leadersingle
leadersingle

6 Cara Agar Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

Dibaca Normal: 3 menit aja

Memasuki bulan Ramadhan, sebagai umat Muslim pasti akan melakukan ibadah puasa. Salah satu momen yang mungkin sulit dalam menjalankan ibadah puasa ini adalah kesulitan atau sering terlewat waktu sahur hingga akhirnya bisa berdampak saat menjalani puasa.

Kamu akan menjadi kurang fokus bekerja akibat tubuh yang terasa lesu dan tidak bersemangat serta hal-hal lainnya. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi melewatkan waktu sahur. Beberapa tips berikut bisa kamu ikuti agar bisa tetap bangun sahur tanpa harus begadang.

1. Bangun niat diri untuk sahur

Ilustrasi bangun sahur. (Sumber: allswellhome)

Jika kamu ingin bangun sahur tepat waktu tentu diawali dengan adanya niat dalam diri kamu sendiri. Apabila kamu berniat dan memiliki kesungguhan hati untuk beribadah, tentu ada jalan serta kemudahan untukmu.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Cobalah untuk lawan rasa malas yang ada dalam dirimu tersebut. Jika kamu tetap kalah dengan rasa malasmu, kamu tentu akan gagal untuk lakukan sahur dan menjalankan ibadahmu.

2. Tidur lebih awal

Ilustrasi tidur lebih awal. (Sumber: shutterstock)

Tidur lebih awal dari jam normalmu jadi salah satu hal yang efektif agar kamu bisa bangun saat sahur. Selain itu, tidur lebih awal akan membuatmu mendapat waktu istirahat yang cukup sehingga kamu pasti akan lebih mudah bangun untuk sahur.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan biasakan dirimu untuk begadang apalagi saat menjalani ibadah puasa. Tak hanya selama menjalankan ibadah puasa saja, tidur lebih awal sebenarnya baik untuk kamu lakukan secara teratur agar kamu memiliki jam tidur yang cukup.

Baca Juga
Inilah Waktu Terbaik Saat Sahur yang Harus Kamu Tahu

3. Jangan lupa untuk pasang alarm

Ilustrasi memasang alarm. (Sumber: steebostech)

Mengandalkan alarm untuk membangunkan sahur juga menjadi hal yang penting yang juga bisa kamu lakukan. Agar tidak terlewat jam sahur, kamu bisa memasang alarm dalam kurun waktu 15 hingga 30 menit sebelum waktu bangun yang kamu inginkan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyiapkan diri dan tubuh tidak ‘kaget’ karena harus langsung makan.

Apabila kamu menggunakan alarm pada ponselmu, ada beberapa tips lain yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ringtone yang upbeat dan kencang. Kamu bisa meletakkan alarm tersebut di tempat yang agak berjauhan dari tempst tidurmu sehingga kamu akan termotivasi untuk bangun untuk mematikannya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengubah atau memasang nada alarm menggunakan nada panggilan telepon masuk. Hal ini akan membuatmu secara tak sadar terbangun dan kaget serta merespon cepat sumber bunyi.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Noken: Tas Serat Kayu Tradisional Unik Asal Papua

GenK LIFE

5 Tips yang Harus Kamu Lakukan agar Laptop Tidak Lemot

GenK LIFE

Tak Tergantikan, Ini Hal Spesial yang Kamu Dapat dengan Family Time Berkualitas

GenK LIFE

4 Fobia Hewan yang Paling Sering Dijumpai, Apakah Kamu Salah Satunya?

GenK LIFE

3 Trik Jitu Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai Dalam Empat Bulan

GenK LIFE

Tips Membangun Suasana Cerita Agar Terasa Nyata Sampai ke Pembaca

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>