leadersingle

Ini Dia 6 Manfaat dan Kegunaan Drone Selain untuk Fotografi

Dibaca Normal: 4 menit aja
manfaat drone

Penggunaan drone semakin tinggi di beberapa tahun belakangan. Drone adalah pesawat tanpa awak yang bisa terbang dengan dikendalikan dari jarak jauh pakai remote control atau komputer canggih. Apabila punya hobi atau ketertarikan di bidang fotografi pasti pengen dong punya alat yang satu ini? Selain digunakan untuk merekam dan memotret dari angle bird eye, ternyata manfaat drone ada banyak loh. Jadi, bukan sekadar untuk foto-foto cantik. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memantau Lalu Lintas

manfaat drone

Drone untuk memantau lalu lintas (sumber: dronesmisc.com)

Drone adalah alat yang bisa terbang tinggi ke mana saja, yang penting tidak melintasi Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) yang merupakan wilayang di sekitar bandar udara yang setiap hari digunakan untuk aktivitas penerbangan. Ini sesuai dengan aturan menerbangkan drone di Indonesia yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Kemampuan untuk terbang tinggi kemudian dimanfaatkan untuk memantau lalu lintas. Drone yang diterbangkan akan merekam padat atau tidaknya jalanan, termasuk saat terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga dapat ditangani dengan cepat.

2. Tilang Elektronik

Polisi menerbangkan drone (sumber: i4u.com)

Masih berhubungan dengan lalu lintas, manfaat drone yang berikutnya adalah untuk tilang elektronik. Sebenarnya tilang elektronik sudah berlaku di beberapa kota di Indonesia. Pengendara yang melanggaran aturan lalu lintas bisa ditegur melalui speaker yang dapat dipantau melalui CCTV. Itu di Indonesia, kalau di negara Cina rupanya menggunakan drone yang juga dilengkapi dengan speaker. Drone benar-benar efektif untuk mendeteksi terjadinya pelanggaran seperti menerobos lalu lintas, berkendara melawan arah, atau tidak memakai helm saat bepergian.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
6 Rekomendasi Drone Murah Harga di Bawah 2 Juta

3. Strategi Militer

Drone untuk dunia militer (sumber: uavdach.org)

Penggunaan drone di bidang militer semakin sering diterapkan. Drone dinilai sangat efisien jika digunakan sebagai salah satu strategi militer. Alat ini dapat dikontrol dan digerakkan dari jarak jauh, sehingga bisa mengawasi dan memata-matai musuh. Selain itu, drone juga bisa menembakkan rudal untuk melumpuhkan musuh yang kamu sasar. Sekadar informasi nih, drone pertama kali dibuat saat perang dunia pertama. Makanya drone termasuk salah satu pesawat tanpa awak.

4. Evakuasi Saat Terjadi Bencana Alam

manfaat drone

Drone untuk memantau bencana (sumber: sunnewsreport.com)

Bencana alam bisa terjadi kapan saja. Salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah terputusnya akses antar lokasi. Kalau begini, manusia pun punya keterbatasan untuk mengakses daerah tersebut. Apalagi jika medan yang harus dilalui benar-benar berbahaya. Di saat seperti inilah kecanggihan drone sangat diperlukan. 

Misalnya untuk melacak korban yang terjebak di suatu wilayah, mengirim persediaan obat ke daerah yang tidak terjangkau, dan mengirim sampel medis. Tidak hanya sampai di situ saja, drone memiliki kemampuan untuk mendeteksi manusia jika dipasang sensor inframerah. Sehingga mempermudah dalam pencarian dan penyelamatan korban yang terjebak.

Baca Juga
Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia

5. Membantu Pemadam Kebakaran

manfaat drone

Membantu pemadam kebakaran (sumber: thedrive.com)

Manfaat drone yang berikutnya untuk membantu pemadam kebakaran. Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana bisa drone membantu dalam memadamkan kebakaran. Pertama-tama kita balik ke poin nomor 1, di mana drone bisa memantau dari atas. Sehingga dengan drone, kamu bisa memberikan informasi langsung tentang lokasi kejadian kebakaran, bagaimana penyebaran api, mencari titik evakuasi, sampai menemukan korban yang terperangkap di suatu ruangan. Ada pula drone yang sengaja dikembangkan untuk menyemprotkan air loh. Yuk lanjut ke poin selanjutnya!

6. Menjaga Kesehatan Tanaman

manfaat drone

Menyiram tanaman (sumber: en.wikipedia.org)

Karena ada yang sengaja mengembangkan drone untuk menyemprotkan air, petani dapat menggunakan drone untuk menjaga kesehatan tanaman. Makanya penggunaan drone di bidang pertanian semakin marak karena semakin banyak yang membutuhkan drone. Penerapan drone bertujuan untuk meningkatkan produksi tanaman dan memantau pertumbuhan tanaman. Selain itu, drone juga bisa digunakan untuk memberikan informasi jika terjadi masalah irigasi dan serangan hama. Pokoknya canggih banget deh. 

Nah, itu dia beberapa manfaat drone yang ternyata tidak hanya untuk fotografi. Buat kamu yang tertarik membeli alat canggih yang satu ini, kami pernah membagikan rekomendasi drone murah di artikel sebelumnya. Siapa tahu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum benar-benar membeli. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Game & Teknologi

Jangan Beli Nintendo Switch Sebelum Kamu Baca Ini!

Game & Teknologi

Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman

Game & Teknologi

Remake Game Resident Evil 3 Dirilis, Ini Fakta-Faktanya!

Game & Teknologi

Belajar Mendongeng lewat Game Alkisah

Game & Teknologi

Mengenal Teknologi Deepfake, Si AI Canggih Pengubah Wajah

Game & Teknologi

Ternyata Ada Cara DM Instagram Di PC Tanpa Aplikasi, Yuk Simak!