Mengenal Teknologi Wireless Charging

Dibaca Normal: 5 menit aja
wireless charging

Keterkaitan perangkat telepon genggam dengan mobilitas kehidupan masa ini kian erat. Mulai dari berbisnis, mencari informasi, dan berkomunikasi, kita menggunakan telepon genggam. Untuk mendukung hal tersebut agar menjadi lebih praktis dan efektif, maka diciptakanlah teknologi wireless charging.

Seperti halnya ponsel, charger pun kini menjadi salah satu kebutuhan yang krusial. Daya yang diisi melalui aliran listrik membuat ponsel kalian tahan lama dan tetap menyala. Nah, sekarang sudah ada nih yang dinamakan wireless charging.

Apa Itu Wireless Charging?

wireless charging 1

Wireless charging (Sumber: anker.com)

Wireless charging adalah cara di mana kalian dapat mengisi daya baterai pada ponsel kalian tanpa bantuan kabel.

Maksudnya adalah kalian cukup menempatkan ponsel kalian pada sebuah lempengan besi dan ponsel kalian pun akan terisi daya melalui lempengan tersebut. Metode seperti ini tergolong baru di pasaran. Tetapi teknologi ini memang benar-benar memudahkan kalian dalam mengisi daya listrik pada baterai ponsel kalian, GenK.

Kelebihan Wireless Charging

Nah, bagi kalian yang ingin beralih menggunakan teknologi ini, kalian perlu tahu bahwa ada beberapa manfaat baik dari teknologi ini. Seperti meminimalisir kecelakaan saat menge-charge sebuah ponsel.

Kalian pasti sering dengar bukan kejadian yang menyeramkan karena menggunakan charger secara berlebih?

Di beberapa kasus, ledakan pada perangkat ponsel sampai merenggut nyawa loh! Untuk mengurangi bahaya seperti ini, pengisian baterai tanpa kabel hadir sebagai cara agar aliran listrik tidak terus-terusan mengalir ke perangkat kalian.

Hal ini dapat diartikan, jika kalian mengisi daya listrik untuk ponsel kalian dengan menggunakan pengisian daya nirkabel, maka perangkat tersebut akan berhenti mengalirkan listrik ketika daya dalam baterai kalian sudah terisi dengan penuh.

Jadi tidak perlu khawatir lupa mematikan, GenK.

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

Kelemahan Wireless Charging

Salah satu hal yang masih menjadi perbincangan adalah harga wireless charger. Harganya masih terbilang mahal dibandingkan charger biasa yang kalian punya, GenK.

Selain itu, charger yang menggunakan kabel sudah banyak sekali dijual di pasaran, dalam berbagai tipe dan merek. Kalian tidak akan khawatir bila suatu saat kabel charger kalian rusak, sebab kalian akan dengan mudah dan cepat membeli gantinya.

Lain hal dengan wireless charger ini. Teknologi pengaliran listrik tanpa kabel, sampai saat ini, hanya diperuntukan untuk beberapa jenis model perangkat. Jadi, jika kalian ingin menggunakannya kalian harus membeli perangkat yang sudah mendukung teknologi ini.

Ditambah lagi, GenK, beberapa perangkat ponsel yang sudah mendukung penggunaan teknologi ini pun masih membutuhkan tambahan lempeng atau adaptor. Maklum saja, GenK, kita memang masih harus menunggu terciptanya perangkat wireless charging yang universal.

Daftar Smartphone atau Tablet yang Mendukung Wireless Charging

Setelah kalian lebih memahami apa itu wireless charging, sekarang kalian pasti ingin mengetahui bukan, mana saja ponsel maupun tablet yang mendukung teknologi baru ini?

Jangan sampai kalian salah membeli jenis ponsel, GenK, karena hanya ada beberapa ponsel yang mendukung teknologi ini. Nah, berikut ini beberapa merek perangkat yang sudah mendukung teknologi ini

1.Apple

wireless charging 2

iPhoneX (Sumber: switch.com.my)

Tidak heran, merek perangkat yang satu ini memang selalu update. Merek yang dicetuskan dari pemikiran Steve Jobs ini sudah menyajikan teknologi ini sejak seri iphone 8 dan 8 plus.

