fbpx

5 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis

Dibaca Normal: 7 menit aja ūüėä
rekomendasi laptop untuk desain grafis

Kamu seorang desainer grafis dengan segudang proyek yang menumpuk? Selain revisi yang tiada henti dari klien, kamu juga sering dipusingkan dengan laptop yang suka menguji kesabaran? Daripada kamu capek sendiri, coba cari tahu laptop untuk desain grafis yang paling recommended di bawah! 

Jarum jam tak terasa sudah menunjuk ke pukul 7 malam, namun tugas desain kantor belum kunjung selesai.

Sudah satu jam ini laptop yang kamu pakai terus nge-lag setiap beberapa menit sekali.

Alhasil, pulang larut malam dengan badan terasa remuk dan mata yang terasa sangat perih.

Cerita di atas adalah balada seorang desainer grafis yang mungkin sering kamu dengar.

Nah, nasib malang seorang desainer grafis seringkali muncul dari masalah laptop yang dipakai untuk mendesain. Kompleksnya sistem aplikasi dan aktivitas desain grafis menuntut  performa laptop yang terbaik. Jika tidak, maka balada seperti di atas bisa saja terjadi ke kamu.   

Untuk mengantisipasinya, kamu harus punya laptop dengan kinerja yang mumpuni untuk kebutuhan desainmu.  Biar kamu gak bingung saat memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan desain grafis-mu, perhatikan dulu beberapa aspek berikut ini, GenK:  

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Beragamnya karya desain digital yang dapat kamu buat turut menentukan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ada baiknya, Genk, tentukan dulu pekerjaan desain seperti apa yang akan dilakukan nantinya.  

Jika kamu hanya ingin belajar desain ataupun sekadar melatih kemampuan mendesain, maka laptop dengan spesifikasi standar berupa Intel i3 dan RAM 4GB yang sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa sudah cukup untuk mendukung proses belajarmu.   

Sementara jika kamu sudah memiliki kemampuan desain yang lebih mahir dan sering memiliki tugas terkait desain, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan berbekal RAM 8GB dan Intel i5 atau AMD FX.

Nah, jika kamu adalah seorang desainer profesional yang setiap hari berhadapan dengan beragam proyek desain yang kompleks dan berat, kamu butuh spesifikasi paling tinggi nih biar nanti proses mendesain kamu dapat berjalan lancar.

Laptop dengan generasi terbaru Intel dengan RAM 16GB menjadi pilihan yang ideal, Genk.  

Baca Juga   Belajar Mendongeng lewat Game Alkisah

Spesifikasi Laptop

Aspek yang paling penting yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli sebuah laptop adalah spesifikasinya.

Untuk memudahkan kamu dalam mengerjakan aktivitas desainmu, ada beberapa spesifikasi khusus desain yang harus kamu perhatikan.

Spesifikasi sebuah laptop merupakan faktor utama yang mempengaruhi harga jual dari laptop tersebut. Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pula harganya.

Supaya kamu bisa menentukan laptop seperti apa yang harus kamu beli agar sesuai dengan kebutuhanmu, perhatikan dulu macam-macam spesifikasi khususnya. Yuk, simak di bawah ini!    

1. Prosesor

 

laptop desain grafis 1

Prosesor dalam motherboard (sumber: pexels.com)

Prosesor (processor) atau juga dikenal dengan istilah CPU (Central Processing Unit) menjadi salah satu aspek utama yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan jenis laptop apa yang akan kamu beli. Perangkat kecil berbentuk chip ini disematkan ke dalam badan komputer sebagai bagian dari motherboard.

Jika diibaratkan sebuah tubuh, prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Layaknya fungsi otak, prosesor bertugas sebagai pusat kendali dari sistem laptop.  

Pemilihan prosesor yang tepat penting loh! Hal ini berkaitan dengan kinerja laptop saat mengerjakan berbagai proyek desainmu nanti.

Dengan memilih prosesor yang tepat, kamu bisa mendapatkan laptop dengan kualitas yang mumpuni dengan harga yang tetap terjangkau.

Beberapa merek prosesor diantaranya adalah Apple, Intel, IBM, AMD, Cyrix VIA, dan IDT.  Walaupun pada umumnya, Intel dan AMD menjadi prosesor yang paling banyak digunakan untuk berbagai perangkat laptop maupun komputer.

Kalau kamu Tim Intel atau Tim AMD nih, GenK?

Seri Intel Core i7 generasi kedelapan, dan AMD Ryzen 7 merupakan prosesor dua prosesor yang menjadi favorit para desainer. Kedua proses tersebut sama-sama menawarkan kecepatan proses yang paripurna untuk mendukung segala jenis aktivitas desain yang akan kamu lakukan.

