GenK LIFE

Hati-Hati, 7 Tipe Kesepian Ini Bisa Menggerogoti Kebahagiaanmu

tipe kesepian

‘Kesepian’, kata ini bikin kita membayangkan diri kita duduk di rumah hanya seorang diri. Benar-benar sendirian. Padahal ada banyak jenis kesepian mungkin dialami seseorang dalam hidup ini. Dan yang namanya kesepian nggak melulu berkaitan dengan isolasi atau kesendirian. Yups, mungkin kamu memiliki perasaan kesepian yang terasa begitu kuat usai putus cinta atau kehilangan sosok yang dicintai. Tapi bukan nggak mungkin kamu merasa sepi meski berada di tengah-tengah banyak orang. Kesepian juga bisa kamu alami ketika sedang menjalani transisi dalam hidup. Ada 7 tipe kesepian yang perlu kamu perhatikan. Dengan mengenali jenis-jenis kesepian, diharapkan kamu akan lebih mudah menemukan cara mengatasinya. Yuk, intip penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

1. Kesepian Karena Kamu Jomblo

kesepian tanpa pasangan

sumber: bornrealist.com

Kamu punya keluarga yang peduli denganmu dan ada juga teman-teman yang sepemikiran dan punya hobi yang sama, tapi bukan berarti kesepian nggak akan datang menghampirimu, loh. Ada juga perasaan kesepian karena kamu nggak punya pasangan, tempat untuk membangun kedekatan yang intim. Meskipun ada pasangan, tapi dalam hubungan tersebut terasa sangat hambar. Nggak ada sensasi ‘menghangatkan’ ketika kamu memikirkan tentangnya atau sedang menghabiskan waktu bersama dengan si dia. Sama sekali kamu nggak merasa punya hubungan mendalam dengan orang tersebut.

2. Kesepian Karena Nggak Ada Teman yang Bisa Dipercaya

kesepian

sumber: psychologytoday.com

Tempat menjadi dirimu sendiri, telinga yang bisa mendengar segala segala tawa dan air mata dan kamu bisa mempercayai mereka. Demikian juga sebaliknya because that’s what friends are for. Akan tetapi ternyata jumlah teman yang banyak nggak selalu bikin bahagia, loh. Kamu sering merasa kesepian saat bersenang-senang bareng mereka. Wah, artinya,kamu mulai meragukan apakah mereka benar-benar baik di depan dan di belakangmu. Karena nggak jarang teman cuma datang ketika kamu memberikan manfaat untuk mereka. Ada juga yang berteman tanpa sungguh-sungguh menganggapmu spesial.

Baca Juga :   5 Langkah Praktis dan Mudah untuk Mengusir Rasa Kesepian

3. Kesepian Karena ‘No-Time-for-Me’

kesepian tidak ada yang menemani

sumber: drdavidbrady.com

Berikutnya adalah tipe kesepian karena ‘no-time-for-me’ loneliness. Nggak jarang meski kita dikelilingi orang-orang yang terlihat ramah, tapi sayangnya hal itu tidak cukup membuatmu merasakan ‘hangat’. Alasannya? Bisa karena mereka terlalu sibuk dengan kehidupannya masing-masing. Atau karena mereka sudah punya banyak teman dan mereka tertarik sama sekali melebarkan koneksi pertemanan. Bisa juga karena mereka sudah berada di fase baru dalam hidup, di mana mereka sudah sibuk bekerja hingga larut, atau mulai membangun keluarga, jadi waktu untuk melakukan segalanya pun berkurang.

About author

Related posts
GenK LIFE

Beberapa Hal Yang Tidak Perlu Dipusingkan Agar Hidup Lebih Menyenangkan

GenK LIFE

Para Workaholic Wajib Baca! Ini 5 Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras

GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!