Game & Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

kecerdasan buatan

Cara Kerja Kecerdasan Buatan

  • Machine Learning (ML) 

Machine Learning adalah pengaplikasian AI pada sistem komputer yang memberikan kemampuan untuk ‘belajar’ secara otomatis melalui pengalamannya tanpa perlu diprogram. ML berfokus pada pengembangan algoritma yang dapat menganalisa data dan membuat prediksi. Metode inilah yang membuatmu sering mendapat rekomendasi rute di jalan maupun film untuk ditonton.  

Bagian dari machine learning yang bertugas untuk memproses data dengan lebih baik disebut deep learning. Metode deep learning memakai Artificial Neural Network (ANN) yang mirip dengan jaringan otak manusia. Deep learning inilah yang membuat Kecerdasan Buatan dapat belajar secara otomatis dan menggunakan data untuk melakukan proses kerjanya. 

  • Neural Network

Neural network merupakan sistem jaringan pada AI yang menyerupai sistem neuron pada manusia. Layaknya neuron pada manusia, neural network tersusun atas banyak lapisan yang saling menyambung satu sama lain. Deep learning menggunakan neural network ini dalam prosesnya. 

Baca Juga :   10 Perkembangan Teknologi Barang Jadul Sampai Sekarang
  • Natural Language Processing (NLP)

Kemampuan AI untuk mendeteksi, memahami, dan memproduksi bahasa yang digunakan manusia disebut NLP. Dengan berbekal NLP, komputer dapat memahami bahasa dalam konteks penggunaannya untuk berbagai keperluan. 

Salah satu aplikasi dari NLP adalah pendeteksi spam pada email. Dengan menganalisa teks pada email, dapat diketahui apakah email tersebut merupakan junk atau tidak. Virtual assistant seperti Siri dan Google Assistant juga menggunakan NLP untuk dapat mengerti perkataan para penggunanya. 

  • Computer Vision 

kecerdasan buatan 2

Computer vision bertujuan untuk mendeteksi data visual (sumber: deepai.org)

Teknologi yang mampu memproses visual pada AI disebut computer vision. Fitur ini menggunakan kamera untuk mengambil gambar yang kemudian diproses oleh deep learning. Data visual yang diperoleh dapat berupa grafik, foto, tabel, hingga tabel. 

Penerapan Kecerdasan Buatan dapat diaplikasikan ke hampir seluruh bidang pekerjaan. Mulai dari industri produksi makanan, penerbangan, pendidikan, otomotif, pertanian, hingga ke industri kesehatan loh. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Program Software untuk Bisnis Kecil Biar Sistem Operasionalmu Lancar

Game & Teknologi

Buat Stiker Whatsapp Mudah Pakai 4 Aplikasi Android Ini

Game & Teknologi

5 Rekomendasi Website untuk Download GIF Gratis

Game & Teknologi

Rekomendasi Tools Marketing Gratis dari Google untuk Kembangkan Bisnis Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.