Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Dibaca Normal: 5 menit aja
tren ui ux 2019

UI UX merupakan elemen desain web yang penting untuk diperhatikan. Seorang desainer dituntut untuk up to date dengan perkembangan trennya. Yuk, cari tahu model UI/UX seperti apa saja yang hits di sepanjang tahun 2019 ini!

Setiap kamu berselancar di internet pasti ada saja situs web yang menjadi favoritmu. Entah dari segi tampilannya yang menarik, tingkat efektivitas, dan lain-lain. Nah, tahukah kamu kalau pengalaman baik atau buruk yang kamu dapatkan saat berkunjung ke situs web bukan tanpa alasan loh. Ini dapat dijelaskan dengan teori UI UX. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Wah mendengar namanya saja sudah bikin pusing. Eh tapi jangan pesimis dulu, GenK, UI UX adalah hal yang bisa kamu pelajari kok. Ada strategi yang mesti kamu ketahui untuk mampu membuat desain yang efektif. Strategi ini akan terus berubah dan berkembang seiring perkembangan zaman.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, yaitu tren UI UX design selama 2019 awal, ada baiknya kamu kenali lagi keduanya secara mendalam. Yuk kita bahas sama-sama, GenK! 

Apa Itu UI UX?

User Interface Design atau desain UI adalah sebuah desain keseluruhan gaya dan komponen yang ditampilkan di halaman web. Contohnya seperti tata letak dan bentuk desain menu, ikon, warna, gambar, tombol, dan semua komponen lainnya.

ui ux adalah 1

Contoh rancangan desain aplikasi (sumber: behance.net/XXKalashn2511)

Tampilan UI harus menarik, mudah dioperasikan, dan diposisikan dengan pas di laman web. Karena tujuan utamanya adalah untuk memberikan tampilan yang enak dipandang pengguna.

Sedangkan User Experience Design atau desain UX adalah sebuah proses yang komprehensif untuk mengembangkan pengalaman pengguna sebuah produk web. Caranya dengan memaksimalkan step-by-step yang dilakukan penguna di dalam web tersebut. 👍

Dari sini kamu dapat memberikan pengalaman produk yang hebat saat pengguna berkunjung dan menggunakan situs atau aplikasi rancanganmu. 

Perbedaan UI dan UX

Banyak yang mengira bahwa keduanya adalah satu kesatuan yang sama. Padahal faktanya jelas berbeda.

Keduanya memang memiliki perbedaan, tetapi akan selalu berkaitan satu sama lain.

Pada dasarnya user experience lebih ke cara memahami flow aktivitas pengguna web. Karena tujuannya untuk mencari tahu siapa target audiens, dan apa yang bisa mereka lakukan di dalam situs web atau aplikasi. 

Kalau UX lebih fokus pada bagaimana rasa sebuah produk dan apakah berhasil memecahkan masalah bagi pengguna yang datang. Lain halnya dengan user interface yang fokus pada bentuk web secara keseluruhan.

Ibarat lirik lagu “dari mata turun ke hati”, begitulah cara kerja UI dan UX. Dari tampilan UI maka akan menciptakan UX. Makanya kedua hal ini jelas berbeda. Hayo jangan sampai salah lagi, GenK.

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Coding, Bahasa Teknologi Universal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

Hero Mobile Legend yang Sering Jadi Jagoan Para Players

Game & Teknologi

Final Fantasy VII Remake Akhirnya Dirilis, Kamu Tertarik Mencoba?

Game & Teknologi

5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Game & Teknologi

7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Game & Teknologi

Cara Mengganti Background Foto Online Biar Sesuai dengan Mood Kamu

Game & Teknologi

10 Tips Merawat Earphone Biar Awet dan Tahan Lama

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>