5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

Dibaca Normal: 5 menit aja
ide acara bukber yang seru

Agar tidak bosan dengan cara bukber yang itu-itu saja, mending cobain nih 5 tema acara bukber yang seru dan murah meriah. Yuk simak, GenK!

Tahun lalu buka bareng di restoran bebek goreng

Masa sekarang mau di situ lagi? Duh bosan!

Buka bareng atau bukber adalah kegiatan buka puasa bersama yang sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya. Bukber juga bisa menjadi ajang temu kangen dengan tama lama. Bagus banget untuk mempererat tali silaturahmi. Namun acara bukber yang itu-itu saja setiap tahunnya tentu membuat kamu jenuh.

Polanya selalu sama. Datang ke tempat acara, makan, foto-foto, lalu pulang. Padahal seharusnya acara bukber dibikin semenarik mungkin supaya lebih berkesan. Bosan juga kalau tiap tahun tahun kayak gitu terus.

Makan bebek goreng lagi? Gak deh

Buka bareng tidak melulu harus di tempat mahal dengan hidangan yang mewah.

Memang, ada banyak tempat makan yang enak, tapi cobain deh bikin acaranya sendiri. Dengan begitu kamu dapat menentukan tema acara bukber sesuai keinginanmu. Daftar kegiatan, lokasi acara, menu makanan, dan properti yang dibutuhkan, semuanya ditangani sendiri olehmu.

Ini tidak serumit yang kamu bayangkan kok. Di sini kami ingin membagikan ide acara bukber yang simpel dan sederhana. Pastinya murah meriah, GenK.

Masih bingung?

Yuk intip 5 tema acara bukber yang seru dan anti-boros berikut ini!

Nobar Film di Rumah

acara bukber yang seru 1

Contoh pilihan film untuk nobar (sumber: pexels.com)

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata nobar film?

Nobar atau nonton bareng adalah kegiatan menonton film bersama-sama. Kalau biasanya nobar identik dengan bioskop, tapi yang ini berbeda, GenK. Nobar di rumah sambil mengisi waktu ngabuburit juga seru loh. Undang teman-temanmu untuk bukber di rumah, lalu tonton film favorit kamu deh.

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk merealisasikan acara nobar, seperti televisi dan speaker kecil kalau kamu menggunakan laptop. Mudah bukan? Lalu ada opsi lain kalau kamu ingin yang lebih wah.

Tahu layar tancap?

Yap, membuat layar tancap a la-a la juga bisa digunakan sebagai properti nobar. Namun kamu memerlukan LCD proyektor. Barang ini bisa didapatkan dengan beberapa cara kalau kamu tidak memilikinya, seperti meminjam teman ataupun pergi ke tempat yang menyediakan jasa sewa LCD proyektor. Cukup sewa sehari saja, GenK.

Sorot cahaya ke dinding polos atau yang sudah dilapisi dengan kain terlebih dahulu supaya gambar yang dihasilkan LCD lebih terlihat jelas.

Nobar di rumah bakalan berkesan banget deh. Tinggal pilih genre film yang sesuai mood hari itu. Kami menyarankan genre drama, horor, atau thriller. Tiba-tiba sudah azan magrib karena keasikan nonton film, asik kan?

Gimana? Apa kamu tertarik dengan ide acara bukber yang satu ini?

Baca Juga
Kenapa Kamu Harus Punya Tujuan Hidup?

Pesta Barbeque

acara bukber yang seru 2

Ilustrasi pesta barbeque (sumber: pexels.com)

Berikutnya adalah pesta barbeque. Kegiatan bakar-bakar makanan ini tidak hanya dapat dilakukan untuk menyambut hari pergantian tahun baru, tetapi juga bisa menjadi ide acara bukber yang seru. Acara ini bisa dihadiri oleh banyak orang.

Pesta barbeque umumnya dilakukan di luar ruangan, seperti halaman rumah dan taman. Tergantung berapa banyak tamu yang akan hadir. Jadi kalau ada halaman kosong di rumah, bisa langsung disulap menjadi lokasi pesta barbeque.

Tidak cuma daging mahal, ternyata ada beberapa bahan makanan lainnya yang dapat dijadikan sebagai bahan utama makanan. Yuk kita bahas satu per satu, GenK!