Dan sekarang, selain Iphone 8, Iphone X, Iphone XR dan Iphone XS juga sudah mendukung teknologi ini loh! Tertarik beli, GenK?

2. Samsung

wireless charging 3

Samsung (Sumber: pcmag.com)

Ada banyak seri smartphone Samsung yang sudah mengadopsi teknologi ini. Kalian tidak perlu khawatir mau memilih yang mana deh.

Samsung Galaxy Note 8, S7, Note 5, S6, Note FE dan Samsung Galaxy S10 adalah beberapa di antaranya. Selain itu, banyak seri ponsel keluaran merek ini yang sudah didukung teknologi fast charging, jadi kalian tidak mesti menunggu lama saat sedang mengisi daya baterai.

Baca Juga
4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

3. Blackberry

wireless charging 2

Blackberry Priv (Sumber: eratekno.com)

Merek ponsel yang terkenal di era tahun 2000an ini pun telah mendukung adanya pengisian daya baterai lewat teknologi wireless charging. Misalnya, kalian dapat menemukannya di tipe ponsel Priv.

Bahkan, jangan salah, Blackberry juga mempunyai wireless charging keluarannya sendiri loh. Wireless charging pertama yang dibuat oleh merek ini mendung teknologi fast charging. Dengan desain layaknya perisai, Blackberry seolah ingin meyakinkan konsumen bahwa teknologi keluarannya aman untuk dipakai. Lucu sekali kan bentuknya?

4. Microsoft Lumia

wireless charging 5

Nokia Lumia 920 (Sumber: bacahape.blogspot.com)

Selanjutnya, jika kalian menyukai merek ponsel keluaran Microsoft, ada beberapa tipe nih yang bisa kalian pilih sebagai rekomendasi untuk dapat mencoba layanan ini. Antara lain Microsoft Lumia tipe 920, 928, 929, 930, 1020 dan 1520.

Bagaimana, GenK? Apa kamu termasuk Microsoft fanboy/fangirl?

5.Google

Mengenal Teknologi Wireless Charging 6

Google Pixel 3 (Sumber: trustedreviews.com)

Nah, bagi kalian yang belum familiar dengan perangkat yang satu ini, jangan salah, Google mengeluarkan ponsel yang mendukung teknologi pengisian baterai nirkabel juga lho!

Ada beberapa pilihan nih untuk kalian yang tertarik untuk mencobanya. Google Nexus, Google Pixel 3 dan Google Pixel 3XL. Google Pixel 3, contohnya, ponsel pintar ini telah didukung dengan baterai berkapasitas 2,915 mAh dengan tegangan 9V/2A 18W, jadi sudah dapat dipastikan kecepatan pengisian dayanya telah teruji.

Baca Juga
5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

6. Xiaomi

wireless charging 7

Xiaomi 9 (Sumber: gadgetbytenepal.com)

Yang terakhir adalah merek Xiaomi. Wireless charger Xiaomi dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bagi kalian yang ingin dan sudah terbiasa menggunakan merek ponsel satu ini, ada beberapa pilihan yang bisa kalian beli nih! Fast wireless charging sudah ada di Xiaomi 9, Xiaomi 9 Explorer, dan Xiaomi Mi Mix 3. Cuma, sayangnya untuk Xiaomi 9, kalian masih harus membeli wireless charger secara terpisah sebagai tambahan.

Setelah kalian mengenal apa itu wireless charging, apakah sekarang kalian mulai berpikir untuk mencobanya? Walau mungkin masih terdengar asing di telinga kalian, tidak ada salahnya kok untuk mengikuti teknologi ini. Banyak keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan.


Dengan mencoba hal baru atau teknologi baru seperti ini, kalian dapat tetap up to date dengan informasi terkini. Tapi ingat, GenK, jangan terlalu lama bermain gadget karena paparan blue light pada layarnya bisa berpengaruh buruk pada tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Game & Teknologi

5 Rekomendasi Smartwatch Murah Terbaik Anti Kantong Jebol

Game & Teknologi

5 Aplikasi Pengubah Suara PC untuk Live Streaming

Game & Teknologi

Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Game & Teknologi

7 Rekomendasi Tablet Murah Terbaik Harga 2 Jutaan

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link