5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

Dibaca Normal: 7 menit aja
teknologi game canggih terbaru

Game canggih terus bermunculan, makin kreatif dan inovatif. Teknologi game terbaru terus berkembang dan menawarkan pengalaman bermain yang makin kaya. Bukan dari hanya dari segi teknologi, tapi juga fungsi game yang juga bertambah. Mau tahu apa saja? Langsung disimak, GenK!

Perkembangan dunia game yang pesat terus melahirkan banyak inovasi dan tren-tren menarik. Apalagi dengan semakin majunya bidang teknologi di era Industri 4.0 ini. Kedatangan teknologi-teknologi baru turut membawa perubahan yang signifikan, bukan hanya dalam game itu sendiri, tapi juga pada budaya pemainnya.

Tujuan pembuatan game menjadi lebih bervariasi dengan lebih banyak pertimbangan yang diambil. Game tak cuma sekadar sebagai media hiburan semata, tapi juga memiliki fungsi dan maksud lainnya.

Jika pada zaman dulu orang bermain game hanya untuk kesenangan saja, berbeda halnya dengan tren budaya bermain game saat ini. Perusahaan produsen tak hanya untuk fokus membuat game canggih, tapi bagaimana membuat game yang juga memiliki makna.

Beberapa kategori game tertentu dibuat untuk menyelesaikan, atau memberikan solusi atas masalah atau isu-isu yang ada.

Ada game yang dibuat untuk membantu para penggunanya dalam menghadapi berbagai masalah pribadi. Salah satunya adalah game yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Fenomena Game Canggih yang Bikin Nagih

game canggih 1

Game lekat dengan stereotip individualitas (sumber: pexels.com)

Tak hanya itu, stereotip bermain game yang erat dengan individualitas para pemain dapat ditangkal dengan adanya teknologi game canggih. Contohnya saja, game Pokemon GO yang sempat booming beberapa tahun silam.

Berbekal teknologi Augmented Reality-nya, game canggih yang satu ini berhasil menyihir jutaan orang dari seluruh dunia untuk memainkannya. Game ini menjadi sangat fenomenal bukan hanya karena teknologi yang digunakan, tapi respons para pemainnya.

Orang-orang yang berkumpul di jalanan dan tempat-tempat umum dengan ponsel mereka menjadi pemandangan yang sering ditemui sejak munculnya game ini.

Sang produsen, Niantic, membuat game ini berdasarkan pengalaman yang mirip dengan sistem Pokemon aslinya. Budaya bermain game juga ikut bergeser dengan kemunculan jenis-jenis game berbasis AR seperti Pokemon GO.

Jika biasanya kamu dapat memainkan game dari kamar, Pokemon GO akan membuatmu keluar dan bertualang mencari pokemon. Tua, muda, laki-laki, perempuan, semua orang turut merasakan asyiknya keseruan game berlogo pokeball ini .

Baca Juga
7 Mainan Anak yang Jadi Favorit Orang Dewasa

Teknologi Game Canggih Terkini

Bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman berbeda saat bermain game, kamu bisa menjajal beberapa teknologi game canggih berikut.

  • Virtual Reality (VR)

game canggih 2

Teknologi Virtual Reality (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu menonton film 3-Dimensi?

Saat menonton film 3D, kamu pasti menggunakan kacamata khusus bukan?

Bagaimana pengalaman yang kamu rasakan saat menonton film?

Gambar yang muncul di film akan terasa dekat dan seolah keluar dari layar persis di depan matamu. Pengalaman tersebut tentu berbeda dibanding saat menonton film biasa melalui TV atau komputer.

Virtual Reality adalah salah satu teknologi virtual dengan konsep serupa 3D, namun dengan pengalaman yang lebih baik . Jika pada teknologi 3D kamu hanya dapat menyaksikan objek visual secara 3D pada layar, dalam VR, kamu akan masuk ke dalam lingkungan virtual.

Dengan menggunakan perangkat khusus, kamu akan merasa seperti berada di dunia yang berbeda, GenK. Perangkat VR berbentuk kacamata dengan ukuran lebih besar yang dipasang di kepala dan menutupi seluruh matamu.

  • Ilusi Game Canggih, Penuh Fantasi

Saat menggunakan VR, kamu akan masuk ke dunia game dan dapat melihat lingkungan sekitar dalam berbagai arah. Atas, bawah, samping, depan, belakang, semuanya sama, GenK. Sejauh mata memandang, yang kamu lihat cuma lingkungan game tersebut.