2. Layar

 

laptop desain grafis 2

Perbandingan resolusi layar (sumber: reolink.com)

Tidak kalah penting dari prosesor, layar juga wajib banget diperhitungkan, sebelum GenK memilih laptop untuk desain grafis. Seperti namanya, aktivitas desain grafis tentunya tak lepas dari peran visual. Aktivitas mendesain akan terasa nyaman jika laptop didukung dengan layar yang memiliki kemampuan visual yang baik.

Lalu, seperti apa kriteria layar yang baik?

Kualitas layar yang baik ditentukan oleh tingkat resolusi layar, luas layar, serta teknologi yang digunakan. Layar yang ideal untuk aktivitas desain grafis adalah layar dengan resolusi minimal 1080 pixel dengan luas layar 13 inch.

Semakin tinggi tingkat resolusi layar, baik Full HD, hingga layar dengan kualitas 4K, maka semakin detail gambar yang dihasilkan oleh layar tersebut. Jenis layar yang sering digunakan pada umumnya adalah layar LED (light-emitting diodes) dan layar IPS (in-plane switching).

Kelebihan LED adalah pada penggunaan dayanya yang lebih kecil dengan dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Sementara layar IPS menawarkan produksi warna yang lebih dalam serta akurat, dan tampilan yang lebih baik untuk penggunaan di bawah sinar matahari langsung.

Lebar layar laptop juga menentukan kenyamanan dalam bekerja. Layar yang lebar dapat memberikan pengalaman mendesain yang lebih leluasa.  

Baca Juga   Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

3. Kartu Grafis

 

laptop desain grafis 3

Contoh kartu grafis (sumber: ebay.com)

Satu lagi perangkat yang gak boleh ketinggalan buat kamu yang ingin pengalaman desain grafis yang terbaik. Kartu grafis (graphic card) adalah perangkat tambahan yang berguna untuk memproses gambar dari CPU.

Meskipun CPU sendiri sudah bisa memproses gambar secara otomatis, kartu grafis sering ditambahkan untuk mengolah visual yang lebih kompleks dengan lebih cepat. Kartu grafis biasanya sudah diikutsertakan bersamaan dengan CPU saat kamu membeli komputer, dan ada juga yang ditambahkan secara terpisah.

Untuk mengetahui jenis kartu grafis yang digunakan di sebuah laptop, kamu bisa melihat stiker yang tertempel di badan laptop yang biasanya ditempelkan berdekatan dengan stiker prosesor. Beberapa pilihan rekomendasi kartu grafis untuk performa visual yang ciamik diantaranya AMD Radeon RX 590, Nvidia GeForce RTX 2080 Ti, dan MSI GeForce RTX 2080 .

Gimana nih, apakah kamu sudah paham dengan spesifikasi apa seperti saja yang wajib diperhatikan saat membeli laptop untuk desain grafis?

Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis

Untuk memudahkan kamu dalam memilih laptop yang tepat, berikut beberapa rekomendasi laptop untuk desain grafis terbaik yang sudah kami rangkum untuk kamu nih.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Mulai dari laptop ekonomis seharga 5 jutaan, sampai laptop favorit para desainer grafis yang dibanderol hingga puluhan juta rupiah loh!!

  • Dell Vostro 3468

 

laptop desain grafis 4

Dell Vostro (sumber: gizbot.com)

Siapa bilang kalau mau belajar desain harus dengan laptop belasan juta?

Coba lihat dulu rekomendasi laptop dari Dell ini, GenK! Di kelas pertama, rekomendasi laptop untuk desain harga 5 jutaan jatuh pada perusahaan teknologi komputer asal Texas, Amerika Serikat, yaitu Dell seri Vostro 3468.

Cukup dengan harga 5,9 juta, kamu sudah bisa membawa pulang laptop dengan spesifikasi prosesor Intel Core i3 dengan kecepatan clock mencapai maksimal 2,4GHz, ditambah RAM 4GB dengan ekstra slot untuk tambahan hingga 16GB, serta kapasitas harddisk 1TB.  

  • Lenovo IdeaPad 310

 

laptop desain grafis 5

Lenovo IdeaPad (sumber: argos.co.uk)

Seri Lenovo IdeaPad 310 ini dibuat khusus bagi kamu yang hobi desain nih. Dalam laptop ini telah disematkan CPU berkecepatan 2,8GHz besutan Intel dengan kapasitas RAM 4GB.

Nah, tak hanya itu tentunya, kartu grafis ganda berupa Intel HD Graphics + Nvidia GT920M juga turut menunjang kekuatan dapur pacu laptop yang hanya dibanderol dengan harga 6 jutaan ini loh! Jadi kamu bisa mulai belajar desain deh!  

  • Acer Swift 3 SF314-56G 57A7

 

laptop desain grafis 6

Acer Swift 3 (sumber: harveynorman.com.au)

Tak mau kalah dengan pesaingnya, produsen komputer asal Tiongkok, Acer juga turut mengeluarkan laptop desain dengan harga ekonomis, namun tetap dibekali dengan spesifikasi yang gahar.  

