5 Tips yang Kamu Perlukan Untuk Atasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

Dibaca Normal: 4 menit aja

Bagi kamu yang sudah memasuki usia 20-an, terkadang suka merasa bingung karena tiba-tiba harus mengalami pertumbuhan gigi lagi. Namun, hal itu bukanlah hal yang aneh karena nyatanya manusia memiliki tiga gihi molar atau geraham pada setiap rahangnya. Hanya saja, geraham ketiga yang letaknya di paling ujung geraham memang baru tumbuh di akhir, di usia 18-an tahun. Nah, pertumbuhan gigi geraham akhir inilah yang bisa disebut sebagai gigi bungsu.

Slider
Slider
Slider

Dalam kasus pertumnuhan gigi, sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah besar apabila kamu memiliki cukup ruang dalam gusi. Apabila rahang atau ruangan itu terlalu kecil ataupun ada gigi lain yang menghalangi tumbuhnya gigi bungsu, maka gigi bungsu akan tumbuh tidak sejalur yang seharusnya.

Saat terhalangi, gigi bungsu yang tumbuh dapat mendorong gigi depannya demi mendapatkan ruangan yang cukup. Apabila hal ini terjadi, lapisan gusi yang terbuka di atasnya dapat terinfeksi oleh bakteri yang masuk ke dalamnya hingga akhirnya membengkak. Kondisi inilah yang akan terasa menyakitkan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ilustrasi sakit gigi. (Sumber: shutterstock)

Bila gigi ini muncul, umumnya rahang tentu akan terasa pegal dan juga ngilu meski tidak setiap kasus seperti ini. Ada beberapa orang yang tidak merasakan sakit saat gigi ini tumbuh. Misalnya, rasa nyeri, bengkak, infeksi ataupun kerusakan pada gigi lain yang ada disekitar. Walau demikian, tentu ada banyak juga yang mencari cara atau tips untuk mengatasi sakitnya.

Baca Juga
5 Tips Menghindari Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan

Tips mengurangi rasa nyeri saat gigi bungsu tumbuh

1. Berkumur dengan air garam

Garam. (Sumber: pexels)

Tips pertama dalam mengurangi rasa nyeri saat gigi bungsu tumbuh adalah dengan memanfaatkan garam. Garam termasuk ke dalam disinfektan alami sehingga, berkumur menggunakan bahan ini bisa menjadi salah satu hal efektif untuk mengurangi sakit.

Sebuah studi pada 2010 juga menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi bakteri. Cara membuat obat kumur dengan garam juga cukup mudah kamu lakukan. Cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumur mulut dengan larutan tersebut selama beberapa menit, kemudian buang dan ulangi selama beberapa kali.

2. Bawang putih

Bawang putih. (Sumber: pexels)

Bahan lain yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk mengurangi rasa nyeri ada gigi bungsu adalah menggunakan bawang putih. Dalam studi pada 2007, ditemukan bahwa bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Selain itu, bawang juga dapat mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi bakteri.

Penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong bawang dalam ukuran kecil, mengunyahnya di sisi mulut yang sakit selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang dan buang bawang sisa kunyahan tersebut.

Baca Juga
4 Tips Mujarab Menghilang Rasa Gugup di Depan Umum

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Bingung Pilih Jurusan? 5 Prodi Hits Ini Bisa Jadi Pilihanmu, Loh!

GenK LIFE

7 Rekomendasi Manga Psycological Thriller Tegang Namun Seru Untukmu

GenK LIFE

Siapa itu Kawaki di Anime Boruto : Naruto Next Generation?

GenK LIFE

Borderline Personality Disorder, Intip Ciri-Ciri Gangguan Kepribadian Ambang

GenK LIFE

Jangan Tenggelam Dalam Duka Masa Lalu, Sembuhkan Diri dengan Trauma Healing

GenK LIFE

Apakah Kamu Alpha Male dan Alpha Female? Yuk Ikut Tesnya!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link