GenK LIFE

7 Cara Mengatasi Serangan Panik dan Cemas yang Berlebihan

cara mengatasi serangan panik

Pada situasi tertentu, sangat mungkin kamu akan mengalami serangan panik yang berlebihan. Misalnya saat kamu kehilangan ponsel di kendaraan umum atau saat kamu tiba-tiba dipanggil ke ruangan HRD tanpa tahu alasan yang jelas. Ini sangat wajar, karena rasa panik dan cemas merupakan respon pertama yang muncul dari tubuhmu.

Namun, sebaiknya rasa panik dan cemas yang berlebihan ini dikurangi supaya tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Pas banget, karena di artikel kali ini kami akan membahas tips dan cara mengatasi serangan panik yang berlebihan. Yuk langsung saja kita simak di bawah ini!

1. Memahami Gejalanya

cara mengatasi serangan panik

Tanda-tanda panik (sumber: today.com)

Langkah pencegahan pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memahami gejala serangan panik itu sendiri. Misalnya faktor genetik, stres parah akibat kehilangan orang yang kamu sayang, gula darah rendah, ada masalah jantung, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Dari beberapa gejala yang kami sebutkan barusan, apakah ada yang serupa dengan yang kamu alami? Dengan mengetahui gejalanya kamu jadi lebih bisa menghindar dari serangan panik deh.

2. Tidur yang Cukup

Tidur cukup (sumber: unsplash.com)

Manusia normal idealnya memiliki waktu istirahat sekitar 7-9 jam per hari. Sekarang coba kamu hitung jam tidurmu, apakah sudah ideal? Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengatasi serangan panik sekaligus menstabilkan emosi, karena kurang tidur di malam hari merupakan salah satu faktor yang membuat kamu jadi mudah merasa panik berlebihan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur sedikit lebih lama meskipun kamu tengah sibuk mengejar deadline pekerjaan. 

Baca Juga :   6 Cara Berikut Bisa Mengusir Overthinking Loh, Yuk Disimak!
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

GenK LIFE

5 Cara Agar Kamu Bisa Keluar dari Hidup Membosankan