Pemain game yang penasaran mencoba VR gaming harus siap-siap nih. Kamu akan dibuat terkejut dengan betapa realistisnya dunia hasil ciptaan VR. Gambar yang kamu lihat bisa sangat detail seakan-akan kamu berada di dunia nyata.

Ilusi visual belum cukup buatmu? Tenang saja, GenK, beberapa model VR headset juga memiliki fitur audio tambahan. Jadi kamu bisa sekaligus mendengarkan suara yang ada di dalam game. Makin berasa di dunia fantasi deh.

Bagi kamu yang tertarik, ada banyak pilihan game VR Android di Play Store yang dapat kamu jajal.

Baca Juga
4 Rekomendasi Aplikasi Membuat Poster Gratis Terbaik
  • Augmented Reality (AR)

game canggih 3

Pokemon GO merupakan contoh game AR (sumber: pexels.com)

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia digital ke dalam dunia nyata. AR menggunakan sistem yang mengintegrasikan objek maya pada game ke dunia para penggunanya.

Objek visual pada game berupa karakter, maupun benda-benda lainnya kemudian dapat terlihat di lingkungan nyata. Melalui layar smartphone-mu, kamu dapat mengamati benda-benda digital yang ada pada game seakan keluar dan muncul di sekitarmu, GenK.

Berbeda dengan VR yang membawa kamu ke dalam dunia virtual game, AR melakukan hal sebaliknya. Elemen-elemen yang ada di dalam game, dibawa ke dunia nyata. Dimanapun kamu berada, lingkungan tersebut dapat menjadi bagian dari game.

Game AR juga dapat lebih mudah digunakan karena tidak membutuhkan perangkat khusus layaknya VR. Cukup dengan smartphone, komputer tablet, atau konsol game, kamu sudah bisa merasakan sensasi bermain di dunia augmented reality. Salah satu contoh game AR paling populer adalah Pokemon GO.

  • Menjadi pokemon trainer dengan AR

Catch Them All, pada kenal kan dengan slogan game tersebut?

Yap! Slogan di atas merupakan jargon andalan dari game Pokemon GO.

Game yang dirilis pada tahun 2016 ini sempat menjadi sensasi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kamu salah satu pemain Pokemon GO?

Pasti sudah familiar bagaimana rasanya menjadi seorang trainer pokemon.

Bertualang di dunia nyata untuk menangkap pokemon dan melakukan battle merupakan pengalaman yang ditawarkan game ini. Baik kamu penggemar pokemon atau bukan, game besutan Niantic ini patut dicoba.

Nah, keunikan dari game Pokemon GO yang membuatnya menarik adalah pada penggunaan teknologi Augmented Reality (AR). Inilah alasan mengapa pokemon dapat seakan muncul di dunia nyata melalui layar smartphone-mu.

Selain Pokemon GO, ada lagi satu rekomendasi game canggih berbasis AR yang wajib kamu coba, Wizards Unite. Game AR yang satu ini pasti digilai para pecinta Harry Potter. Sistem kerjanya mirip banget dengan Pokemon GO, cuma bedanya kamu tidak akan menjadi seorang trainer, melainkan seorang penyihir.

  • Mixed Reality (MR)

game canggih 4

Teknologi Mixed Reality (sumber: codeburst.io)

Pengembanganan teranyar dari reality technology menggabungkan VR dan AR. Mixed Reality memadukan dunia nyata dan dunia maya untuk menghasilkan interaksi yang lebih maju dibanding dua jenis reality technology sebelumnya.

Meskipun sekilas mirip dengan AR, teknologi MR memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih. Jika pada AR kamu hanya melihat objek virtual di dunia nyata, melalui MR, kamu dapat melakukan lebih banyak hal.

Tidak hanya muncul di layar HP, lingkungan dan objek digital akan menyatu dengan dunia nyata di sekitarmu. Kamu bisa berinteraksi dengan objek visual yang dihasilkan oleh MR layaknya benda nyata loh.

Tampilan yang digunakan lebih interaktif dan bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih kaya bagi para pengguna.

Untuk merasakan pengalaman tersebut, kamu harus menggunakan perangkat khusus mirip dengan VR, GenK. Dijamin, kamu pasti ketagihan saat bermain MR game.

