leadersingle

10 Perkembangan Teknologi Barang Jadul Sampai Sekarang

Dibaca Normal: 5 menit aja
perkembangan teknologi di Indonesia

Perkembangan teknologi selalu diiringi dengan perkembangan zaman dan cara hidup masyarakat. Buktinya, di zaman digital seperti sekarang, kita mengandalkan piranti digital untuk segala aktivitas. Mulai dari cara belanja, berkomunikasi, membaca berita, membeli berbagai kebutuhan pokok, beli tiket pesawat atau kereta, dan masih banyak lagi.

Tapi, kamu pasti tahu kan kita tidak secara tiba-tiba berada di zaman ini. Sudah banyak perubahan zaman dan teknologi yang kita lalui di Indonesia. Nah, untuk menyadari dan mengetahui apa saja hal-hal teknologi yang berubah dari dulu hingga kini, simak dulu daftar 10 perkembangan teknologi di Indonesia. 

1. Telepon

sumber (3DExport)

Sebagian dari kamu mungkin ingat, dulu telepon dilengkapi tombol besar yang digeser dengan arah memutar. Kamu harus benar-benar memutar nomor satu persatu untuk tersambung ke nomor yang kamu tuju.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sedangkan kini, kamu tak perlu lagi repot-repot menekan tombol nomor lagi kalau mau menelepon seseorang. Dengan handphone yang dimiliki oleh hampir semua orang, semua nomor bisa kamu simpan, dan tinggal kamu pilih mana yang ingin kamu hubungi. Selain itu, berkat handphone, kamu bisa berkomunikasi di mana pun dan kapan pun. Tidak harus via suara, melainkan bisa lewat chatting hingga video call.

2. Printer

Perkembangan teknologi 4

Printer (sumber: pcmag.com)

Printer dibutuhkan untuk mencetak berbagai macam dokumen dan juga poster untuk bermacam kebutuhan. Di zaman sekarang ini sering ditemukan printer yang sekaligus bisa digunakan untuk fotokopi dan scan dokumen. Tak perlu lagi kamu datang ke jasa percetakan, kini kamu sudah bisa mencetak dokumen langsung di rumah. 

Tipe printer pun semakin beragam, bisa dicocokkan berdasarkan kebutuhan. Ukuran dari printer jaman modern pun tak makan banyak tempat. Bukan hanya itu, bobotnya pun ringan sehingga mudah untuk dipindahkan ke mana-mana.

3. Kamera

sumber (Superbanggo)

Dari dulu hingga kini, kamera dibutuhkan untuk mengabadikan momen bersama kerabat, pasangan, dan juga keluarga. Kamu pasti salah satunya, kan? Dulu, untuk melihat hasil foto, kamu harus mencetaknya terlebih dahulu. Berbeda jauh dengan era modern ini. Untuk melihat hasilnya, kamu tinggal mengecek layar kamera. Kamu juga bisa menyambungkan kamera ke smartphone

Untuk mencetaknya pun mudah, tinggal sambungkan ke Wi-Fi atau Bluetooth. Tak perlu lagi pakai kabel yang merepotkan itu. Pokoknya, di era digital ini kamu lebih mudah untuk tampil hits dengan kamera digital. Bukan cuma itu, kamu juga kian mudah untuk membagi hasil foto ke media sosial.

Baca Juga
4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

4. Game Boy

Perkembangan teknologi 1

Game Boy (Sumber: coolshop.co.uk)

Hobi main game? Kalau kamu gamer, kamu pasti tahu perkembangan perangkat game dari dulu hingga sekarang. Dulu, kamu pasti terbiasa dengan istilah Nintendo, Game Boy atau Tamagochi, kan? Nah, kini perangkat tersebut sudah berubah menjadi PlayStation, PC game, juga game yang ada di gadgetmu.

Varian game pada perangkat digital pun berbeda. Bahkan kini ada game yang membutuhkan akses internet untuk dimainkan. Kamu bisa bermain bersama orang-orang dari berbagai negara yang kamu temui di dalam satu perangkat game. Seru kan? 

5. DVD

sumber (wikipedia)

Di jaman dulu, saat kamu ketinggalan nonton film di bioskop kamu pasti berlomba-lomba dan buru-buru untuk datangi toko DVD. Di sana kamu bisa mencari judul filmnya dan beli DVD-nya. 

Nah, berbeda dengan jaman sekarang. Kamu bisa menonton film dan video secara online di berbagai platform digital. Salah satu platform digital yang menawarkan berbagai macam jenis dan genre film dan video adalah YouTube. 

