Game & Teknologi

Tips Membuat Konten Facebook Live yang Menarik untuk Promosi Bisnis

Facebook Live merupakan cara yang asyik untuk berkomunikasi dengan audiens. Cara ini interaktif sehingga bisa menciptakan ikatan antara kamu dan audiensmu. Nah, makanya fitur Facebook ini juga cocok buat promosiin bisnis kamu. Soalnya kamu bisa bikin konten video yang interaktif, dan ditonton langsung oleh komunitasmu. Kita simak aja ulasan selengkapnya tentang fitur Facebook ini.

Cara Menggunakan Facebook Live

Sekarang, kita simak dulu cara singkat bikin Facebook Live. Ada dua cara, yaitu melalui mobile dan desktop.

Facebook Live

Sumber Gambar : akamaized.net

Facebook Live Mobile

  1. Kunjungi Facebook Page tempat bikin video live.
  2. Ketuk “Live”.
  3. Tambahkan deskripsi video yang jelas dan menarik.
  4. Kalau live mobile di Facebook Page, videonya bakal public, jadi orang yang lagi online maupun offline Facebook, bisa ikutan nonton. Kamu bisa ubah setting-nya di “Audience Restrictions”. Caranya, ketuk tiga titik di pojok kanan atas.
  5. Kalau udah, coba-coba aja efek spesial Facebook. Ketuk ikon effects di pojok kiri bawah. Ada banyak lensa, filter dan drawing tool. Kamu juga bisa coba “Mystery Mask” dan akan muncul filter random, cobain aja.
  6. Kalau udah siap, ketuk “Start Live Video”. Facebook bakal ngasih kamu hitung mundur 3 detik sebelum kamu live.
  7. Saat Live, kamu diberi banyak pilihan di layar bawah. Kamu bisa izinkan guest buat join live stream, nulis komen, tambahkan efek, dan switch view Saat udah selesai, pilih “Finish”. Kamu bisa menghapus videonya atau posting di News Feed.

Sumber Gambar : cnet.com

Facebook Live Desktop

  1. Buka Business Page kamu di laptop atau komputer.
  2. Klik tombol “Live”.
  3. Kalau udah, kamu akan diarahkan ke Facebook Live Producer.
  4. Di halaman ini, kamu bisa tambahkan judul videomu, tulis deskripsi video, dan ganti setting-an audiens dan share
  5. Klik “Audience Settings”. Kamu bisa pilih audiens berdasarkan umur dan lokasi.
  6. Untuk menciptakan engagement, kamu bisa tambahkan polling, pertanyaan atau link ke Live kamu. Pilihan ini ada di bar atas di dasbor Live Producer.
  7. Dari sini, kamu bisa putuskan, apa kamu mau live dengan stream key, kamera desktop atau paired encoder. Tinggal klik aja pilihanmu.
Baca Juga :   4 Rekomendasi Website Builder Terbaik dan Gratis

Tips Bikin Konten Yang Menarik

Facebook Live

Sumber Gambar : buffer.com

Biar kontenmu menarik, berikut tipsnya:

Promosikan jauh-jauh hari – Anggap Livemu itu sebuah event. Jadi, bikin jadwal dan beritahu audiensmu sebelum waktu Live. Mereka bakal antisipasi dan menunggu Live kamu.

Bikin Live saat audiens kamu aktif – Gunakan menu Facebook Insights untuk melihat opsi “When your fans are online”. Dari sini, kamu tahu jam-jam mereka biasa online. Bikin Live di jam ini biar ramai penonton.

Lakukan kolaborasi – Salah satu cara terbaik adalah kolaborasi. Bisa melalui interview, bikin panel diskusi, atau melibatkan fans juga.

Buatlah content plan – Membuat perencanaan memudahkanmu untuk bikin video Live yang nyaman ditonton. Kamu lebih lancar saat berbicara, dan bisa menyampaikan pesan dengan jelas.

Libatkan audiens kamu – Biar lebih seru, ngobrol aja dengan follower-mu di Live. Jadilah pendengar dan pembaca yang aktif. Baca semua chat. Beri respon pada komentar-komentar. Flag atau blok apapun yang mencurigakan.

Selalu ingat target bisnismu – Membuat target yang jelas bisa membantu kamu agar tetap fokus di siaran Live. Siaran live-mu juga lebih tertata. Kamu juga bisa lebih baik dalam mengevaluasi hasil dari Live kamu.

 

Demikian ulasan tentang Facebook Live. Sekarang udah lebih paham, ya. Gimana cara bikin Live yang baik, juga tips biar kontenmu menarik. Selamat mencoba.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Cara Mudah Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis

Game & Teknologi

Cara Anti-Ribet Menghubungkan Instagram ke Akun Facebook Bisnis

Game & Teknologi

Software Edit Video PC Terbaik Yang Wajib Dipakai Untuk Buat Konten YouTube

Game & Teknologi

Ini Dia Aplikasi Terbaik untuk Cek Spesifikasi HP dengan Detail