemain nomor 1 akan membacakan nama karakter beserta narasinya. Contoh: Asa adalah seorang pelukis yang bekerja untuk kerajaan Bonbin. Biasanya ia melukis dengan menggunakan..
  8. Lalu pemain nomor 2 akan mengambil 1 lembar kartu huruf. Pada saat kartu huruf terbuka, di sana sudah tertera huruf beserta isi narasi berikutnya. Misalnya huruf yang tertulis di kartu adalah huruf S, maka pemain nomor dua harus mencari kata berawalan huruf S yang sesuai dengan narasi selama 5 detik.
  9. Misalnya pemain nomor 2 menjawab Sapu. Lalu ia harus memberi alasan kenapa sapu yang digunakan Asa untuk melukis. Contoh: Biasanya ia melukis dengan menggunakan sapu, karena menurut Asa, menggambar dengan sapu lebih mudah daripada menggunakan kuas lukis.
  10. Pemain lain berdiskusi apakah jawaban pemain nomor 2 memiliki korelasi dengan narasi awal. Jika semua pemain setuju, maka pemain nomor 2 dianggap berhasil menyelesaikan tantangan dan berhak menyimpan kartu huruf yang ia ambil. Lain halnya kalau pemain nomor 2 tidak bisa menjawab. Ia tidak boleh menyimpan kartu huruf sehingga tidak bisa menambah skor.
  11. Setelah itu pemain nomor 2 membacakan narasi yang tertera di lembar kartu huruf. Contoh: Setiap hari ia pergi ke kota untuk membeli..
  12. Pemain nomor 3 akan mengambil kartu huruf yang baru untuk kemudian melanjutkan narasi pemain nomor dua. Contoh: Setiap hari ia pergi ke kota untuk membeli mangga, karena mangga adalah buah favorit adiknya Asa.
  13. Permainan akan terus berlanjut sampai kartu tamat ditemukan.
  14. Apabila kartu tamat sudah ditemukan, maka kamu mulai membuka kartu karakter yang baru. Game akan benar-benar selesai kalau sudah membuka 3 kali kartu karakter dan menemukan 3 kartu tamat.
  15. Ada babak bonus di akhir permainan. Jika ada pemain yang bisa menyusun sebuah kata dari kartu-kartu huruf yang sudah dikumpulkan, maka pemain tersebut berhak mendapat poin tambahan. Contoh huruf yang terkumpul adalah U, G, B, A, dan N, maka bisa disusun jadi kata bunga.
  16. Kalau sudah selesai, hitung berapa jumlah kartu huruf yang kamu kumpulkan. Pemain dengan kartu huruf terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.
Baca Juga
7 Rekomendasi Game Asah Otak Android Gratis Terbaik

Manfaat Bermain Game Alkisah

Ternyata bermain game ini juga ada manfaatnya loh. Ini dia manfaatnya:

  1. Meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia. Hal ini karena dengan bermain Alkisah, kamu bisa menambah kosakata dan menentukan pilihan kata yang cocok dipakai untuk menyambung narasi.
  2. Mengasah kreativitas dan imajinasi. Saat bermain, kamu perlu sebisa mungkin memilih kata-kata aneh dan kreatif agar permainan semakin seru.
  3. Bisa mendongeng di depan umum. Gunakan intonasi ala pendongeng saat kamu melanjutkan narasi dari pemain berikutnya.
  4. Nongkrong jadi seru dan tidak membosankan.


Nah itu dia penjelasan singkat seputar game Alkisah. Game ini mudah banget cara bermainnya dan kotak kartunya yang kecil praktis dibawa kemana saja. Tidak ada salahnya mengajak teman-teman kamu untuk ikut berpartisipasi di dalam game ini. Oh ya, coba juga video games seru yang pernah kami ulas sebelumnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

5 Rekomendasi Smartwatch Murah Terbaik Anti Kantong Jebol

Game & Teknologi

5 Aplikasi Pengubah Suara PC untuk Live Streaming

Game & Teknologi

Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Game & Teknologi

7 Rekomendasi Tablet Murah Terbaik Harga 2 Jutaan

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link