Di sana kamu bisa mencari dan menonton berbagai macam video menarik sesuai dengan tema yang kamu sukai. Bahkan, kamu pun bisa streaming langsung video yang ada di televisi. Pastinya kamu sudah sering dong mencobanya?

Baca Juga
Teknologi Wireless Charging, Cara Isi Daya Paling Kekinian

6. OHP

Perkembangan teknologi 2

OHP (sumber: glsed.co.uk)

Zaman dahulu, kamu pernah dong merasakan repotnya kalau mau presentasi di depan umum? Materi yang akan kamu presentasikan gak bisa di-copas dari internet atau dokumen lainnya. Kamu harus tulis tangan satu persatu, beli kertas transparan, baru bisa presentasikan materinya.

Jauh berbeda dengan sekarang. Semua terasa mudah, efisien dan sangat simpel. Untuk materi presentasi, kamu bisa mencarinya di internet. Dan untuk mempresentasikannya kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Power Point yang bisa buat tampilan dokumen presentasimu lebih menarik dan keren. Kamu pun juga bisa tambahkan berbagai jenis animasi untuk menggambarkan sesuatu produk yang ingin kamu presentasikan. Pokoknya keren deh!

7. Televisi

sumber (bukalapak)

Waktu kecil, kamu pernah nonton TV yang bentuknya menyerupai tabung? Atau yang layarnya masih hitam putih? Perkembangan teknologi sudah meninggalkan semua itu jauh di belakang! Kini kamu bisa menonton TV di layar TV yang datar bahkan cekung, dan didukung dengan teknologi 3D. Kamu bisa memaksimalkan imajinasimu saat menonton TV dan film. Warna-warna yang cerah dan jernih pun kini bisa kamu nikmati di layar. Beruntung kan?

8. Hard Disk

Perkembangan teknologi 3

Hard disk (sumber: indiamart.com)

Berbagai dokumen penting pastinya harus disimpan dan dihindarkan dari berbagai virus internet. Dulu, untuk menyimpan berbagai dokumen kamu membutuhkan perangkat yang dinamakan disket. Tetapi kini, kamu bisa simpan di flashdisk, USB, atau hard disk eksternal.

Lebih mudahnya lagi, kamu bisa menyimpan dokumen penting di dunia digital, seperti di Gdrive yang dibuat Google. Tak perlu khawatir terhapus atau hilang. Apalagi, kamu bisa menyimpan dokumen dengan ukuran sebesar apa pun tergantung fasilitas yang kamu pilih. 

Baca Juga
Ini Dia Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

9. Perangkat Audio

sumber (djarumcokelat)

Dulu, untuk mendengarkan lagu di mana pun dan kapan pun, kamu membutuhkan headset dan Walkman. Bentuknya yang ramping membuat kita mudah untuk menaruhnya di saku atau tas. Tetapi kini, perkembangan teknologi tambah pesat. Perangkat audio sudah berganti ke digital.

Sebut saja, misalnya, iPad. Lewat iPad, kamu sudah bisa dengarkan musik ebih mudah, dengan suara yang lebih jernih pula. Kamu cukup menyimpan lagu yang kamu sukai di perangkat audio ini dan kamu sudah siap mendengarkannya dengan bebas. 

10. Peta

sumber (tokopedia)

Untuk mencari jalan alternatif, tempat yang tidak familiar, bahkan restoran yang belum pernah kita kunjungi, kita bisa mengandalkan peta. Dulu, peta berbentuk kertas yang isinya garis-garis dan titik-titik.

Memusingkan pastinya jika kita harus terus-terusan memperhatikannya di sepanjang perjalanan. Berbeda dengan zaman sekarang. Kamu bisa menggunakan perangkat digital untuk menunjukkan arah tujuan, contohnya Google Maps atau aplikasi Waze. 

Kamu juga tidak harus memperhatikan peta terus-menerus, sebab peta digital ini siap menuntunmu dengan suara. Kapan kamu harus belok kiri, kanan, putar balik, laporan kemacetan lalu lintas, semua tinggal kamu dengarkan. 


Bisa dibilang, semua perkembangan teknologi di atas sangatlah membantu kita menjalankan berbagai aktivitas. Kita bisa menjalani hari-hari dengan lebih cepat dan efisien. Setuju?

Polling

 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

Fake Chat: Dari Bahan Prank Jadi Cerita Fiksi

Game & Teknologi

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Game & Teknologi

Banyak Dimanfaatkan Saat Work From Home, Apa itu Google Meet?

Game & Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

Game & Teknologi

Ingin Punya Kalender Unik? Bikin Lewat 5 Aplikasi Ini Gratis Loh

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>