Seni Rupa & Desain

Tutorial Lengkap Bikin Efek Gaussian Blur dengan Mudah Pakai Photoshop

gaussian blur

Ada banyak banget efek blur atau bokeh yang bisa kamu buat dengan photo editing software untuk menambah kesan estetis pada hasil jepretanmu. Sebut saja Average, Motion Blur, Blur and Blur More, Radial Blur, Smart Blur, Surface Blur hingga Gaussian Blur. Nah, dari semua filter bokeh dalam dunia fotografi, Gaussian Blur adalah yang paling basic dan sering banget dipakai, GenKs. Hasil dari filter Gaussian Blur terlihat lebih natural dan lembut, lho. Yuk, sekarang intip gimana sih, cara membuat efek Gaussian Blur pakai Photoshop yang anti ribet! Tapi sebelum itu, simak dulu apa yang dimaksud dengan filter Gaussian Blur.

Pengertian Gaussian Blur

Sumber Gambar : scene7.com

Well, Gaussian Blur sendiri bisa diartikan sebagai efek yang dihasilkan dari fungsi Gaussian yang terdapat pada beragam editing photo software populer, guys. fungsi dari filter Gaussian Blur adalah untuk mereduksi noise di gambar dan juga meningkatkan efek blur pada bidang foto yang kamu inginkan.

Jika kamu mengaplikasikan efek Gaussian Blur, maka hasil fotomu akan terlihat memiliki bidang nge-blur alias nggak jelas. Jenis fotografi yang biasa menggunakan efek blur seperti Gaussian, adalah foto makro, foto produk, foto model dan foto jurnalistik.

4 Langkah Mudah Bikin Efek Gaussian Blur dengan Photoshop

Sumber Gambar : desktopbackground.org

1. Langkah Pertama

Sumber Gambar : smushcdn.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat efek ini adalah dengan tool Adobe Photoshop adalah membuka foto yang ingin diedit. Caranya dengan menekan menu File > Open. Atau bisa juga dengan cara yang lebih gampang, yaitu menekan shortcut Ctrl+O.

2. Langkah Kedua

Sumber Gambar : blogspot.com

Setelah itu, kamu bisa buka menu Filter. Nah, di sini karena kita mau menggunakan efek blur Gaussian, maka menu yang harus kamu pilih adalah menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Meski nggak ada shortcut untuk membuka efek tersebut. Tapi nggak sulit kok, untuk menemukannya, bahkan untuk kamu-kamu yang masih newbie di bidang edit foto.

3. Langkah Ketiga

gaussian blur

Sumber Gambar : idgesg.net

Berikutnya, kamu akan dibawa ke tab baru. Sebelum lanjut lagi, kamu harus mengatur tingkat radius dari blur ini dulu, guys. Semakin besar angka radius yang kamu pilih, artinya efek nge-blur-nya pun akan semakin besar.

Terdapat beberapa opsi radius piksel yang bisa kamu pilih. Mulai dari 5 piksel, 20 dan lain sebagainya. Nah, kalau sudah memilih radiusnya, kamu tinggal meng-klik tombol OK saja, deh, guys.

4. Langkah Keempat

gaussian blur

Sumber Gambar : coreldraw.com

Dan dengan meng-klik OK, maka langkah dalam cara membuat Gaussian Blur pada foto pakai Adobe Photoshop telah selesai, GenKs. Yups, memang semudah itu. Siapa pun bisa melakukannya, karena nggak butuh skill editing yang terlalu rumit. Langsung praktek, yuk!

Cara Bikin Gaussian Blur pada Background Foto dengan Photoshop

gaussian blur

Sumber Gambar : fotor.com

Nah, kalah sudah mahir bikin Gaussian Blur dengan software atau aplikasi Adobe Photoshop, sekarang coba kamu ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat efek nge-blur pada background foto dengan filter Gaussian Blur di Photoshop berikut ini, deh:

  1. Buka Photoshop di perangkatmu, lalu pilih foto dari yang mau diedit background-nya
  2. Seleksi foto dengan Pen Tool untuk memilih bagian mana saja dari background fotomu yang ingin diberi efek blur. Setelah itu, klik kanan di area Pen Tool dan klik menu Make selection
  3. Langkah selanjutnya, tekan tombol CTRL+SHIFT+I untuk memilih seleksi di area lainnya selain objek foto
  4. Terakhir, kamu tinggal meng-klik tab Filter dan pilih blur, lalu tekan opsi Gaussian Blur
  5. Dan, selesai, deh, GenKs!

Itulah cara membuat Gaussian Blur dengan Adobe Photoshop disertai langkah demi langkah. Gimana, siap praktek?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian