GenK LIFE

7 Cara Untuk Jaga Suara Agar Tetap Bagus Saat Bernyanyi

Memiliki suara yang merdu tentu menjadi impian bagi setiap orang. Banyak darimu yang mungkin berpikiran hanya orang yang bergelut atau bekerja yang dituntut memerlukan kualitas suara saja yang harus memerhatikan kualitas suara mereka. Padahal, kamu sendiripun tetap harus bisa menjaga kesehatan dan suara demi dapat berkomunikasi dengan orang lain. Berikut beberapa cara atau tips menjaga suara yang bisa kamu ikuti.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Ilustrasi air minum. (Sumber: pexels)

Cara menjaga suara yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh salah satunya adalah dengan minum air putih yang cukup. Bukan hanya mengatasi dehidrasi, air putih juga dipercaya dapat menjaga kesehatan pita suara.

Air putih ini juga berfungsi sebagai pelumas karena pita suara yang bekerja dengan getaran yang sangat cepat hingga membutuhkan keseimbangan air. Kamu disarankan untuk minum sebanyak 6 hingga 8 gelas air putih sehari agar asupan cairanmu terjaga.

2. Gunakan suara dengan bijak

Ilustrasi bersuara. (Sumber: shutterstock)

Dalam menjaga kesehatan suara, kamu juga harus belajar bijak dalam menggunakan suara. Apabila kamu sering bicara dalam jangka waktu yang lama, kamu juga membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan suaramu.

Selain itu, hindari juga untuk tidak teriak atau berbicara dengan volume yang terlalu keras. Bernyanyi dengan cara dipaksakan juga tidak baik bagi kesehatan pita suara karena akan menyebabkan pita suara bengkak dan berpotensi munculnya nodul pita suara.

Baca Juga :   Mau Belajar Menyanyi? Cari Tahu Berbagai Jenis Suara Di Sini
About author

Related posts
GenK LIFE

Para Workaholic Wajib Baca! Ini 5 Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras

GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!