  • Voice-Controlled Gameplay

game canggih 5

Scream Go merupakan voice-controlled game (sumber: ketchappgames.com)

Tangan sering pegal karena menekan tombol konsol game?

Atau layar gadget mudah lecet karena game favoritmu?

Bosan dengan cara bermain game yang konvensional?

Doa kamu sudah terkabul, GenK. Cobalah untuk melirik cara bermain game dengan teknologi deteksi suara. Voice-controlled gameplay merupakan sistem kendali game dengan menggunakan perintah suara.

Iya, jadi suara kamu yang dipakai untuk menggerakan game. Tapi jangan salah kaprah, ini bukan game atau aplikasi menyanyi yah. Dengan mendeteksi suara pemain, game akan merespon sesuai dengan program yang telah dibuat.

Menekan tombol atau menggerakan jari di atas layar sudah tidak perlu lagi, GenK. Suaramu adalah penggerak utamanya, menggantikan fungsi sentuhan pada game biasanya.

Teknologi ini menangkap suara pengguna melalui mikrofon pada gadget, lalu mengubahnya menjadi perintah untuk menggerakan game. Hal itu dimungkinkan karena Kecerdasan Buatan atau AI yang mampu mengenali dan memproses data suara.

Penasaran? Salah satu voice-controlled game yang cukup ramai dimainkan adalah Scream Go Hero. Game canggih ini mewajibkan kamu untuk berbicara bahkan berteriak agar dapat menjalankan game-nya. Eits, mainnya usahakan di tempat yang sepi yah, GenK. Jangan sampai kamu memainkannya di tempat umum, nanti bisa jadi pusat perhatian orang-orang deh.

Baca Juga
6 Game eSport yang Bisa Menjadi Profesi
  • Cloud for Gaming

game canggih 6

Cloud menghubungan game dan pemain (sumber: pexels.com)

Salah satu keterbatasan dalam memainkan game adalah pada perangkat yang digunakan. Ada beragam konsol game untuk berbagai jenis game yang berbeda tersedia di pasar.

Meskipun sudah banyak game yang dapat dengan mudah diakses melalui PC atau smartphone, beberapa game masih spesifik hanya dapat berjalan pada konsol tertentu.

Para pecinta konsol PlayStation sering beradu dengan pengguna Xbox. Belum lagi para penggemar Nintendo terus berkutat dengan variasi model gaming console-nya.

Untuk menjawab tantangan ini, terciptalah inovasi teknologi game canggih, cloud for gaming. Inovasi ini membuat kamu dapat memainkan game melalui yang biasanya hanya dapat dimainkan melalui perangkat khusus lewat laptop atau komputermu loh.

  • Game canggih tanpa batas

Cloud gaming adalah game berbasis online yang dapat dimainkan melalui berbagai perangkat pengguna. Game yang biasanya memerlukan sistem komputer spesifikasi tinggi, sekarang bisa kamu akses langsung dengan mudah, GenK.

Game dikumpulkan dalam database server yang menjadi host, lalu dijalankan menggunakan sistem pada host tersebut. Kamu cukup mengakses situs penyedia cloud gaming tersebut, terus tinggal main deh.

Perangkat yang kamu gunakan berupa komputer, laptop, bahkan TV, hanya berfungsi untuk menampilkan game tersebut.

Untuk sistem operasi game yang kompleks, cukup serahkan saja ke cloud. Praktis banget buat kamu yang ingin mencoba bermain game, tanpa perlu repot-repot download, meng-install atau membeli console-nya. Tinggal klik, pilih game yang kamu mau, langsung siap untuk bermain, GenK

Secara singkat, cloud gaming adalah sistem streaming game online yang bisa kamu akses dengan mudah. Lupakan perangkat-perangkat besar dan berat yang biasa kamu pakai untuk bermain game. Cukup pastikan internet yang kamu gunakan lancar jaya, yah.


Game canggih semakin maju dalam perkembanganya. Bukan hanya sekadar hiburan, game juga bisa menjadi medium untuk bersosialisasi. Jika kamu penasaran, beberapa tren game di atas gak ada salahnya untuk kamu coba. Asal ingat waktu yah, GenK.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Kursi Gaming Murah Terbaik Anti Kantong Jebol

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Mouse Gaming Murah Terbaik di Bawah 200 Ribu

Game dan Teknologi

Trik Android untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Game dan Teknologi

7 Rekomendasi Situs Download Font Keren Gratis dan Legal

            Thank u, next!