Tips Jitu untuk Memilih Spesifikasi Laptop Desain Terbaik

Dibaca Normal: 4 menit aja

Beragamnya karya desain digital yang dapat kamu buat turut menentukan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada baiknya, tentukan dulu pekerjaan desain seperti apa yang akan dilakukan nantinya. Jika kamu hanya ingin belajar desain ataupun sekedar melatih kemampuan mendesain, maka laptop dengan spesifikasi standar berupa Intel i3 dan RAM 4 GB yang sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa sudah cukup untuk mendukung proses belajarmu.   

Sementara jika kamu sudah memiliki kemampuan desain yang lebih mahir dan sering memiliki tugas terkait desain, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan berbekal RAM 8GB dan Intel i5 atau AMD FX. Nah, jika kamu adalah seorang desainer profesional yang setiap hari berhadapan dengan beragam proyek desain yang kompleks dan berat, kamu butuh spesifikasi paling tinggi nih biar nanti proses mendesain kamu dapat berjalan lancar. Laptop dengan generasi terbaru Intel dengan RAM 16 GB menjadi pilihan yang ideal. 

Spesifikasi Laptop Desain 

Aspek yang paling penting yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli sebuah laptop adalah spesifikasinya. Untuk memudahkan kamu dalam mengerjakan aktivitas desainmu, ada beberapa spesifikasi laptop desain khusus yang harus kamu perhatikan. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Spesifikasi sebuah laptop merupakan faktor utama yang mempengaruhi harga jual dari laptop tersebut. Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pula harganya. Supaya kamu bisa menentukan laptop seperti apa yang harus kamu beli agar sesuai dengan kebutuhanmu, perhatikan dulu macam-macam spesifikasi khususnya. Yuk, simak di bawah ini!

1. Prosesor

Spesifikasi laptop desain 1

Sumber: pexels.com

Prosesor (processor) atau juga dikenal dengan istilah CPU (Central Processing Unit) menjadi salah satu aspek utama yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan jenis laptop apa yang akan kamu beli. Perangkat kecil berbentuk chip ini disematkan ke dalam badan komputer sebagai bagian dari motherboard. 

 Jika diibaratkan sebuah tubuh, prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Layaknya fungsi otak, prosesor bertugas sebagai pusat kendali dari sistem laptop.  Pemilihan prosesor yang tepat penting loh! Hal ini berkaitan dengan kinerja laptop saat mengerjakan berbagai proyek desainmu nanti. Dengan memilih prosesor yang tepat, kamu bisa mendapatkan laptop dengan kualitas yang mumpuni dengan harga yang tetap terjangkau. 

Beberapa merek prosesor diantaranya adalah Apple, Intel, IBM, AMD, Cyrix VIA, dan IDT.  Walaupun pada umumnya, Intel dan AMD menjadi prosesor yang paling banyak digunakan untuk berbagai perangkat laptop maupun komputer. Kalau kamu Tim Intel atau Tim AMD nih? Seri Intel Core i7 generasi kedelapan, dan AMD Ryzen 7 merupakan prosesor dua prosesor yang menjadi favorit para desainer. Kedua proses tersebut sama-sama menawarkan kecepatan proses yang paripurna untuk mendukung segala jenis aktivitas desain yang akan kamu lakukan. 

Baca Juga
5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

2. Layar 

Spesifikasi laptop desain 1

Sumber: reolink.com

Tidak kalah penting dari prosesor, sebagai salah satu spesifikasi laptop desain yang wajib banget kamu perhatikan . Seperti namanya, aktivitas desain grafis tentunya tak lepas dari peran visual. Aktivitas mendesain akan terasa nyaman jika laptop didukung dengan layar yang memiliki kemampuan visual yang baik. Lalu, seperti apa kriteria layar yang baik?

Kualitas layar yang baik ditentukan oleh tingkat resolusi layar, luas layar, serta teknologi yang digunakan. Layar yang ideal untuk aktivitas desain grafis adalah layar dengan resolusi minimal 1080 pixel dengan luas layar 13 inch. Semakin tinggi tingkat resolusi layar, baik Full HD, hingga layar dengan kualitas 4K, maka semakin detail gambar yang dihasilkan oleh layar tersebut. Jenis layar yang sering digunakan pada umumnya adalah layar LED (light-emitting diodes) dan layar IPS (in-plane switching). 

Kelebihan LED adalah pada penggunaan dayanya yang lebih kecil dengan dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Sementara layar IPS menawarkan produksi warna yang lebih dalam serta akurat, dan tampilan yang lebih baik untuk penggunaan di bawah sinar matahari langsung. Lebar dari layar laptop juga menentukan kenyamanan dalam bekerja. Layar yang lebar dapat memberikan pengalaman mendesain yang lebih leluasa. 

Baca Juga
Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Artikel Terkait
Game & Teknologi

7 Alat untuk Membuat Podcast yang Mesti Kamu Siapkan

Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

Game & Teknologi

Pesona Game Animal Crossing yang Hits di Tengah Pandemi COVID-19

Game & Teknologi

Ini Dia Karakter Baru One Piece: Pirate Warriors 4, Sudah Tau?

Game & Teknologi

Gak Cuma PUBG, Ini 4 Game Battle Royale Seru yang Layak Kamu Coba

Game & Teknologi

10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>