fbpx

Perkembangan Auto Menfess di Indonesia

Dibaca Normal: 5 menit aja šŸ˜Š
auto menfess

Kalau kamu mengaku anak Twitter, pasti kamu tahu dong apa itu auto menfess? Akun-akun yang menawarkan jasa iniĀ mungkin sering berkeliaran di linimasa kamu, bahkan bisa jadi salah satu dari kamu adalah penggunanya.

Auto menfess berasal dari menfess yang merupakan singkatan dari Mention Confess. Jadi, awal mula istilah menfess muncul di Twitter dari lingkup dunia Roleplayer, GenK. Kamu pernah mendengar istilah roleplayer sebelumnya?

Roleplayer yang dimaksud di sini adalah orang yang memainkan peran sebagai tokoh idola. Satu orang roleplayer bisa berinteraksi dengan roleplayer lain layaknya teman. Para roleplayer biasanya menggunakan menfess untuk mengungkap perasaan pada akun roleplayer lain yang mereka suka. Sistem menfess yang anonim membuat siapa pun tak perlu takut ketahuan identitasnya. Pokoknya menfess cocok banget untuk kamu yang jadi pengagum rahasia deh. Ā 

Masa Manual

Sebuah akun jasa menfess dikelola oleh satu orang admin atau bahkan lebih. Dulu menfess masih dikirim manual oleh admin. Belum ada aplikasi yang menyediakan fasilitas bot membuat peran admin menjadi sangat penting. Admin selaku pengelola akun harus tetap online untuk mengunggah tweet menfess yang kamu kirim loh.

Teknik menggunakan menfess di zaman awal kemunculannya terbilang susah-susah gampang. Biasanya admin akun akan membuka sesi buka-tutup menfess. Karena kamu hanya bisa mengirim saat admin membuka sesi menfess, kamu harus terus online untuk mengecek akun tersebut. Lalu kamu mengirim menfess sesuai format yang diberlakukan oleh admin akun melalui direct messages.

Ingat, GenK, setiap akun menfess memberlakukan aturan yang berbeda-beda. Setelah kamu mengirim tulisan di direct messages, kamu hanya perlu menunggu admin akun untuk mengunggah tweet di timeline atau linimasa. Ā 

auto menfess 1

Aplikasi di ponsel pintar (sumber: pexels.com)

Kegunaan untuk pengguna jasa menfess manual yaitu tulisan yang kamu kirim lewat direct messages akun jasa menfess pasti akan terkirim. Sedangkan kegunaan untuk admin, menfess yang masuk bisa disaring terlebih dahulu. Sebab ada kemungkinan seseorang mengirim tulisan yang memancing keributan atau menyinggung satu pihak tentu.

Nah, karena sistemnya manual, admin bisa saja memutuskan untuk tidak mengunggah tulisan kamu bila dianggap memicu keributan, GenK. Namun menfess manual ini juga memiliki kekurangan loh. Kekurangan untuk pengguna jasa menfess manual adalah kamu harus terus online untuk mengecek admin sedang buka sesi menfess atau tidak. Lalu kamu juga harus bersabar, karena tulisan yang sudah kamu kirim di direct messages harus mengantre dengan tulisan orang lain untuk diunggah ke linimasa.

Sedangkan kekurangan untuk admin adalah harus menyisihkan waktu untuk membuka sesi menfess setiap harinya. Berarti sebagai admin, kamu harus tahan online berjam-jam agar tulisan yang masuk di direct messages bisa kamu unggah di linimasa. Wah, repot juga ya, GenK. Ā 

Baca Juga   Mengenal 5 Startup Kecerdasan Buatan di Indonesia

Memasuki Era Bot

Ā 

auto menfess 2

Bot IFTTT (sumber: ifttt.com)

Beberapa tahun kemudian, muncul perusahaan yang menyediakan fasilitas bot yang bernama IFTTT (If This Then That). IFTTT merupakan layanan otomatis yang sistemnya menggabungkan beberapa layanan internet menjadi satu. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan IFTTT, seperti sinkronisasi kontak di iOS ke Google Spreadsheet, membagikan unggahan blog terbaru ke Facebook, menyimpan attachment Gmail akun ke Dropbox, menghubungkan konten yang diunggah di situs web ke sosial media, dan masih banyak lagi.

Salah satu kegunaannya yang bisa diaktifkan di Twitter adalah sistem tweet otomatis. Dengan IFTTT kamu bisa memasang bot gratis di Twitter, loh. Mulai dari bot untuk auto-tweet, lalu bot yang terhubung ke situs web, dan bot yang bisa mengunggah auto-tweet dari direct messages ke linimasa kamu.