Dengan harga 9,8 juta, kamu sudah bisa membawa pulang laptop dengan spesifikasi yang tak kalah dengan Apple MacBook loh!

Laptop ini hadir dengan prosesor teranyar dari Intel i5-8265U generasi kedelapan dengan kecepatan clock hingga 3,90GHz dan RAM 8GB.

Belum sampai di situ, penyimpanan laptop ini berkapasitas 1TB dengan layar IPS Full HD 1920×1080 pixel yang didukung kartu grafis Nvidia GeForce MX150.

  • Microsoft Surface Pro 5

 

laptop desain grafis 7

Microsoft Surface Pro 5 (sumber: itgaleri.com)

Nah, kalau kamu suka bekerja dengan penuh gaya dan memiliki mobilitas yang tinggi, perangkat buatan Microsoft yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Laptop ini memang khusus didesain bagi para desainer yang ingin dapat tetap bekerja dengan nyaman namun tetap ditunjang dengan performa yang maksimal.

Produk keluaran tahun 2018 ini akan memanjakanmu dengan visual yang memukau di atas layar seluas 17.3 inch dengan teknologi PixelSense Display, beresolusi 2736×1824 pixel, multi-touch, dan kartu grafis menggunakan Intel HD Graphics. ¬†¬†¬†

Untuk mendukung berbagai proses desain yang kompleks dan berat, laptop ini telah dibekali generasi ketujuh Intel i5-7300U yang digandengkan dengan RAM berkapasitas ekstra hingga 16GB, dan ditambah memori SSD 512GB loh!

Spesifikasi ini pas banget kalau kamu ingin belajar cara membuat animasi nih.  

Di bagian konektivitas, perangkat ini sudah didukung Bluetooth 4.1, full-size USB 3.0, micro SDXC card reader, dan IEEE 802.11 a/b/g/n compatible.

Laptop yang satu ini dijamin anti-lelet, GenK!

Kamu bisa membawa pulang satu unit Microsoft Surface Pro 5 dengan harga 8 sampai 14 jutaan, GenK!  

Baca Juga   6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital
  • Apple MacBook Pro

laptop desain grafis 8

Apple MacBook Pro (sumber: bhphotovideo.com)

 

Tidak lengkap rasanya jika kita membahas rekomendasi laptop desain grafis tanpa memasukan laptop yang satu ini ke dalam daftar.

Yap, laptop yang dimaksud adalah Apple MacBook Pro. Kalau kamu adalah seorang desainer grafis handal, tentunya sudah familiar dong dengan spesifikasi laptop yang menjadi favorit para desainer grafis ini, dong?

Produk unggulan dari perusahaan asal Negeri Paman Sam ini didukung dengan kemampuan komputasi yang prima berkat disematkannya chipset Intel i7 generasi kedelapan terbaru, sekaligus RAM berkapasitas 16GB.

Jika kalian melihat sekilas memang terdapat banyak persamaan spesifikasi antara Microsoft Surface Pro dan MacBook Pro. Namun MacBook Pro menjanjikan pengalaman lebih  saat mengerjakan proyek desain grafis milikmu, GenK!

Pengalaman tersebut hadir dari tampilan layarnya yang merupakan perpaduan antara LED-backlit display dengan teknologi IPS beresolusi 2880×1800 pixel. Bukan hanya itu, kolaborasi kartu grafis Intel HD Graphic + Radeon Pro menghasilkan kualitas gambar dengan warna yang kaya dan lebih nyata.

Nah, saat kamu memutuskan untuk menyimpan hasil karya-karyamu, memori 512GB SSD akan memprosesnya dengan lebih cepat dan kemudian bisa langsung kamu bagikan melalui USB Type C 4 x Thunderbolt 3.

Dengan laptop yang satu ini, kamu bisa bebas berkreasi tanpa batas dan mewujudkan berbagai macam ide desain milikmu, GenK!

Sekarang kamu bisa membuat motion graphic lewat Adobe After Effects dengan lebih lancar.  

Tapi kalian harus bersiap untuk merogoh kocek cukup dalam untuk memiliki produk Apple ini. Pasalnya harga jual yang dipasarkan untuk sebuah MacBook Pro dipatok sekitar 36 juta rupiah loh!.


Gimana tips dan rekomendasi laptop untuk desain grafis tadi? Sesuaikan spesifikasi dan budget yang kamu miliki dalam memilih tipe laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu, GenK. Selamat berbelanja!

Polling

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

Game dan Teknologi

5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

Game dan Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

Game dan Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Game dan Teknologi

Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Game dan Teknologi

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Game dan Teknologi

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Game dan Teknologi

7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Game dan Teknologi

Mengenal Teknologi Wireless Charging

Game dan Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light, GenK!

Game dan Teknologi

Video Games yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Game dan Teknologi

Hero Mobile Legend yang Sering Jadi Jagoan Para Players

Game dan Teknologi

7 Mainan Anak yang Jadi Favorit Orang Dewasa

            Artikel Selanjutnya