  • Daging

Pesta barbeque pasti identik dengan membakar daging. Ada daging ayam, sapi, kambing, dan lain-lain sesuai selera. Siapkan pula saus khas barbeque supaya rasa makanan semakin lezat. Masih seputar daging, kamu juga bisa mencampurkan bahan makanan utama dengan bakso dan sosis. Supaya menu makanan pesta barbeque semakin beragam. Duh jadi ngiler, GenK.

  • Seafood

Makanan laut seperti ikan, cumi, udang, kerang, dan kepiting dapat dinikmati saat bukber bersama teman-teman. Rasa seafood yang dibakar akan terasa nikmat dengan campuran bumbu khas barbeque yang dioleskan di atas bahan makanan. Siapkan juga perasan jeruk nipis supaya hidangan semakin segar dan nikmat. Oh iya, pastikan bahan seafood sudah matang dengan sempurna dan tetap perhatikan tingkat kesegarannya. Supaya tetap segar, simpan bahan-bahannya di kulkas atau gunakan ice box jika punya.

  • Sayuran

Tidak dapat dipungkiri, mengkonsumsi sayuran bisa menjaga kesehatan tubuh. Apalagi di bulan puasa tubuhmu memerlukan gizi yang seimbang agar aktivitas tetap berjalan lancar. Ada beberapa rekomendasi sayuran yang bisa menjadi pilihanmu untuk barbeque, yaitu paprika, kentang, jagung, wortel, bawang bombai, terong, jamur, dan kol. Supaya tidak repot, tusuk sayuran menggunakan tusuk sate lalu bakar dengan api kecil. Ingat ya, jangan dibakar sampai gosong supaya kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Bukber On The Road

Ilustrasi bukber on the road (sumber: pexels.com)

Bosan dengan acara bukber yang itu-itu saja?

Yuk sesekali cobain bukber on the road. Bukan berarti mesti buka puasa di jalan ya, tapi pergi berkelana ke tempat baru bersama teman-temanmu.

Naik motor? Bisa.

Naik mobil? Oke juga.

Pilihlah tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Di sana akan ada banyak hal-hal baru yang bisa kamu temukan. Dengan begitu, kamu jadi belajar banyak, misalnya tentang rasa syukur saat menikmati panorama alam sebelum matahari terbenam adalah ciptaan Tuhan yang begitu indah. Saking asiknya bercengkrama sambil menikmati senja, azan magrib pun berkumandang dan tibalah saatnya untuk buka puasa.

Acara bukber seperti ini tidak hanya seru, tetapi juga akan berkesan dalam jangka waktu yang lama. Apa kamu tertarik, GenK?

Baca Juga
5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

Berkunjung ke Panti Asuhan

acara bukber yang seru 3

Ilustrasi bukber di panti asuhan (sumber: tps.co.id)

Berkunjung ke panti asuhan termasuk acara buka bersama yang seru. Di sana kamu akan bertemu dengan teman baru loh. Kegiatan buka puasa bersama jadi lebih bermakna. Tak hanya perut kenyang setelah pulang dari sana, tetapi juga mendapat pelajaran hidup yang sangat berarti. Kamu juga akan lebih bersyukur dengan semua hal yang kamu miliki saat ini.

Ajak temanmu sebanyak-banyaknya dan buat acara bukbermu jadi bermakna dan berkesan untuk banyak orang.

Baca Juga
Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

Selipkan Game Seru untuk Bukber

acara bukber yang seru 4

Ilustrasi bermain game saat bukber (sumber: bustle.com)

Dari ide acara bukber yang sudah kami sebukan di atas, coba selipkan game seru di tengah-tengah acara. Dengan bermain game, suasana bukber jadi lebih hangat dan bisa mencairkan suasana yang kaku. Obrolan jadi terbangun dengan sendirinya. Sehingga memperkuat tali silaturahmi dengan teman lama.

Kami punya beberapa rekomendasi game seru untuk bukber yang bisa menjadi pilihanmu, seperti Kartu Uno, Stacko, Monopoli, Ular Tangga, Tebak Kata, Werewolf Game, dan Game Alkisah. Permainan tersebut memiliki pola yang tergolong sederhana dan bisa dimainkan oleh banyak pemain. Bisa dimainkan via online juga loh. Jadinya cukup unduh di ponselmu tanpa perlu membeli barang fisiknya. Cocok banget deh untuk melengkapi acara bukber kamu, GenK.


Itu dia 5 ide acara bukber yang seru banget pastinya. Tidak perlu tempat mahal, yang penting momen kumpul-kumpul tetap berkualitas.

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

GenK LIFE

Yuk Intip Tips dan Cara Mendapat Uang dari Podcast!

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link