Game & Teknologi

Cara Bikin Jadwal Video Instagram dengan Platform Gratis, Super Mudah!

video instagram

Mungkin kamu terbiasa posting di Instagram buat bisnis online kamu, atau simply untuk branding aja. Karena kamu udah mulai punya banyak follower di mana akunmu semakin dikenal sekarang. Video Instagram menjadi salah satu konten yang paling menarik user Instagram. Dan kamu perlu upload video ini secara rutin, kan. Nah, kamu bisa pakai bantuan Later untuk bikin jadwal posting video, yang nanti bakalan publish videomu secara otomatis. Yuk, kita pelajari dalam ulasan selengkapnya berikut ini.

Sumber Gambar : later.com

Pentingnya Posting Video di Instagram

Konten video sekarang makin diminati. Menurut Wyzowl, 86% bisnis menggunakan video sebagai cara promosi. Beda dengan foto yang berupa satu gambar diam. Video bisa menyajikan sebuah cerita, dan bikin audiens yang menontonnya merasa fun. Makanya, video juga dapat menyampaikan pesan yang mau kamu sampaikan dengan baik, sehingga menciptakan engagement dengan audiens. Video juga bisa menjelaskan produkmu dengan detail, di mana menurut statistik Wyzowl, 84% orang mengaku kalau video brand-lah yang meyakinkan mereka untuk membeli suatu produk.

Cara Bikin Jadwal Posting Video Instagram

Jadi, kamu bisa gunakan Later, sebuah platform Instagram planning yang bisa diakses secara gratis, untuk membantu membuat jadwal posting video Instagram. Berikut langkahnya:

  1. Daftar untuk bikin akun Later, bisa gratis atau berbayar, atau masuk ke akunmu yang udah ada.
  2. Tambahkan video ke Media Library dengan menarik dan menyeret di desktop, atau upload dari kamera di smartphone.
  3. Pilih Instagram sebagai publishing channel, lalu tarik dan seret video dari Media Library ke Calendar kamu.

Sumber Gambar : later.com

  1. Pilih “Auto Publish” dari daftar drop down. Lalu, pilih tanggal dan jam yang kamu inginkan untuk posting live video.
  2. Tulis caption kamu, tambahkan hashtag di postingan kamu, jadwalkan komentar pertama, set lokasinya, dan tambahkan link Linkin.bio. Beberapa fitur ini emang adanya di paid plans, jadi perlu pakai fitur berbayar. Tapi, ini opsional, kok.
video instagram

Sumber Gambar : later.com

Tips: Bikin daftar hashtag dan tambahkan di caption kamu dengan cara klik dua kali, semua ini bisa diakses dengan fitur Saved Caption Later.

  1. Klik “Edit Video” untuk memotong dan nge-trim video kamu. Fitur yang ini Cuma ada di desktop.
  2. Klik Save. Videomu udah di-setting dan bakal publish secara otomatis, di waktu yang udah kamu tentukan.
video instagram

Sumber Gambar : later.com

Catatan

Kalau kamu mau menggunakan fitur Auto Publish Later, kamu harus punya akun bisnis. Kalau nggak, kamu perlu menggunakan fitur notifikasi Later untuk bisa publish. Terus, ukuran video nggak boleh melebihi 512MB untuk plans berbayar, dan 25MB untuk plans gratis.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Smartwatch Murah Terbaik Anti Kantong Jebol

Video kamu juga harus memenuhi persyaratan postingan di Instagram, yaitu:

  • Video harus memiliki durasi antara 3 – 60 detik
  • Aspek rasio harus 1,91:1 banding 4:5

Nah, Later ini adalah Program Partner Instagram, jadi, bikin jadwal posting video di sini bener-bener approved. Pasti aman dan nyaman gitu, deh. Baik kamu mau meningkatkan brand awareness, mempromosikan produkmu, atau mengedukasi komunitas kamu, konten video adalah cara yang tepat banget untuk menciptakan engagement dan menambah follower.

Oke, jadi yang barusan adalah langkah-langkah mudah, untuk bikin jadwal posting video Instagram. Enak, kan, kalau udah terjadwal, kamu nggak perlu mengedit video dengan terburu-buru. Kamu juga nggak kelupaan buat posting. Soalnya udah ada jadwalnya dan nanti otomatis di-publish. Jadi, kamu tinggal rajin-rajin bikin video yang bermanfaat dan pastinya menarik. Biar follower kamu terus bertambah, penjualan bisnismu juga meningkat.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Main MOBA Tapi Sukanya Game FPS? Ini Dia Rekomendasi Game MOBA FPS

Game & Teknologi

Harganya Bikin Jantungan, Ini 5 HP Termahal di Dunia!

Game & Teknologi

Mengenal Machine Learning, Metode Pembelajaran Yang Diadaptasi Oleh Mesin

Game & Teknologi

6 Cara Mudah Dapetin Centang Biru di TikTok untuk Pemilik Bisnis