3 Trik Jitu Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai Dalam Empat Bulan

Dibaca Normal: 3 menit aja

Sudah menjadi rahasia umum kalau skripsi merupakan hal yang menakutkan. Eits, tapi itu tergantung dari sudut pandang mana kamu melihat. Kalau kamu memiliki trik dan disiplin ketika mengerjakannya, semua bisa selesai tepat pada waktunya, lho. Idealnya, orang mengerjakan skripsi dalam waktu 6 bulan. Tapi sebenernya jika kamu sedikit ambisius, skripsi bisa selesai dalam 4 bulan aja, lho. Penasaran kan bagaimana caranya?

Slider
Slider
Slider

1. Gunakan 2 Bulan Pertama untuk Mencari Data

Ilustrasi cari data. (Sumber: unsplash)

Skripsi tidak akan bisa dikerjakan tanpa adanya data. Hal ini menjadi sangat krusial mengingat data-data ini akan kamu analisis. Gunakan 2 bulan pertama kamu untuk mengumpulkan data sebaik mungkin. Penggunaan waktu selama dua bulan ini juga untuk memastikan bahwa data yang kamu kumpulkan bisa dengan baik dianalisis. Menggunakan waktu selama dua bulan ini juga untuk meminimalisir keraguan saat data ini diolah ke bab pembahasan. Hal ini sangat berpengaruh pada berbagai jenis metode penelitian kamu. Terlebih lagi, jika metode penelitian kamu adalah kualitatif, kamu bisa lebih fokus dan mengumpulkan data yang lebih banyak agar hasil penelitian bisa lebih maksimal.

Baca Juga
Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

2. 2 Bulan Selanjutnya untuk Mengerjakan dan Bimbingan

Ilustrasi bimbingan. (Sumber: unsplash)

Setelah dua bulan pertama berlalu, selanjutnya kamu bisa menggunakan dua bulan terakhir untuk mulai mengerjakan. Di bulan ini juga kamu sudah bisa mulai menghubungi dosen pembimbing untuk melakukan bimbingan. Terkadang, untuk menentukan bimbingan memang susah susah gampang. Maka dari itu, inilah kelebihan yang bisa didapat dengan memfokuskan dua bulan hanya untuk bimbingan. Sebagai tambahan, sebenarnya kamu bisa mengerjakan bab pembukaan hingga bab rujukan teori di bulan yang sama kamu mengumpulkan data. Karena jika diperhatikan, mengerjakan dua bab tersebut bukan perkara yang sulit. Kamu hanya perlu memoles sedikit apa yang sudah kamu presentasikan pada sidang proposal skripsi. Selebihnya, kamu bisa fokus mengerjakan dan berdiskusi dengan pembimbing kamu. Tidak menutup kemungkinan bahwa skripsi kamu nantinya akan sangat mendalam dan berkualitas baik.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Dengan menjalankan trik ini, kamu sudah mendapatkan nilai lebih di mata pembimbing kamu. Bukan tidak mungkin bahwa kamu dinilai telah siap dan mantap dengan apa yang akan kamu bahas pada skripsi kamu nanti. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memberi nilai akhir kamu nanti, lho. Agar timeline kamu sesuai rencana, coba usahakan agar bisa melakukan bimbingan setidaknya seminggu sekali. Bukan hanya untuk mengisi absensi bimbingan, tapi juga menghindari tekanan yang bisa didapatkan. Hidup kamu bukan hanya untuk skripsi saja, kan. Masih banyak prioritas yang harus kamu lakukan.

Baca Juga
7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?

GenK LIFE

Apakah Protein Benar Berikan Manfaat Baik Bagi Tubuh Kita?

GenK LIFE

Cari Tahu Seberapa Tahan Banting Mentalmu Disini!

GenK LIFE

Restorative Yoga, Uniknya Olahraga Sambil Rebahan

GenK LIFE

Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

GenK LIFE

Ini Dia Cara Menambah Followers Instragram Tanpa Harus Beli

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link