Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

Dibaca Normal: 4 menit aja
video mapping

Teknologi proyeksi semakin berkembang dengan maraknya penggunaan video mapping sebagai bagian dari dekorasi sebuah kegiatan atau acara tertentu. Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu video mapping, langsung simak artikel di bawah ini! 

Menggunakan proyeksi untuk menampilkan gambar dan video melalui komputer tentu sudah wajar. Di sekolah, di tempat umum, bahkan di rumah, teknologi proyeksi layar sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah. 😉

Tapi tahukah kamu kalau proyeksi gambar juga bisa dilakukan di permukaan lainnya, contohnya seperti rumah, jalanan, hingga struktur-struktur lainnya? Bisa bayangin gak bagaimana kalau Menara Eifel, hingga Monumen Nasional diberikan efek visual dari video mapping

UPDATES

Slider

Sangat menakjubkan pastinya. Lihat selengkapnya mengenai video mapping di artikel ini, GenK. 👇

Apa Itu Video Mapping?

video mapping 1

Ilustrasi proyektor biasa dan video mapping (sumber: projection-mapping.com)

Siapa yang belum pernah menggunakan layar proyektor? Pasti hampir semua orang pernah memakai yang namanya proyektor untuk berbagai kebutuhan. Kamu mungkin menggunakan alat ini untuk menonton film favorit bersama teman-teman atau sebagai media presentasi di kelas. 😁

Ternyata bukan cuma di layar, kamu juga bisa memproyeksikan gambar atau video ke benda-benda lain seperti taman, lapangan, bahkan rumah, GenK. Gambarnya juga bisa bergerak dan seakan berinteraksi dengan kamu loh. Ini dia yang dinamakan dengan video mapping atau projection mapping.

Projection mapping, sering disebut spatial augmented reality atau video mapping adalah salah satu teknologi proyeksi. Video mapping digunakan untuk mengubah objek dalam bentuk tidak beraturan menjadi permukaan layar untuk proyeksi video. 

Objek-objek yang digunakan biasanya merupakan landscape industri yang kompleks, seperti bangunan, objek indoor berukuran kecil, atau panggung pementasan. 

Dengan menggunakan software khusus, objek berbentuk dua atau tiga dimensi dipetakan secara spasial (spatial mapping) pada program virtual yang dapat meniru area target proyeksi. Software tersebut mampu berinteraksi dengan sebuah proyektor untuk memproyeksikan gambar yang diinginkan ke permukaan objek target. 😲

Baca Juga
5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Dekorasi Cahaya Terkini 

video mapping 2

Video mapping di Gedung Opera Sydney (sumber: tymhomes.com)

Perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti Samsung, Nokia, dan BMW terus berlomba-lomba dalam hal berinovasi untuk keperluan periklanan produk mereka. Salah satu media yang digunakan  adalah video mapping

Bukan hanya untuk keperluan bisnis saja, GenK, teknologi proyeksi ini juga banyak dimanfaatkan untuk tujuan selebrasi dan promosi kegiatan. Salah satunya adalah video mapping Monas (Monumen Nasional) pada perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta kemarin nih. 🤩

Dalam rangka selebrasi Asian Games, Monas disulap menjadi objek proyeksi visual yang sangat memukau dengan ragam tampilan video dan gambar yang menarik perhatian para pengunjung yang hadir. 

Tak sekadar visual, musik dan berbagai sound effect juga turut memperkaya ilusi optik yang disajikan selama durasi penampilan sekitar 20 menit. Beruntung banget buat kamu yang bisa hadir menyaksikan penampilan spektakuler tersebut, GenK. 👏

Cara Kerja Video Mapping

video mapping 3

Ilustrasi cara kerja video mapping (sumber: projection-mapping.org)

Proses pembuatan video mapping dilakukan melalui beberapa tahapan. Setelah objek yang akan menjadi target proyeksi dipilih, software digunakan untuk memetakan sudut-sudut video pada permukaan. 

  1. Tahapan pertama adalah proses pemilihan gambar atau video yang akan diproyeksikan. Video yang telah dipilih diproyeksikan ke permukaan yang ditargetkan. Pemetaan video dapat dilakukan secara 3D dengan memproyeksikan gambar yang ada pada seluruh permukaan. 
  2. Langkah berikutnya adalah proses “masking”, yaitu memakai opacity template untuk menutupi bentuk asli dan posisi dari elemen-elemen yang berbeda pada bangunan atau area yang akan diproyeksikan. 
  3. Dalam 3D mapping, penentuan koordinasi dilakukan untuk mengetahui letak objek sesuai dengan proyektor, XYZ orientation, posisi, dan spesifikasi lensa yang digunakan pada proyektor untuk menentukan adegan virtual yang dibuat. 
  4. Beberapa penyesuaian juga dapat dilakukan dengan mengubah beberapa elemen fisik maupun virtual secara manual, agar hasil yang ditampilkan bisa lebih maksimal, GenK. 
video mapping 4

Contoh proyektor untuk video mapping (sumber: barco.com)

Proyektor yang digunakan pun tidak sembarangan nih. Untuk melakukan proyeksi pada gedung-gedung pencakar langit atau bangunan besar lainnya, setidaknya diperlukan proyektor dengan output sebesar 20.000 lumen atau lebih. 

Sebagai perbandingan, proyektor yang biasa kamu gunakan setiap hari di kantor atau sekolah hanya memiliki output sebesar 2000-4000 lumen. Jadi kebayang dong betapa besar dan kuatnya proyektor video mapping ini. 💪

Tapi gak perlu khawatir, untuk proyek-proyek kecil seperti pentas drama atau keperluan indoor, proyektor dengan output minimal 2200 lumen sudah cukup untuk membantumu membuat proyeksi video 3D. 

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Kategori Video Mapping

Dalam penggunaannya, video mapping umumnya dibagi berdasarkan kegunaan dan jenis interaksi yang ditawarkan oleh proyeksi tersebut. Empat kategorinya yaitu: 

  • VJ’ing atau VeeJay-ing (Video Jockeying): Digunakan untuk acara langsung yang memakai teknologi proyeksi dinamis (seringkali dengan musik yang interaktif). Dapat dikendalikan secara langsung, telah diprogram sebelumnya, dan terdiri dari kombinasi efek-efek dan effect overlays. 
  • Theatrical: Proyeksi yang dipakai telah ditata sedemikian rupa berdasarkan urutan penampilan pentas panggung. Biasanya dirancang supaya interaktif dan mendukung aksi para pemain seperti berdansa atau penampilan lainnya di atas panggung. 
  • Static/Interactive: Display khusus dipasang sebagai layar untuk proyeksi yang bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan para penonton, melalui program yang telah dibuat. 
  • Video: Kalau kategori ini seperti pada umumnya video yang diputar dari awal hingga akhir dan nihil fitur interaktif. Kayak nonton layar tancap gitu, GenK, cuma permukaannya saja yang berbeda. 


Visual yang ditampilkan oleh video mapping memang kece, GenK. Mata kamu pasti akan sangat dimanjakan dengan gambar dan video yang memukau. Belum lagi kalau ditambah dengan musik yang oke, hasilnya sudah tentu makin ciamik. 👍

Polling

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

Samsung Z Flip, Nostalgia Ponsel Lipat dengan Tampilan Kekinian

Game & Teknologi

7 Cara Merawat Baterai HP Biar Awet dan Tahan Seharian

Game & Teknologi

Berani Uji Nyali? Cobain 7 Game Horor Android Terbaru Ini

Game & Teknologi

Xbox Series X: Si Konsol Gaming Teranyar dengan Spesifikasi Gahar

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link