5 Cara Aman dan Baik Bersihkan Telinga

Dibaca Normal: 3 menit aja

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang penting yang harus kita lakukan. Cara menjaga kesehatan yang baik adalah dengan menjaga kebersihan diri, salah satunya adalah kebersihan telinga.

Telinga sebagai salah satu indera tentu juga mengeluarkan kotoran seperti indera lainnya. Tak bisa sembarangan, ternyata membersihkan telinga yang baik dan aman dilakukan dengan beberapa cara, loh! Berikut cara membersihkan telinga dengan aman yang dapat kamu lakukan.

1.  Menggunakan Obat Tetes Telinga

Ilustrasi obat telinga. (Sumber: shutterstock)

Salah satu cara paling mudah untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Hal ini akan memudahkam kotoran untuk keluar dengan sendirinya. Walau begitu, kamu juga perlu memastikan agar cairan obat benar-benar masuk ke dalam saluran telinga hingga bekerja dengan efektif.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat merupakan jenis obat tetes telinga yang biasanya juga telah bebas dijual di apotek ataupun toko obat. Kamu juga perlu untuk memastikan petunjuk pemakaian obat dengan benar yang ada pada label kemasan.

2. Menggunakan minyak zaitun atau baby oil

Ilustrasi baby oil. (Sumber: shutterstock)

Minyak zaitun, selain untuk memasak juga banyak dimanfaatkan orang-orang, salah satunya adalah untuk membersihkan atau mengeluarkan kotoran telinga. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dengan menyelupkan sepotong kapas, peras kemudian masukkan ke dalam telinga dan mendiamkannya selama 15 menit hingga kotoran keluar.

Tak hanya minyak zaitun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu juga bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan telinga. Caranya pun sama seperti pemakaian minyak zaitun dan bisa diulang beberapa kali hingga telingga bersih.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Penerapan PSBB Saat COVID-19

GenK LIFE

Ciri dan Manfaat Jadi Orang Open Minded!

GenK LIFE

5 Tips Menghindari Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan

GenK LIFE

Karantina Wilayah dan Pembatasan Sosial Apa Bedanya dengan Lockdown?

GenK LIFE

Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Bikin Hunian Lebih Segar

GenK LIFE

Langkah Pertama Cintai Diri Sendiri: Tumbuhkan Self Esteem!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>