fbpx

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
QR code adalah

Saat kamu membeli sebuah produk baru, cobalah perhatikan bagian belakang dari barang tersebut, maka kamu biasanya akan menemukan kotak hitam pada labelnya. QR code adalah label hitam yang kamu sering jumpai itu, GenK. Tahukah kamu apa sebenarnya QR code itu?

QR code adalah salah satu jenis label barang yang banyak dijumpai saat ini. Kamu bisa menemukan kotak yang bersusun ini di berbagai hal. Mulai dari produk-produk yang dijual di pasar, selebaran poster, bahkan di tempat makan. 

Label yang sering kamu lihat itu namanya adalah QR code. Bukan cuma sekadar label biasa, susunan kotak-kotak pada QR code punya banyak fungsi loh. Yuk kita cari tahu!

Apa itu QR code?

qr code adalah 1

QR code dapat dibaca dengan smartphone (sumber: imore.com)

Di zaman modern yang serba canggih ini, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan beragam kemudahan dan teknologi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan. Segala hal menjadi lebih mudah dan cepat dibanding zaman dulu. 

Salah satu kemudahan yang sering kita temui adalah pada penggunaan QR code untuk berbagai hal. QR di label camilan, di kotak smartphone baru kamu, QR code di poster film, bahkan di restoran pun semua bisa kamu temukan. 

QR code adalah singkatan dari Quick Response Code, yaitu sejenis matriks kode 2 dimensi yang berguna untuk menyimpan informasi dan pertama kali dikembangkan di Jepang. Quick response merujuk pada kemampuan label ini untuk dapat memberikan akses informasi dengan cepat. 

Pada awalnya, QR code dikembangkan untuk mengoptimalkan proses industri otomotif oleh perusahaan Denso Wave pada tahun 1994 di Jepang. Lalu kemudian diadopsi untuk digunakan di dunia pemasaran hingga dapat dipakai secara luas seperti sekarang. 

Data yang terkandung di dalam QR code bisa beragam, mulai dari teks sederhana, nomor telepon, alamat email, dan masih banyak lagi. QR code bekerja dengan cara menyimpan data melalui pola titik hitam dan ruang berwarna putih yang disusun dalam sebuah kotak. 

Pola yang telah tersusun tersebut kemudian bisa dibaca dan diterjemahkan oleh scanner untuk menjadi informasi atau data yang dapat kita baca. Data yang telah di-scan biasanya akan dapat ditampilkan di layar monitor. 

Untuk membaca data pada QR code, kamu dapat menggunakan kamera atau scanner khusus. Tapi sekarang, QR code sudah bisa dibaca cukup berbekal aplikasi QR scanner yang dapat kamu unduh secara gratis di smartphone, GenK.

Baca Juga   Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

QR code vs barcode

qr code adalah 2

Barcode dan QR code (sumber: scanova.io)

Saat kamu akan membayar sebuah barang yang kamu beli dari supermarket, kamu pasti melihat petugas kasir yang memindai barcode pada kemasan produk dong. Barcode tersebut kemudian akan menampilkan harga yang otomatis tertera pada layar komputer kasir. 

Barcode yang tertera pada sebuah kemasan produk berbentuk garis-garis lurus dengan angka di bawahnya. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih sebenarnya beda barcode dan QR code? Apa sama saja? 

QR code adalah jenis lain dari barcode yang masih dapat kita jumpai hingga saat ini. Perbedaannya adalah pada kemampuan untuk menyimpan informasi pada QR code jauh lebih baik karena informasi dapat disimpan secara horizontal dan vertikal, dibanding pada barcode yang hanya dapat dilakukan secara horizontal. 

Baca Juga   Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light, GenK!

Kelebihan QR code

qr code adalah 3

QR code tidak memerlukan scanner khusus seperti barcode (sumber: gammasolutions.com)

Dibanding dengan barcode, QR code mampu menyimpan hingga 350 kali lebih banyak informasi. Jika barcode hanya dapat menampung maksimal sampai 20 karakter alphanumeric, QR code bisa memuat hingga 4000 karakter loh

Bukan hanya itu, QR code banyak dipilih ketimbang barcode karena akses data yang jauh lebih mudah. Untuk dapat membaca informasi pada barcode, kamu memerlukan alat scanner khusus.

Sementara data pada QR code bisa langsung diakses secara instan menggunakan aplikasi di smartphone-mu. Jadi gak perlu repot-repot membeli alat scanner terpisah deh

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh QR code adalah pada kemampuan error correction bawaannya. Sehingga jika QR code bisa lebih tahan dari kemungkinan kerusakan seperti robek atau terkena air. 

Baca Juga   Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Label Multi Fungsi  

qr code adalah 4

Kartu nama dengan QR code (sumber: webplantmedia.com)

QR code adalah salah satu metode praktis yang menjadi pilihan distribusi informasi dan akses data secara instan. Banyak orang yang menggunakan QR code untuk macam-macam keperluan yang berkaitan dengan akses informasi. 

Cukup dengan mengarahkan kamera ponsel ke QR code, kamu sudah bisa tahu informasi mengenai sebuah produk secara lengkap dan jelas melalui layar smartphone

Selain sebagai penampil informasi sebuah produk, QR code juga memiliki ragam kegunaan lainnya, GenK. Apa saja tuh?

  • Mengarahkan calon pelanggan untuk mengunjungi situs atau sosial media bisnismu.
  • Membagikan teks ucapan pendek seperti “Selamat Hari Lebaran, Mohon Maaf Lahir dan Batin” atau ucapan ulang tahun. 
  • Bisa digunakan sebagai alat transaksi keuangan modern baik untuk pembayaran, atau memberikan diskon, semua bisa lewat QR code.
  • Cantumkan daftar menu makanan di depan jendela restoran, jadi calon pelanggan bisa melihat menu tanpa perlu harus masuk ke dalam. 
  • Gunakan QR code untuk membawa calon pembeli ke lapak jualan online kamu.   
  • Sertakan di kartu namamu untuk akses ke profil LinkedIn atau CV kamu, GenK. 

Buat kamu yang tertarik untuk membuat QR code versimu sendiri, bisa langsung akses saja QR generator di internet. Kamu dapat membuat customized QR code untuk semua keperluanmu.

Cukup masukan link yang nantinya akan menjadi data yang dibaca. Setelah jadi,  kamu bisa langsung menyebarkan QR code sesuai keinginanmu. Beberapa situs juga menyediakan fitur custom warna dan elemen tambahan untuk QR code loh.


Wah, QR code memang punya memiliki banyak fungsi yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, GenK. Mulai dari jualan online, sampai urusan profesional, semuanya tinggal scan, scan, scan. M

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

Game dan Teknologi

5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

Game dan Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

Game dan Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Game dan Teknologi

Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Game dan Teknologi

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis

Game dan Teknologi

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Game dan Teknologi

7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Game dan Teknologi

Mengenal Teknologi Wireless Charging

Game dan Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light, GenK!

Game dan Teknologi

Video Games yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Game dan Teknologi

Hero Mobile Legend yang Sering Jadi Jagoan Para Players

Game dan Teknologi

7 Mainan Anak yang Jadi Favorit Orang Dewasa

            Artikel Selanjutnya