Game & Teknologi

Rekomendasi Tools Marketing Gratis dari Google untuk Kembangkan Bisnis Kamu

Google itu rajanya search engine, di mana hampir semua orang menjadikannya mesin pencarian di internet. Menurut InternetLiveStats, Google memproses sekitar 40.000 query pencarian setiap detik. Nggak cuma itu aja, tapi ternyata juga ada tools marketing gratis dari Google. Sangat maklum kalau kamu sebagai marketer menggunakan search engine marketing di Google. Soalnya, menurut StatCounter, 92% pencarian di seluruh perangkat, baik itu mobile, desktop dan lainnya, itu dilakukan dengan Google. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut.

Macam-Macam Tools Marketing Google

Sumber : postmedia.digital

Seperti yang udah kamu baca di atas, bahwa Google merupakan media yang sangat tepat untuk digital marketing. Apalagi, kalau kamu menggunakan tools marketing dari Google. Maka, kamu bisa mendapatkan manfaat, seperti meningkatkan brand awareness, mengelola dan menaikkan penjualan, menganalisa dan melacak performa campaign kamu, mencapai target audiens, serta memodifikasi strategi marketing selanjutnya.

Berikut tools marketing Google yang tersedia gratis buat kamu:

Google Analytics

Sumber Gambar : googleapis.com

Kamu nggak cukup kalau sekadar memiliki sebuah website aja. Bakal sulit untuk mendapatkan konsumen dan penjualan. Kamu perlu menjawab pertanyaan ini:

Berapa lama visitor melihat-lihat website kamu?

Berapa kali visitor kembali ke website kamu?

Apa kamu mengalami bounce rate yang tinggi?

Bounce rate adalah persentase jumlah visitor yang mengunjungi website kamu lalu langsung pergi. Jadi, makin rendah bounce rate akan semakin bagus.

Nah, semua pertanyaan tadi bisa terjawab dengan Google Analytics. Kamu bisa mendapatkan informasi detail tentang website traffic, melacak orang-orang yang mengunjungi website kamu, apa yang mereka cari dan masih banyak lagi.

Google Ads

tools marketing gratis dari google

Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Google Ads atau iklan Google biasanya tersedia dengan model pay-per-click (PPC). Dengan iklan, kamu bisa menampilkan keunikan bisnismu. Lho, katanya pay-per-click tapi, kok, gratis? Kabar baiknya, kamu membayar hanya ketika ada visitor yang mengklik iklanmu. Google Ads ini dapat membantu meningkatkan web traffic, juga menemukan keyword yang bisa mendatangkan traffic.

Google Trends

Sumber Gambar : oberlo.com

Kalau kamu mencari tool yang bisa membantu membandingkan keyword, menunjukkan performa keyword dan menampilkan proyeksi performanya di masa depan, Google Trends adalah tools yang tepat. Tool ini membantu kamu membuat pilihan keyword yang lebih cerdas, berdasarkan popularitasnya. Kamu pun bisa mengetahui keyword trending menurut daerah geografis dan zona waktu, lalu membandingkannya.

Baca Juga :   6 Tipe Pemain PUBG, Kalau Kamu yang Mana?

Google My Business

tools marketing gratis dari google

Sumber Gambar : upbuild.io

Nggak ada yang lebih baik daripada menempatkan website kamu di peringkat atas Google. Kabar gembiranya, kamu nggak perlu bayar untuk ini. Cukup bikin akun Google My Business atau Google Bisnisku, udah gitu aja. Kamu bisa mengelola tampilan bisnismu di Google Search dan Google Maps dengan tool ini. Google marketing dengan cara ini efektif, nih.

Google Keyword Planner

tools marketing gratis dari google

Sumber Gambar : amazonaws.com

Saat kamu membuat konten untuk media digital apapun, kamu harus menggunakan kata-kata yang benar-benar pas dan tepat. Ketika kamu menargetkan audiens yang spesifik, maka kamu perlu menggunakan keyword. Google Keyword Planner adalah smart tool yang menampilkan keyword, berdasarkan lokasi pencarian, target audiens dan search volume. Kamu juga terbantu dalam memilih long-tail keyword. Semua keyword ini yang menghubungkan konten kamu dan audiens.

Itu tadi berbagai tools marketing gratis dari Google. Menyenangkan, lho, kalau kamu bisa mengelola tools gratis tersebut untuk marketing. Kamu bisa mengelola website sekaligus melakukan pemasaran secara lebih maksimal. Tools ini juga bisa menjadi aset jangka panjang kamu. Gunakan bantuan gratis dari Google ini untuk mengembangkan bisnismu.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Program Software untuk Bisnis Kecil Biar Sistem Operasionalmu Lancar

Game & Teknologi

Buat Stiker Whatsapp Mudah Pakai 4 Aplikasi Android Ini

Game & Teknologi

5 Rekomendasi Website untuk Download GIF Gratis

Game & Teknologi

Perkembangan Auto Menfess di Indonesia