Pengoperasiannya juga mudah, kamu hanya perlu mendaftar untuk membuat akun IFTTT, lalu kamu bisa bebas memilih jenis bot yang akan kamu pasang di akun Twitter kamu. Munculnya jenis bot-bot seperti ini membuat beberapa akun menfess manual merubah sistemnya menjadi otomatis. Peraturan-peraturan yang dulu digunakan saat menggunakan menfess manual pun mulai mengalami perubahan. Format tulisan yang dikirim melalui direct messages juga berubah. Semua tergantung peraturan dan ketentuan yang admin terapkan di tiap akun menfess. Ā 

auto menfess 3

Ilustrasi mengirim auto menfess (sumber: pexels.com)

Dengan auto menfess, kamu akan lebih mudah untuk mengirim menfess. Kamu tidak perlu lagi berlama-lama online hanya untuk menunggu admin membuka sesi. Bila akun tersebut sudah memasang bot, maka kamu akan dengan bebas mengirim menfess 24 jam loh, GenK!

Sedangkan untuk admin, kamu tidak perlu lagi mengunggah tweet menfess secara manual yang tentunya menguras tenaga. Eh, tapi tunggu dulu, GenK. Sistem otomatis ini juga memiliki kekurangan loh. Meningkatnya pengguna jasa auto menfess terkadang malah membuat bot jadi error. Selain itu akun jasa menfess juga lebih rentan terkena limit, yaitu tidak bisa mengunggah tweet untuk beberapa saat karena dianggap spam.

Bila akun jasa menfess error atau limit, maka kamu tidak bisa mengirim pesan untuk sementara waktu, GenK. Lalu kekurangan lainnya juga akan dialami oleh admin akun. Menfess yang sudah otomatis ini jadi tidak tersaring lagi. Dahulu admin yang mengunggah tweet ke linimasa, sekarang malah bot. Bot belum bisa menyaring mana tweet yang aman dan mana tweet yang tidak aman.

Wah kalau begini akan lebih mudah terjadi keributan dan salah paham dong, GenK? Ā 

auto menfess 4

Bot biol.be (sumber: biol.be)

Selain IFTTT, ada juga aplikasi yang memiliki fasilitas untuk tweet otomatis, yaitu Biol.be. Cara kerjanya hampir sama dengan IFTTT, tapi Biol.be menggunakan sistem berbayar.

Saat ini aplikasi Biol.be lebih sering digunakan oleh admin akun menfess dibanding IFTTT. Soal masa peralihan dari manual ke otomatis ini, GenK, sebenarnya juga menyebabkan alih fungsi loh. Bila dulu menfess lebih sering digunakan untuk mengungkapkan isi hati para pengagum rahasia, sekarang menfess beralih fungsi untuk tempat sharing dan diskusi.

Banyaknya followers (pengikut) suatu akun jasa menfess, maka semakin banyak engagements. Ini berguna banget untuk kamu yang butuh penjelasan tentang hal-hal yang tidak bisa kamu dapatkan penjelasannya di situs web manapun. Contoh simpelnya bila kamu sedang bingung memilih pakaian untuk pergi ke suatu acara, kamu tinggal memotret pakaian, lalu kirim ke akun jasa menfess. Bila tulisan kamu sudah terunggah, dalam beberapa detik kamu sudah bisa mendapat jawaban atau saran dari banyak orang. Efisien banget kan, GenK?

Saat ini akun jasa auto menfess sudah sangat beragam. Bahkan mulai merambah ke dunia real life, yaitu sebutan untuk kehidupan nyata alias di luar dunia roleplaying. Segmentasinya juga udah luas banget. Ada akun menfess khusus penggemar idol atau artis, kecantikan, fashion, jual beli barang, game, pecinta Wattpad, pecinta Webtoon, pecinta hewan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal memilih akun menfess yang sesuai dengan topik yang akan kamu tanyakan atau diskusikan.


Sekarang kamu jadi tahu sejarah auto menfess beserta kelebihan dan kekurangannya kan? Untuk itu bijaklah dalam menggunakan jasanya. Bila kamu melanggar ketentuan yang diterapkan admin, bisa-bisa akun kamu di blokir loh. Intinya, jangan sampai kamu merugikan orang lain, karena jasa ini digunakan untuk kepentingan bersama, GenK.

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

Game dan Teknologi

5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

Game dan Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

Game dan Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Game dan Teknologi

Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Game dan Teknologi

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis

Game dan Teknologi

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Game dan Teknologi

7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Game dan Teknologi

Mengenal Teknologi Wireless Charging

Game dan Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light, GenK!

Game dan Teknologi

Video Games yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Game dan Teknologi

Hero Mobile Legend yang Sering Jadi Jagoan Para Players

            Artikel Selanjutnya